Sunnah Sarapan Sebelum Salat Idul Fitri, Kapan Lagi Makan Pagi Dapat Pahala
Ilustrasi salat Idulfitri (Freepik/yurijeka)
14:57
5 April 2024

Sunnah Sarapan Sebelum Salat Idul Fitri, Kapan Lagi Makan Pagi Dapat Pahala

Hari Raya Idul Fitri tinggal menghitung hari. Meski Ramadan usai, berbagai keberkahan masih bisa diraih saat merayakan Idul Ftri.

Ada banyak sunnah dalam pelaksanaan salat Idul Fitri. Kesunahan ini membuat Anda dapat pahala jika melakukannya, namun tidak mendapat dosa saat tak melaksanakannya.

Salah satu yang disunahkan di hari kemenangan adalah makan sebelum berangkat salat id. Makan sebelum berangkat shalat eid hukumnya sunnah.

Hal ini dianjurkan sesuai dengan apa yang diamalkan oleh Nabi Muhammad SAW. Diriwayatkan, Rasulullah makan terlebih dahulu sebelum melasanakan salat id.

Sunnah juga merupakan segala hal yang dilakukan dan dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Jika kita melakukannya kita akan mendapat pahala, tetapi jika kita tidak melakukannya maka tidak akan mendapat dosa.

Ilustrasi sarapan (Pexels.com/Augustderichelieu) Ilustrasi sarapan (Pexels.com/Augustderichelieu)

Dalam hadist ini dituturkan:

كَانَ لَا يَغْدُو يَوْم الْفطر حَتَّى يَأْكُل سبع تمرات

Artinya: “Adalah Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallam tidak pergi untuk melakukan shalat Idul Fitri sampai beliau memakan tujuh buah kurma.”

Selain makan, ada juga berbagai sunah yang bisa diamalkan di Hari Raya Iduk Fitri. Seperti memakai pakaian terbaik, memakai wangi-wangian, dan lain sebagainya.

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #sunnah #sarapan #sebelum #salat #idul #fitri #kapan #lagi #makan #pagi #dapat #pahala

KOMENTAR