Gua di Pulau Kelayang Jadi Penutup Sempurna Keindahan Alam Negeri Laskar Pelangi Belitung selama 7 Jam
ANDALAN: Pulau Lengkuas menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan yang berkeliling ke Kepulauan Belitung. (DINDA JUWITA/JAWA POS)
10:07
15 September 2024

Gua di Pulau Kelayang Jadi Penutup Sempurna Keindahan Alam Negeri Laskar Pelangi Belitung selama 7 Jam

- Tujuan terakhir yang disinggahi ”pejuang” island hoping di Belitung adalah Pulau Kelayang. Objek ini sangat cocok jadi destinasi menikmati waktu chill setelah puas ber-snorkeling di Pulau Batu Berlayar.

Dulunya pulau ini tak berpenghuni. Juga tidak ada fasilitas apapun. Namun, kini warung makan seafood yang didirikan warga siap menyambut kedatangan para traveler.

Biasanya, warung makan di Pulau Kelayang hanya melayani wisatawan yang sudah order menu melalui agen travel. Sebab, mereka hanya membawa bahan makanan untuk dimasak sesuai jumlah pesanan.

Dua perahu yang mengantar para wisatawan tengah bersandar di bibir Pulau Kelayang. (DINDA JUWITA/JAWA POS)

Suasananya yang lebih sepi membuat pulau ini cocok jika dinikmati tanpa buru-buru. Salah satu yang membuat Pulau Kelayang istimewa adalah keberadaan Gua Kelayang.

Lokasi gua tersebut bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki sekitar 3 menit karena jarak dari bibir pantai hanya 150 meter. Namun, wisatawan harus berhati-hati karena permukaan jalan berada di atas batu-batu granit cukup licin.

TEDUH: Di Pulau Kelayang terdapat susunan batu granit raksasa yang membentuk sebuah gua. (DINDA JUWITA/JAWA POS)

Lokasi gua yang cukup tersembunyi menyajikan keindahan tersendiri. Cahaya matahari yang masuk dari celah batuan granit raksasa membuat suasana Gua Kelayang amat dramatis. Airnya yang jernih dan dangkal juga membuat wisatawan betah berlama-lama bermain di gua. Sangat layak menjadi sajian penutup island hopping yang sempurna.

’’Jujur ini epic banget. Di luar ekspektasi. Ternyata, Gua Kelayang ini benar-benar unik. Tadinya sempat malas jalan karena sedang gerimis. Ternyata, malah destinasi ini yang jadi favoritku,’’ tutur Airiza, salah seorang pelancong. (dee/c6/ris)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #pulau #kelayang #jadi #penutup #sempurna #keindahan #alam #negeri #laskar #pelangi #belitung #selama

KOMENTAR