7 Cara Mengetahui Seseorang Tulus kepada Anda Menurut Psikologi, Kerendahan Hati hingga Menerima Ketidaksempurnaan
Ilustrasi perempuan yang tulus (freepik/terlihatstudio)
08:28
15 Mei 2024

7 Cara Mengetahui Seseorang Tulus kepada Anda Menurut Psikologi, Kerendahan Hati hingga Menerima Ketidaksempurnaan

– Sebagai manusia sangat penting untuk merasa dipahami, dihargai dan ditemui dengan tulus dalam interaksi kita. Membahas soal ketulusan, di era saat ini menemukan keaslian sangatlah langka.

Psikologi memberikan beberapa tanda yang dapat membantu Anda menguraikan apakah seseorang benar-benar tulus kepada kita atau tidak.

Dilansir dari laman The Vessel, Rabu (15/5), terdapat beberapa cara mengetahui seseorang yang tulus kepada Anda menurut psikologi diantaranya :

1. Konsistensi

Konsistensi adalah bagian integral dari ketulusan. Orang yang tulus akan menunjukkan pola perilaku yang konsisten dalam hal apapun. Sederhananya ketika mereka membuat janji,mereka selalu menepatinya.

Orang yang tulus tidak pernah mengubah sikap baik dari sisi nilai dan moral ketika menghadapi situasi yang sulit.

Mereka juga bersikap konsisten kepada semua orang baik bersama atasan, teman, atau keluarga.

2. Keterbukaan

Orang yang tulus bersifat transparan dan bersedia berbagi pemikiran dan perasaannya. Mereka juga tidak takut mengutarakan pendapat dan perasaan sekalipun itu hak yang bukan familiar.

Selain itu, mereka juga terbuka terhadap masukan dan kritik. Mereka memahami bahwa tidak ada orang yang sempurna dan mereka selalu mencari cara untuk berkembang dan berkembang.

Intinya, mereka tidak berpura-pura menjadi seseorang yang bukan dirinya, sehingga membuat mereka dapat dipercaya dan mudah terhubung.

3. Kenyamanan dalam keheningan

Orang yang tulus sangat memahami nilai keheningan dan merasa nyaman dengan hal tersebut. Bahkan mereka tidak merasa perlu mendominasi pembicaraan atau menjadi pusat perhatian.

Uniknya, mereka sering menjadikan momen tenang ini sebagai kesempatan untuk intropeksi dan menjalin hubungan lebih dalam.

4. Penerimaan ketidaksempurnaan

Cara mengetahui orang yang tulus bisa dilihat dari cara dia menerima ketidaksempurnaan. Mereka menerima kekurangan dan kesalahan mereka tanpa sedikit berpura-pura.

Bahkan mereka juga tidak takut untuk mengakui kesalahannya atau meminta maaf jika berbuat salah.

Mereka selalu bertanggung jawab atas tindakan yang mereka lakukan dan menggunakan kesalahan mereka sebagai peluang untuk berkembang dan belajar.

5. Mendengarkan dengan empati

Orang yang tulus memiliki kemampuan unik untuk membuat Anda merasa didengarkan dan dipahami. Mereka berlatih mendengarkan dengan penuh rasa empati.

Mereka tidak hanya mendengarkan untuk merespons namun mereka mendengarkan untuk memahami.

Menariknya lagi, mereka memvalidasi perasaan Anda dan menunjukkan pengertian serta kasih sayang.

6. Kerendahan hati

Orang yang tulus adalah mereka yang tidak pernah menyombongkan prestasi mereka atau berusaha tampil lebih unggul dari orang lain.

Namun, mereka justru mengakui kontribusi orang lain dan memberikan penghargaan pada saat yang layak.

7. Komunikasi yang jelas dan langsung

Tanda terakhir orang yang tulus adalah komunikasinya tidak bertele-tele. Mereka sangat lugas dan memberi tahu Anda apa yang mereka pikirkan dengan jelas.

Intinya, mereka percaya pada kritik yang membangun dan tidak takut untuk menyuarakan pendapat mereka. Hal ini mereka lakukan dengan rasa hormat dan mempertimbangkan perasaan Anda.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #cara #mengetahui #seseorang #tulus #kepada #anda #menurut #psikologi #kerendahan #hati #hingga #menerima #ketidaksempurnaan

KOMENTAR