8 Manfaat dan Khasiat Luar Biasa Daun Pepaya untuk Kesehatan yang Harus Kamu Ketahui, Apa Saja?
ILUSTRASI. Daun pepaya yang menyimpan manfaat mengobati beberapa penyakit tertentu. (Pixabay/ Ignartonosbg)
06:41
18 September 2024

8 Manfaat dan Khasiat Luar Biasa Daun Pepaya untuk Kesehatan yang Harus Kamu Ketahui, Apa Saja?

- Pepaya menjadi salah satu buah tropis yang mudah tumbuh di Indonesia. Tanaman ini berasal dari Amerika Tengah dan Utara, tepatnya di wilayah Meksiko serta negara-negara sekitarnya.

Tanaman pepaya juga sudah lama menjadi tanaman obat atau kesehatan di negara asalnya, tidak hanya buahnya saja tetapi juga daunnya. Menurut buku Daun Pepaya: Manfaat, Penggunaan, dan Khasiat dalam Kesehatan dan Kecantikan yang ditulis oleh Tresno Saras, daun pepaya sudah lama dimanfaatkan sebagai obat oleh masyarakat Meksiko kuno.

Bahkan, Suku Maya dan Aztec menjadi salah satu bangsa yang juga memanfaatkan daun pepaya sebagai obat. Suku ini percaya bahwa daun pepaya memiliki sifat penyembuhan dan kemampuan untuk meredakan peradangan.

Berikut 7 manfaat dan khasiat daun pepaya bagi kesehatan:

1. Anti Inflamasi

Kandungan fitokimia seperti papain dan karpain yang terdapat pada daun pepaya memiliki sifat anti-inflamasi. Fungsi anti-inflamasi tersebut adalah untuk meredakan peradangan, seperti arthritis serta kondisi peradangan tubuh lainya.

Anti-inflamasi pada daun pepaya juga mampu mengurangi efek peradangan akibat efek samping kemoterapi.

2. Pembersih alami

Daun pepaya yang mengandung enzim papain ternyata mampu membersihkan sel-sel kulit mati yang mengelupas. Hal ini membuat daun pepaya banyak digunakan dalam produk perawatan kulit sebagai eksfoliator dan masker wajah.

3. Memulihkan luka

Kandungan papain dalam daun pepaya juga mampu merangsang pertumbuhan sel-sel baru sehingga dapat memulihkan luka dengan cepat. Kandungan antioksidan pada daun pepaya juga mampu mengurangi penuaan dini serta menangkal radikal bebas.

4. Membantu detoksifikasi dan proses pencernaan

Manfaat daun pepaya lainya adalah untuk meningkatkan pencernaan dan detoksifikasi pada tubuh. Kandungan enzim papain dalam daun pepaya juga dapat membantu memecah protein dalam makanan.

Hal ini sangat membantu memperbaiki proses pencernaan dan mengurangi gejala gangguan pencernaan, seperti diare dan kembung. Selain itu, daun pepaya juga banyak mengandung enzim pencernaan, seperti protease dan amilase yang dapat memperlancar proses pencernaan.

5. Memperlancar ASI

Kandungan daun pepaya ternyata dapat memperlancar dan meningkatkan produksi ASI bagi ibu yang sedang menyusui. Enzim papain dan kalium dalam daun pepaya dapat memecah protein dan memenuhi kebutuhan kalium pada ibu menyusui.

Senyawa yang terkandung dalam daun pepaya juga dapat meningkatkan produksi serta kualitas ASI.

6. Mengurangi risiko kanker

Kandungan senyawa acetogenin dalam pepaya ternyata mampu mengurangi resiko terkena kanker. Melansir laman Natural Food Series, senyawa acetogenin pada daun pepaya dapat menurunkan resiko terkena kanker paru-paru, payudara dan pankreas.

7. Menurunkan risiko Diabetes

Enzim pada daun pepaya mampu mengatur produksi insulin serta dapat menjaga kadar gula dalam darah. Daun pepaya juga mengandung antioksidan yang berfungsi sebagai perlindungan organ dari efek buruk diabetes.

8. Mengobati Malaria

Kandungan acetogenin pada daun pepaya juga dapat mengobati demam pada penderita malaria. Kandungan anti-malaria pada daun pepaya dapat menstabilkan kondisi tubuh tanpa menimbulkan efek samping.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #manfaat #khasiat #luar #biasa #daun #pepaya #untuk #kesehatan #yang #harus #kamu #ketahui #saja

KOMENTAR