Kisah Angelina Sondakh Dalam Penjara: Ketua Geng, Hobi Nyapu, Belajar Ngaji
Angelina Sondakh saat ditemui di Jakarta, Selasa (6/12). [Suara.com/Oke Atmaja]
12:57
6 Juni 2024

Kisah Angelina Sondakh Dalam Penjara: Ketua Geng, Hobi Nyapu, Belajar Ngaji

Angelina Sondakh mempunyai kisah menegangkan ketika mendekam di penjara selama 10 tahun karena terjerat kasus korupsi. Momen selama berada di balik jeruji itulah yang justru membuat Angelina Sondakh memperdalam agama Islam.

Diketahui aktris sekaligus politikus yang akrab disapa Angie ini jadi mualaf sebelum dinikahi oleh Adjie Massaid. Ayah Angie yang merupakan seorang pendeta pun merelakan putrinya jadi mualaf. Angie sendiri sudah bebas dari penjara pada 3 Maret 2022 lalu dan kembali eksis di dunia entertainment.

Lantas bagaimana kisah Angelina Sondakh dalam penjara? Simak penjelasan berikut ini.

1. Belajar Ngaji Sama Widya alias Jamet

Sosok Widya alias Jamet guru ngaji Angelina Sondakh, [YouTube/Keema Entertainment]Sosok Widya alias Jamet guru ngaji Angelina Sondakh, [YouTube/Keema Entertainment]

Selama berada dalam penjara, Angelina Sondakh bisa menghafal 15 juz Al Quran. Hal itu tak terlepas dari sosok guru ngaji bernama Widya alias Jamet. Diketahui Jamet adalah mantan teman satu kamar Angie ketika di lapas.

Baca Juga: Reaksi Angelina Sondakh Usai Keanu Massaid Protes Saat Diminta Salat dan Mengaji

Bersama Jamet, Angie belajar dan menghafal Al Quran. Apalagi Jamet punya latar belakang pendidikan agama dari pesantren sebagai santriwati. 

"Widya ini teman satu kamar saya. Widya tamping taman, kemudian jadi tamping masjid lalu jadi teman sekamar," ungkap Angie dalam YouTube Keema Entertainment ketika ngobrol dengan Jamet.

Angie menyebut Jamet sebagai tandemnya menghafal Al Quran saat di penjara. Keduanya bertemu saat sama-sama mengikuti program hafalan Al Quran.

Di awal pertemuan mereka, Angie dibuat takjub karena hafalan Jamet lebih banyak darinya. Jametlah yang kemudian kerap memberi masukan pada Angie mengenai cara membaca Al Quran dengan benar.

Angie dan Jamet bercerita bahwa mereka dulunya punya kegiatan ibadah rutin saat di lapas. Bukan hanya mengaji, ada salat berjemaah hingga zikir pagi dan petang. Tak jarang bahkan mereka menangis bersama ketika sholawatan. 

Baca Juga: Angelina Sondakh Diundang Isi Kajian di Sekolah: Aura Puteri Indonesia Tak Lekang oleh Waktu

Namun Angie sempat merasa kehilangan Jamet karena lebih dulu menghirup udara bebas. Usai bebas, Jamet menjadi guru ngaji anak-anak di daerah Jatiasih, Bekasi. 

2. Tak Bisa Lihat Matahari

Angelina Sondakh [Instagram/@angelinasondakh09]Angelina Sondakh [Instagram/@angelinasondakh09]

Sebelum mendekam di penjara pada tahun 2012 lalu, Angie sempat 3 bulan berada di Rumah Tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Walau tak bisa lihat matahari, menurut Angie kondisi itu lebih baik daripada berada di lapas

"Selama 3 bulan gak lihat matahari, karena di basement. Masih BAP. Nggak boleh lihat matahari dan gak boleh olahraga," cerita Angie.

Selama ditahan di sel KPK, Angie pun masih bisa tidur di ranjang dengan kasur yang masih terasa nyaman. Tapi begitu dia dipindah ke Lapas Pondok Bambu, Angie harus tinggal berdesakan dalam satu sel berbagi tempat dengan 36 tahanan lain.

3. Punya Geng Sapu Jagad

Angelina Sondakh (Instagram/angelinasondakh09)Angelina Sondakh (Instagram/angelinasondakh09)

Selain itu Angelina Sondakh memiliki sebuah geng selama dipenjara yang dikenal dengan nama Sapu Jagat. Konon geng itu adalah geng terkenal di tempat Angie. Posisinya pun tak main-main, istri mendiang Adjie Massaid ini adalah ketua geng tersebut. 

Popularitas yang dimiliki Geng Sapu Jagat membuat seseorang yang baru masuk ke penjara pun tertarik bergabung. Namun jangan salah, syarat untuk bergabung dengan geng Sapu Jagat justru harus bisa mengaji. 

"Di Sapu Jagat ini biar keliatannya bangor-bangor (nakal) tapi ngaji harus dilakukan," beber wanita 46 tahun ini. Dalam Geng Sapu Jagat Angie ini juga tergabung sosok Jamet yang kemudian jadi guru ngajinya.

4. Hobi Nyapu Seluruh Blok Lapas

Angelina Sondakh di konferensi pers lagu Angelina Sondakh di konferensi pers lagu "Mengenangmu" di Djakarta Theater, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (30/10/2023). [Suara.com/Tiara Rosana]

Geng Sapu Jagat yang diketuai oleh Angelina Sondakh ini berfokus dalam kegiatan bersih-bersih di seluruh blok lapas. Angie mengaku paling suka mengepel hingga membuat dengkulnya menghitam. "Mantan Putri Indonesia, tapi dengkulnya hitam," ujarnya.

Namun Angie bersyukur bisa membentuk Geng Sapu Jagat selama di Lapas Pondok Bambu. "Klub Sapu Jagat itu klub cleaning service untuk orang-orang yang mau mengubah dirinya,” kata ibu sambung Aaliyah Massaid ini.

Kontributor : Trias Rohmadoni

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #kisah #angelina #sondakh #dalam #penjara #ketua #geng #hobi #nyapu #belajar #ngaji

KOMENTAR