Sungai Ural Banjir Akibat Salju Mencair, Kazakhstan Evakuasi 110.000 Warganya
Banjir di Rusia Kazakhtan. (Voice of America)
07:54
11 April 2024

Sungai Ural Banjir Akibat Salju Mencair, Kazakhstan Evakuasi 110.000 Warganya

110.000 warga Kazakhtan terpaksa diungsikan akibat salju mencair dan mengakibatkan meluapnya volume air di Sungai Ural sebagaimana ditulis Aljazeera pada Rabu, 10 April 2024.

Sekitar 97.000 warga Kazakhtan di evakuasi ke tempat yang lebih aman di negara tersebut.

Sementara sekitar 12.000 warga lainya dipindahkan ke wilayah aman di Rusia, terutama dari zona paling terdampak di Orenburg sebagaimana dilaporkan oleh kementrian darurar pada hari Rabu, 10 April 2024.

Pada tanggal 5 April, Sungai Ural melampaui tanggul di Orsk dan mencapai daerah perkotaan ibu kota wilayah Orenburg, sebuah kota di pusat Rusia dengan populasi sekitar 550.000 jiwa, menyebabkan ratusan rumah terendam oleh banjir.

Sebagaimana dilansir dari Aljazeera pejabat setempat mengatakan bahwasanya banjir yang terjadi pada saat ini merupakan yang pertama sejak 1947.

“Benar-benar belum pernah terjadi sebelumnya” ucapnya.

Daerah yang paling terdampak di Rusia terletak di selatan Pegunungan Ural, sekitar 1.200 km (750 mil) timur Moskow. Status darurat telah dinyatakan di wilayah Orenburg dan Kurgan di Ural, serta di wilayah Tyumen di Siberia.

Sementara itu Kurgan, sebuah wilayah yang dilintasi oleh Sungai Tobol dekat perbatasan dengan Kazakhstan, sebanyak 4.500 orang telah dievakuasi, dan kekhawatiran meningkat bahwa ribuan lainnya mungkin juga harus dievakuasi.

Sirene berbunyi sebagai peringatan bagi warga agar segera meninggalkan tempat tinggal mereka.

Perkiraan menunjukkan bahwa banjir di Kurgan, yang merupakan rumah bagi sekitar 300.000 orang, akan semakin parah seiring dengan meluapnya Sungai Tobol.

Dmitry Peskov mengatakan bahwasanya permukaan air terus naik di daerah yang terkena banjir, dan volume air yang besar mengalir ke wilayah baru.

"Situasinya sangat, sangat tegang," tambah Peskov.

Di bagian barat Siberia, yang merupakan cekungan hidrokarbon terbesar di dunia, puncak banjir diperkirakan akan terjadi dalam tiga hingga lima hari, sementara beberapa daerah di sekitar Sungai Volga, sungai terbesar di Eropa, juga berpotensi terdampak, menurut kementerian darurat Rusia.

Kedua negara telah berjuang melawan kenaikan air selama lebih dari lima hari dan mengumumkan keadaan darurat. Kremlin mengatakan banjir terburuk masih akan terjadi di beberapa wilayah Ural dan Siberia.

Melalui sebuah panggilan telepon pada hari Selasa, Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Kazakh Kassym-Jomart Tokayev berkomitmen untuk bekerja sama dalam upaya penanggulangan banjir.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #sungai #ural #banjir #akibat #salju #mencair #kazakhstan #evakuasi #110000 #warganya

KOMENTAR