Biaya Perang Israel Bengkak Lewati Rp 2 Triliun Per Hari, 60.000 Bisnis Terancam Tutup Akhir 2024
Pasukan Israel (IDF) dari divisi infanteri cadangan melakukan patroli di wilayah Gaza Utara yang tampak rata tanah. Meski sudah beroperasi berbulan-bulan, IDF belum mampu membongkar kemampuan tempur Brigade Al Qassam, sayap militer Hamas yang menjalankan taktik gerilya hit and run. 
15:10
23 Oktober 2024

Biaya Perang Israel Bengkak Lewati Rp 2 Triliun Per Hari, 60.000 Bisnis Terancam Tutup Akhir 2024

Dana Moneter Internasional (IMF) telah  memangkas  pertumbuhan PDB yang diharapkan untuk Israel pada tahun 2025 dari 5,4 persen yang diumumkan pada bulan April menjadi 2,7 persen karena perang yang meluas di wilayah negara itu dan genosida terhadap warga Palestina di Gaza.

“IMF memperkirakan pertumbuhan riil di Israel pada tahun 2024 hanya sebesar 0,7 [persen], yang dalam istilah per kapita berarti penurunan,” lapor harian Israel Globes .

Jika Tel Aviv menghentikan kampanye perangnya tahun ini, pertumbuhan ekonomi akan tetap lambat hingga tahun 2029, ketika pertumbuhan PDB diperkirakan mencapai hampir empat persen.

Menurut analisis harian Ibrani Yedioth Ahronoth yang mengutip angka dan sumber resmi, perang Israel telah mengumpulkan total biaya sebesar $6,6 miliar (25 miliar shekel) selama setahun terakhir, dengan biaya harian untuk serangan skala besar di Jalur Gaza dan Lebanon mencapai harga harian sebesar $133 juta (500 juta shekel).

 

 

 


 

 

 

Laporan tersebut menyoroti bahwa pembunuhan pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah awal bulan ini, yang mengakibatkan Israel menjatuhkan sebanyak 100 bom penghancur bunker – termasuk amunisi uranium – di lingkungan padat penduduk di Beirut, menelan biaya sebesar $6,6 juta.

Seorang sumber dari Kementerian Keuangan Israel yang berbicara dengan Yedioth Ahronoth mengatakan bahwa "penundaan paket bantuan [sebesar $4,8 miliar] dari AS hingga tahun depan" juga memperumit masalah. Penundaan yang dituduhkan ini dilaporkan telah mendorong Tel Aviv untuk menerapkan revisi ketiga anggarannya untuk tahun 2024.

Saat perang genosida terus berlanjut, Israel menghadapi penutupan sedikitnya 60.000 bisnis pada akhir tahun ini karena memburuknya situasi ekonomi. Lebih jauh lagi, pembatalan penerbangan oleh maskapai besar terus merusak industri pariwisata.

Awal bulan ini, lembaga kredit global S&P menurunkan peringkat kredit Israel dua tingkat, dari A+ menjadi A, dan memperkirakan pertumbuhan ekonomi nol bagi negara ini tahun ini.

Pengumuman oleh S&P mengikuti langkah serupa yang dilakukan oleh lembaga kredit barat lainnya. Moody's menurunkan peringkat Israel sebanyak dua tingkat pada bulan September, dengan mengatakan "risiko geopolitik telah meningkat secara signifikan." Beberapa minggu sebelumnya, perusahaan jasa keuangan AS Fitch juga menurunkan peringkat kredit Israel


SUMBER: THE CRADLE

Editor: Muhammad Barir

Tag:  #biaya #perang #israel #bengkak #lewati #triliun #hari #60000 #bisnis #terancam #tutup #akhir #2024

KOMENTAR