Hamas Kreatif Daur Ulang, Sebagian Besar Senjata Hamas Bersumber dari Israel, Kata Media AS & Israel
Sayap militer Hamas, Brigade Al-Qassam. 
11:00
29 Januari 2024

Hamas Kreatif Daur Ulang, Sebagian Besar Senjata Hamas Bersumber dari Israel, Kata Media AS & Israel

Hasil analisis dari media AS, New York Times dan media Israel Yedioth Ahronoth sama-sama menyebutkan sejumlah besar senjata Hamas bersumber dari tentara Israel sendiri.

Hasil analisis yang Tak Terduga dari New York Times dan juga dari  Yedioth Ahronoth, Mengungkap asal usul sumber senjata Hamas.

Sejumlah besar senjata yang digunakan oleh gerakan Perlawanan Palestina Hamas kemungkinan berasal dari tentara Israel sendiri, menurut sebuah laporan yang diterbitkan pada hari Minggu oleh New York Times dan Yedioth Ahronoth.

Menurut laporan tersebut, intelijen yang dikumpulkan oleh para ahli senjata, pejabat Israel dan Barat telah mengungkapkan bahwa “Hamas telah mampu membuat banyak roket dan persenjataan anti-tank dari ribuan amunisi yang gagal meledak ketika Israel melemparkannya ke Gaza.”

“Yang jelas sekarang adalah senjata yang digunakan pasukan Israel untuk menegakkan blokade Gaza selama 17 tahun terakhir kini digunakan untuk melawan mereka,” kata laporan itu.

The New York Times mengutip Michael Cardash, mantan wakil kepala Divisi Penjinak Bom Polisi Nasional Israel dan seorang konsultan polisi Israel, yang mengatakan bahwa “persenjataan yang tidak meledak adalah sumber utama bahan peledak bagi Hamas”.

Selain itu, “Pemerintah Israel juga tahu bahwa gudang senjata mereka rentan terhadap pencurian.”

Menurut New York Times, ribuan amunisi dan granat dicuri dari pangkalan yang tidak dijaga dengan baik dan dikirim ke Tepi Barat dan Gaza melalui Sinai.


Menjadi Kreatif

Pengepungan yang diberlakukan oleh otoritas Israel di Gaza pada tahun 2007 memaksa Hamas untuk menjadi kreatif, menurut laporan tersebut.

Oleh karena itu, kemampuan manufakturnya sekarang cukup canggih untuk membuat hulu ledak bom yang beratnya mencapai 2.000 pon, untuk memanen bahan peledak tersebut dan menggunakannya kembali.

The New York Times menyatakan bahwa setelah perang Israel tahun 2014, Brigade Al-Qassam, sayap militer Hamas, membentuk tim teknik untuk mengumpulkan amunisi yang belum meledak seperti peluru howitzer dan bom MK-84 buatan Amerika.

Selain itu, pada tahun 2019, Brigade Al-Qassam dilaporkan menemukan ratusan amunisi di dua kapal militer Inggris era Perang Dunia I yang tenggelam di lepas pantai Gaza satu abad sebelumnya.

Menurut analis kebijakan Timur Tengah Ahmed Fouad Alhatib, cara paling penting bagi Hamas untuk mendapatkan persenjataan adalah melalui produksi dalam negeri.

Israel dilaporkan telah melakukan lebih dari 22.000 serangan di Jalur Gaza yang terkepung sejak 7 Oktober.

Menurut Kementerian Kesehatan Gaza, 26,422 warga Palestina telah terbunuh, dan 65,087 terluka dalam genosida Israel yang sedang berlangsung di Gaza mulai tanggal 7 Oktober.

Perkiraan Palestina dan internasional menyebutkan bahwa mayoritas dari mereka yang terbunuh dan terluka adalah perempuan dan anak-anak.

Sejalan dengan Laporan Media Israel

Surat kabar israel, Yedioth Ahronoth, juga melaporkan sebagian besar senjata Hamas yang digunakan pada 7 Oktober dan sekarang dalam pertempuran Gaza adalah senjata Israel.

Bahan dalam rudal yang tidak meledak digunakan kembali dalam pembuatan rudal yang mengebom kota-kota Israel dan Yassin rudal anti-tank, dan bahwa Hamas memiliki amunisi, senapan dan granat tangan yang dicuri dari barak militer Israel.

Surat kabar itu menambahkan, Selama bertahun-tahun kita telah membicarakan tentang penyelundupan senjata ke Gaza, dan faktanya, Hamas tidak membutuhkan hal itu. Kecerdasan para insinyur di industri lokal membantu mereka mengeksploitasi rudal yang tidak meledak.

Mereka juga menemukan dua rudal yang tidak meledak. kapal-kapal yang tenggelam di lepas pantai Gaza dari Perang Dunia II, penuh dengan rudal, para insinyur Hamas mampu mendaur ulangnya dan menggunakannya dalam senjata lokal mereka.

Ataukah persentase senjata yang diselundupkan sangat kecil?Menurut para ahli, 15 persen dari roket yang ditembakkan tentara Israel ke Gaza tidak meledak, dan ini dianggap sebagai persediaan yang baik untuk didaur ulang oleh Hamas.

Singkatnya, “barang-barang mereka dikembalikan kepada mereka.”

(Sumber: Palestine Chronicle, Yedioth Ahronoth, X)

Tag:  #hamas #kreatif #daur #ulang #sebagian #besar #senjata #hamas #bersumber #dari #israel #kata #media #israel

KOMENTAR