Tegas! Biden Tolak Dukung Serangan Israel ke Fasilitas Nuklir Iran
Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden. [Reuters]
12:04
3 Oktober 2024

Tegas! Biden Tolak Dukung Serangan Israel ke Fasilitas Nuklir Iran

Pada Rabu, Presiden Amerika Serikat Joe Biden menegaskan bahwa ia tidak mendukung serangan apa pun oleh Israel terhadap fasilitas nuklir Iran, sehari setelah Iran melancarkan serangkaian serangan ke Tel Aviv.

"Jawabannya adalah tidak," kata Biden ketika ditanya apakah dia mendukung serangan Israel terhadap fasilitas nuklir Iran, sebelum berangkat ke North Carolina.

Dia menyatakan bahwa Israel berhak untuk merespons serangan Iran yang terjadi pada hari Selasa, namun respons tersebut harus dilakukan secara proporsional.

Biden juga mengungkapkan bahwa dia telah berbicara dengan para pemimpin G7, dan kelompok tersebut sedang menyusun pernyataan sebagai tanggapan atas serangan yang terjadi.

Baca Juga: Inggris Bantu Cegah Eskalasi di Timur Tengah saat Iran Luncurkan Serangan Misil ke Israel

Gedung Putih menyatakan bahwa pernyataan Biden dan para pemimpin G7 "dengan tegas" mengutuk serangan Iran.

"Pernyataan Presiden Biden mengekspresikan solidaritas dan dukungan penuh AS kepada Israel dan rakyatnya, serta menggarisbawahi komitmen kuat AS terhadap keamanan Israel," menurut pernyataan tersebut.

Pada hari Selasa, Iran meluncurkan 180 rudal yang mereka sebut sebagai balasan atas pembunuhan terbaru terhadap pemimpin Hamas Ismail Haniyeh, pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah, dan komandan Garda Revolusi Iran.

Menanggapi serangan tersebut, Israel bersumpah akan memberikan balasan pada waktu yang tepat dan menyebut insiden tersebut sebagai eskalasi yang serius dan berbahaya. (Antara)

Baca Juga: Jerman Kecam Serangan Rudal Iran ke Israel

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #tegas #biden #tolak #dukung #serangan #israel #fasilitas #nuklir #iran

KOMENTAR