Beredar Video Al Qassam Cermat Bikin Sketsa Sebelum Ledakkan Gedung yang Didatangi 23 Tentara Israel
Pasukan Israel mengevakuasi rekan mereka yang roboh dalam pertempuran. Memasuki bukan ke-11 agresi militer di Gaza, IDF mengalami kerugian personel dalam jumlah signifikan. 
19:10
27 Agustus 2024

Beredar Video Al Qassam Cermat Bikin Sketsa Sebelum Ledakkan Gedung yang Didatangi 23 Tentara Israel

Brigade Al-Qassam - sayap militer Gerakan Perlawanan Hamas, Palestina, menyiarkan rekaman penyergapan rumit yang mereka lakukan terhadap pasukan Israel di daerah Al-Qarara, timur laut Khan Yunis, selatan Gaza.

Dilansir Khaberni, Selasa (27/8/2024), dalam video tersebut tampak seorang petempur lapangan Qassam menggambar sketsa secara cermat ketika merencanakan penyergapan.

"Keterangan dalam video mengatakan kalau ada 23 tentara Israel memasuki gedung yang ditargetkan," tulis laporan Khaberni.

Laporan menambahkan, ada juga pasukan khusus Israel yang berada di salah satu ruangan gedung yang menjadi target peledakan.

Video juga menunjukkan kalau para petempur Al Qassam pintar membaca dan memperkirakan kalau pasukan pendudukan Israel memang akan datang ke gedung tersebut.

Para petempur Al Qassam juga menyiapkan serangan susulan atas hipotesis kalau pasukan lain IDF akan dikirim ke daerah tersebut setelah milisi Palestina mengebom bangunan tersebut.

Secara prosedur, saat pasukan lain membutuhkan back-up atau bantuan, pasukan Israel lain diwajibkan membantu ke lokasi insiden.

Dalam konteks ini, pasukan penyelamat akan dihadang dengan alat peledak petempur Al Qassam dengan memasang jebakan di salah satu terowongan.

"Setelah pemantauan yang cermat, para pejuang Al-Qassam menargetkan rumah tersebut dengan dua peluru anti-benteng dan anti-personel, karena pemandangan menunjukkan bahwa tempat tersebut langsung terkena serangan dan terbakar. Setelah itu, tentara Israel mendekati lubang jebakan, dan kemudian diledakkan," tulis laporan Khaberni.

Berikut video penyergapan Tentara IDF oleh Brigade Al Qassam tersebut:

Tentara IDF Tak Pernah Belajar dari Situasi Perang

Operasi penyergapan di Khan Yunis yang menghasilkan banyak korban jiwa Tentara IDF tersebut adalah kali kesekian terjadi.

Brigade Al-Qassam pada Senin (5/8/2024)  mengumumkan kalau para petempurnya mampu membunuh dan melukai sejumlah besar pasukan tentara pendudukan Israel (IDF) dalam beberapa operasi penyerangan di Jalur Gaza selatan, hari ini. 

Berikut ini adalah apa yang diumumkan Brigade Al-Qassam hari ini dan dikonfirmasi oleh laporan media Ibrani: 

1. Petempur Al-Qassam mampu meledakkan alat peledak anti-personil terhadap pasukan Israel yang bersembunyi di dalam sebuah gedung, menyebabkan satu orang tewas atau terluka.

"Bentrokan masih berlanjut dengan pasukan menembus wilayah timur Faraheen, sebelah timur kota Khan Yunis , di selatan Jalur Gaza," tulis laporan khaberni, Senin.

2. Pejuang Al-Qassam mampu meledakkan dua perangkat anti-personil dan anti-kendaraan dalam kekuatan IDF di daerah Zalata, menyebabkan mereka tewas dan terluka, di sebelah timur kota Rafah, di selatan Jalur Gaza.

3. Petempur Al-Qassam mampu bentrok langsung dengan pasukan Israel yang berjumlah 9 tentara dari titik nol, menyebabkan mereka terbunuh dan terluka di sebelah timur kawasan Al-Faraheen, sebelah timur kota Khan Yunis, sebelah selatan Jalur Gaza.

4. Petempur Al-Qassam menargetkan buldoser militer D9 dengan peluru Al-Yassin 105 di timur kawasan Al-Farahin, timur kota Khan Yunis, selatan Jalur Gaza.

Tentara Israel (IDF) bergegas membawa rekan mereka yang terluka di pertempuran menuju helikopter evakuasi. Setelah sepuluh bulan menggempur Jalur Gaza, IDF belum mampu memberangus gerakan Hamas yang menjadi target dalam perang yang mereka lancarkan di wilayah kantong Palestina tersebut sejak 7 Oktober 2023. Tentara Israel (IDF) bergegas membawa rekan mereka yang terluka di pertempuran menuju helikopter evakuasi. Setelah sepuluh bulan menggempur Jalur Gaza, IDF belum mampu memberangus gerakan Hamas yang menjadi target dalam perang yang mereka lancarkan di wilayah kantong Palestina tersebut sejak 7 Oktober 2023. (khaberni)

Qassam: Tentara Israel Tak Pernah Belajar

Terkait masih intensnya penyerangan Al-Qassam terhadap pasukan Israel di Jalur Gaza, sayap militer gerakan Hamas itu memutuskan bahwa satu-satunya solusi untuk menangkis kemajuan pasukan Israel (IDF) di Gaza adalah dengan menargetkan prajurit secara langsung.

Pejuang Al-Qassam mengakui telah bosan terus menargetkan kendaraan militer musuh, kini pejuang tersebut ingin menargetkan langsung para pasukan zionis.

“Mereka tidak pernah belajar. Kami akan mengajari mereka.”

“Kami akan membunuh mereka. Kami ingin prajurit infanteri, kami bosan dengan kendaraan," menurut pengakuan pejuang Al-Qassam, pada 28 Juli 2024 kemarin.

Sementara itu dalam laporannya, Al-Qassam bentrok sengit dengan pasukan infanteri Zionis dengan menggunakan senapan mesin dan granat tangan.

Akibatnya IDF jatuh korban tewas dan luka-luka.

“Saat pasukan bala bantuan IDF tiba, para pejuang kami menyerang mereka dengan peluru antipersonel TBG dan menyerang mereka dengan senapan mesin."

"Yang mengakibatkan lebih banyak kematian dan cedera pada pasukan bala bantuan di dekat Masjid Al-Bara di lingkungan Tal al-Hawa, sebelah selatan Kota Gaza," bunyi laporan Al-Qassam, mengutip Palestine Chronicle.

Brigade Al-Qassam juga menargetkan ruang komando musuh di poros Netzarim dengan roket Rajoom jarak pendek kaliber 114 mm.

Al-Qassam menargetkan pengangkut personel lapis baja Zionis yang dikepung oleh sejumlah tentara pendudukan dengan peluru Al-Yassin 105, yang menyebabkan kematian dan cedera dari pihak musuh.

“Brigade Al-Qassam membombardir pasukan musuh yang memasuki lingkungan Tal al-Hawa, selatan Kota Gaza, dengan peluru mortir," bunyi laporan lainnya.

Brigade Al-Qassam juga membombardir pasukan musuh yang menembus utara Juhr al-Dik di Jalur Gaza tengah dengan peluru mortir.

Bahkan sebuah rumah tempat sejumlah tentara pendudukan Israel dibentengi dengan peluru anti-personel, menyebabkan mereka tewas dan terluka di lingkungan Tal al-Hawa di Kota Gaza.

Brigade Al-Qassam menargetkan tank Zionis Merkava 4 dengan peluru Al-Yassin 105 di Jalan 8 di lingkungan Tal Al-Hawa, selatan Kota Gaza.

Dan membombardir markas komando musuh di daerah Al-Ghawafir, sebelah timur kota Al-Qarara di kota Khan Younis, dengan peluru mortir.

Brigade Al-Qassam membagikan laporan operasi terhadap tentara Israel di lingkungan Tal al-Sultan, Jalur Gaza pada Senin (22/7/2024). Brigade Al-Qassam membagikan laporan operasi terhadap tentara Israel di lingkungan Tal al-Sultan, Jalur Gaza pada Senin (22/7/2024). (X/Telegram/Brigade Al-Qassam)

Gunakan Bom Shuath

Brigade Al-Qassam melakukan serangan mematikan di sebelah timur Khan Younis menggunakan bom berjenis Shuath.

Brigade Al-Qassam menyiarkan video yang memperlihatkan para pejuangnya menargetkan pengangkut pasukan Israel di sebelah timur Khan Younis dengan alat Shuath.

Dikutip dari Palestine Chronicle, kelompok tersebut juga mengumumkan penembakan terhadap tentara Israel, dan menargetkan pasukan Israel yang menyerang menggunakan peluru mortir.

Di Jalur Gaza bagian selatan, Al-Qassam juga mengumumkan mereka telah menyerang pasukan militer Israel menggunakan senjata antipersonel.

Akibatnya, banyak tentara IDF yang tewas terkapar dan lainnya mengalami cedera berat.

Serangan itu terjadi di daerah Hay al-Salam, sebelah timur Rafah.

Brigade Al-Qassam juga menargetkan pengangkut pasukan Nimir Israel menggunakan rudal berpemandu jenis Red Arrow di dekat Menara Al-Hussam, Tel Al-Sultan.

Penargetan Nimr, yang didokumentasikan melalui video, mengakibatkan ledakan besar.

Tak hanya Brigade Al-Qassam, kelompok Jihad Islam Brigade Al-Quds juga melakukan perlawanan yang mematikan terhadap pasukan Israel.

Melalui rilisnya, Brigade Al-Quds menyebut telah mengebom kibbutz dan lokasi militer Nahal Oz menggunakan rentetan peluru mortir kaliber berat.

Kelompok tersebut juga mengebom Sderot dan pemukiman di sekitar Gaza menggunakan rentetan roket, Minggu (28/7/2024) sore.

Para pejuang Al-Quds juga telah membombardir menggunakan peluru mortir dan roket 107mm tentara dan kendaraan musuh Zionis di Situs Abu Oreiban di poros "Netzarim".

Mereka menyebut telah menargetkan derek militer Zionis dan sekitarnya di daerah Al-Zana di poros timur Khan Younis menggunakan rentetan tembakan mortir berat.

Para pejuang Brigade Al-Quds mengonfirmasi sebuah helikopter Israel mendarat di lokasi tersebut untuk mengevakuasi tentara yang tewas dan terluka setelah derek dan sekitarnya terbakar.

Dengan membombardir menggunakan peluru mortir, kata mereka, para tentara dan kendaraan Israel meledak hebat di pemakaman Bani Suheila, sebelah timur Kota Khan Younis.

Erdogan Ancam Invasi Israel

Menyusul rencana Israel melakukan serangan besar-besaran ke Lebanon, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memberikan peringatan keras terhadap Tel Aviv.

Erdogan mengatakan pada Minggu, Turki mungkin menginvasi Israel seperti yang telah dilakukannya di masa lalu di Libya dan Nagorno-Karabakh, meskipun ia tidak menjelaskan jenis intervensi apa yang ia sarankan.

Erdogan, yang telah menjadi kritikus keras terhadap serangan Israel di Gaza, mulai membahas perang itu selama pidato yang memuji industri pertahanan negaranya.

"Kita harus sangat kuat sehingga Israel tidak dapat melakukan hal-hal konyol ini ke Palestina."

"Sama seperti kita memasuki Karabakh, sama seperti kita memasuki Libya, kita mungkin melakukan hal serupa kepada mereka (Israel)," kata Erdogan, dikutip dari Arab News.

"Tidak ada alasan mengapa kita tidak dapat melakukan ini. Kita harus kuat sehingga kita dapat mengambil langkah-langkah ini," lanjutnya.

Perwakilan Partai AK tidak menanggapi panggilan yang meminta lebih banyak detail tentang komentar Erdogan. Israel tidak segera memberikan komentar apa pun.

Presiden tampaknya merujuk pada tindakan masa lalu oleh Turki.

Pada 2020, Turki mengirim personel militer ke Libya untuk mendukung Pemerintah Kesepakatan Nasional Libya yang diakui PBB.

Perdana Menteri Libya, Abdulhamid Al-Dbeibah, yang mengepalai Pemerintah Persatuan Nasional di Tripoli, didukung oleh Turki.

Turki telah membantah adanya peran langsung dalam operasi militer Azerbaijan di Nagorno-Karabakh, tetapi tahun lalu mengatakan bahwa mereka menggunakan "segala cara", termasuk pelatihan militer dan modernisasi, untuk mendukung sekutu dekatnya tersebut.

(oln/khbrn/mna*)

Tag:  #beredar #video #qassam #cermat #bikin #sketsa #sebelum #ledakkan #gedung #yang #didatangi #tentara #israel

KOMENTAR