Akun X Miliknya 'Dihidupkan' Lagi oleh Elon Musk, Trump 'Balas Budi' Jadi Pendukung Mobil Listrik
Donald Trump dan mobil Tesla. (Unsplash/Library of Congress/Dylan Calluy)
13:40
13 Agustus 2024

Akun X Miliknya 'Dihidupkan' Lagi oleh Elon Musk, Trump 'Balas Budi' Jadi Pendukung Mobil Listrik

Wawancara yang digelar bersama Elon Musk di platform X atau Twitter memberikan kesempatan bagi Trump untuk menarik perhatian di saat kampanyenya menghadapi tantangan baru.

Harris telah menghapus keunggulan Trump dalam jajak pendapat dan memberi semangat kepada para pemilih Demokrat dengan serangkaian rapat umum berenergi tinggi sejak ia menggantikan Biden sebagai kandidat partai tiga minggu lalu. Momentumnya dapat memperoleh dorongan lagi dari Konvensi Nasional Demokrat minggu depan di Chicago.

Trump kembali ke X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, dengan serangkaian unggahan pada hari Senin untuk pertama kalinya dalam setahun, menghidupkan kembali akun yang telah menjadi metode komunikasi utama dalam kampanye sebelumnya dan empat tahun masa jabatannya di Gedung Putih, termasuk serangan para pengikutnya pada tanggal 6 Januari 2021 di Gedung Capitol AS.

Akses Trump ke akunnya, @realDonaldTrump, dipulihkan sebulan setelah Musk memiliki X setelah ditangguhkan oleh pemilik platform sebelumnya setelah serangan pada tanggal 6 Januari, dengan alasan kekhawatiran bahwa ia akan memicu kekerasan.

Baca Juga: Cek Fakta: Elon Musk Bagikan Kekayaan di Situs Judi Online, Benarkah?

Trump sering memposting di platform Truth Social miliknya, yang diluncurkan pada Februari 2022, tetapi postingannya di sana menjangkau audiens yang jauh lebih kecil daripada di X.

Donald Trump dan Elon Musk (instagram)Donald Trump dan Elon Musk (instagram)

Musk, yang mengepalai perusahaan mobil listrik Tesla, telah menggemakan klaim palsu Trump tentang penipuan pemilih dan kebijakan imigrasi Biden.

Musk telah memulai kelompok pengeluaran super PAC eksternal untuk mendukung kampanye Trump. Komite aksi politik tersebut sekarang sedang diselidiki di Michigan atas kemungkinan pelanggaran undang-undang negara bagian tentang pengumpulan informasi pemilih.

Trump, seorang kritikus lama kendaraan listrik, mengubah sikapnya setelah mendapat dukungan Musk.

"Saya mendukung mobil listrik. Saya harus mendukungnya, karena Elon sangat mendukung saya. Jadi saya tidak punya pilihan," kata Trump pada rapat umum awal Agustus.

Baca Juga: Lagu 'My Heart Will Go On' Dipakai Tanpa Izin di Kampanye Trump, Tim Celine Dion Protes Keras

Elon Musk diduga sindir Mark Zuckerberg (Instagram/elonmusk)Elon Musk diduga sindir Mark Zuckerberg (Instagram/elonmusk)

Presiden United Auto Workers Shawn Fein, yang berkampanye untuk mendukung Harris, menyebut Trump sebagai "pengkhianat."

Pemerintahan Biden telah berupaya mempopulerkan kendaraan listrik melalui keringanan pajak dan dukungan lainnya sebagai bagian dari tujuannya yang lebih luas untuk mengurangi emisi karbon yang disalahkan atas perubahan iklim.

Partai Republik di Kongres, termasuk calon wakil presiden Trump, Senator JD Vance, telah menentang subsidi tersebut.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #akun #miliknya #dihidupkan #lagi #oleh #elon #musk #trump #balas #budi #jadi #pendukung #mobil #listrik

KOMENTAR