Prancis Siap Pertimbangkan Mengakui Negara Palestina Jika Israel Terus Menentang Solusi Dua Negara
Presiden Prancis Emmanuel Macron 
12:20
17 Pebruari 2024

Prancis Siap Pertimbangkan Mengakui Negara Palestina Jika Israel Terus Menentang Solusi Dua Negara

Pemerintah Prancis dikabarkan siap untuk mengakui negara Palestina apabila upaya menghidupkan solusi dua negara terus mendapat menolakan dari Israel.

“Pengakuan negara Palestina bukan lagi hal yang tabu bagi Prancis,” ujar Emannuel Macron, Presiden Prancis.

“Mitra-mitra kami di kawasan ini, terutama Yordania, sedang mengupayakannya, kami sedang berupaya bersama mereka. Kami siap berkontribusi untuk itu, di Eropa dan di Dewan Keamanan,” sambungnya.

Pernyataan Macron tersebut muncul seiring dengan terus meningkatnya jumlah korban jiwa akibat perang antara Israel dengan kelompok militan Palestina Hamas di Gaza.

Serangan udara dan darat besar-besaran Israel di Gaza yang kecil dan berpenduduk padat telah menewaskan lebih dari 28.000 warga Palestina, meratakan wilayah yang dibangun dan menyebabkan sebagian besar dari 2,3 juta penduduknya kehilangan tempat tinggal.

Macron juga menambahkan bahwa serangan Israel di Rafah hanya akan menyebabkan bencana kemanusiaan yang belum pernah terjadi sebelumnya dan akan menjadi titik balik konflik tersebut.

“Kita berhutang budi kepada rakyat Palestina, yang aspirasinya sudah terlalu lama diinjak-injak. Kita berhutang budi kepada bangsa Israel yang mengalami pembantaian anti-Semit terbesar di abad ini. kekacauan dan mereka yang menabur balas dendam,” kata Macron.

Meskipun sebagian besar negara berkembang mengakui Palestina sebagai sebuah negara, sebagian besar negara-negara Eropa Barat tidak mengakuinya. Mereka berargumentasi bahwa negara Palestina yang merdeka harus muncul dari perundingan dengan Israel.

Inggris Siap Akui Negara Palestina

Akhir bulan lalu, Inggris juga sedang mempertimbangkan mengakui negara Palestina sebagai bagian dari upaya bersama untuk mewujudkan penyelesaian perdamaian.

Menteri Luar Negeri Inggris, David Cameron mengatakan langkah tersebut akan membantu mewujudkan solusi dua negara yang saat ini menghadapi tentangan keras dari Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

“Rakyat Palestina harus memiliki cakrawala politik sehingga mereka dapat melihat bahwa akan ada kemajuan yang tidak dapat diubah menuju solusi dua negara,” kata Cameron dalam sebuah pernyataan, Selasa (30/1/2024).

“Inggris akan mempertimbangkan langkah tersebut bila waktunya tepat,” sambungnya.

Sebelumnya, Cameron juga telah mendorong Netanyahu mengenai solusi dua negara untuk mewujudkan perdamaian bagi rakyat Israel dan Palestina dalam pertemuan yang berlangsung di Yerusalem beberapa waktu yang lalu.

Editor: Hendra Gunawan

Tag:  #prancis #siap #pertimbangkan #mengakui #negara #palestina #jika #israel #terus #menentang #solusi #negara

KOMENTAR