Ratusan Ribu Warga Ukraina Kabur ke Luar Negeri Hindari Wajib Militer:, Miroslav: 'Saya Takut Mati'
Razia yang dilakukan perekrut militer Ukraina 
08:10
9 Agustus 2024

Ratusan Ribu Warga Ukraina Kabur ke Luar Negeri Hindari Wajib Militer:, Miroslav: 'Saya Takut Mati'

Undang-Undang Wajib Militer di Ukraina menjadi momok bagi sebagian warga negara itu.

Kebanyakan dari mereka percaya bahwa ikut mobilisasi militer berarti mengantar nyawa.

Bagaimana tidak pasukan Ukraina yang jumlahnya dipercaya sangat sedikit dan senjata pas-pasan menjadi bulan-bulanan personel Rusia yang berjumlah jauh lebih besar dan persenjataan lengkap.

Mantan letnan kolonel dinas keamanan Ukraina (SBU), Vasily Prozorov, mengungkap jumlah penghindar wajib militer melonjak.

"Yang meninggalkan Ukraina secara ilegal telah meningkat secara signifikan sejak undang-undang baru tentang mobilisasi diadopsi," kata Prozorov kepada RIA Novosti.

Ia mengatakan orang-orang telah menyadari bahwa situasi di garis depan dan di Ukraina semakin memburuk.

"Hasil (undang-undang mobilisasi baru – RT) paling baik diringkas oleh rekaman dari jalan-jalan kota Ukraina. Ini jelas menunjukkan bahwa keadaan berjalan sangat, sangat buruk dengan mobilisasi," kata Prozorov.

Perwakilan TRC (tim perekrut tentara Ukraina) Yury Semchuk, seperti dikutip oleh UNIAN, mengklaim bahwa 99 persen pria Ukraina menghindari wajib militer. Menurut Semchuk, kaum elit telah melarikan diri dan hanya "budak genetik" yang tersisa di Ukraina.

Ia memberi contoh seorang relawan yang pergi ke garis depan untuk menghindari masalah dengan istrinya. Masyarakat Ukraina sedang terkuras habis dan ada orang-orang yang siap untuk "berada di bawah [kekuasaan] siapa pun," kata Semchuk.

Sementara media Barat, Politico menginformasikan di April lalu saja lebih dari 650.000 pria usia wajib militer telah meninggalkan Ukraina sejak dimulainya konflik dengan Rusia.

"Ledakan semangat patriotik awal yang membuat pusat-pusat wajib militer dibanjiri relawan telah menguap. Diperkirakan 650.000 pria usia wajib militer telah meninggalkan negara mereka, sebagian besar dengan menyelundupkan diri melintasi perbatasan," kata publikasi tersebut.

Banyak warga Ukraina memilih melarikan diri ke luar negeri untuk menghindari mobilisasi.

Namun, ini bukanlah hal yang mudah, dan banyak pria mengandalkan rute yang sulit dan terkadang berbahaya untuk keluar dari negara tersebut.

The Guardian menceritakan kisah Miroslav, yang meninggalkan Ukraina dengan berjalan kaki pada Oktober 2023. Ia hanya membawa ransel kecil dan berjalan kaki selama sehari melewati ladang dan hutan hingga mencapai Hongaria.

Pada suatu saat, ia melihat petugas patroli perbatasan dan bersembunyi di rumput selama 40 menit. Akhirnya, ia memanjat melalui lubang di pagar perbatasan dan pergi ke kantor polisi Hongaria. Ia saat ini berada di Warsawa. "Saya tidak ingin berperang. Saya takut mati," katanya.

Salah satu dari beberapa rute pelarian yang digunakan oleh para penghindar wajib militer adalah Sungai Tisa, yang memisahkan Ukraina dan Rumania. Pada bulan April, otoritas Rumania mengklaim bahwa sejak awal perang, lebih dari 6.000 orang telah menyeberangi sungai tersebut, sementara 22 orang tewas dalam upaya tersebut.

Rute ini berbahaya. Fakta bahwa ribuan warga Ukraina lebih memilih mempertaruhkan nyawa mereka dengan menyeberangi sungai daripada bergabung dengan AFU menggarisbawahi masalah Kiev, catat The New York Times.

Seperti yang dikatakan Sergey Lebedev, koordinator kereta bawah tanah Nikolaev, kepada RIA Novosti, warga Ukraina telah menemukan rute pelarian baru melalui zona transit Moldova di jalan raya Odessa-Reni.

Mobil tidak diizinkan berhenti di area tersebut, jadi orang-orang meninggalkannya di jalan raya dan berlari menuju desa Palanca di Moldova. Beberapa bahkan membeli kendaraan murah untuk melarikan diri, yang kemudian diambil kembali oleh pihak berwenang. Truk-truk yang ditinggalkan juga terlihat di sepanjang jalan.

Menteri Dalam Negeri Ukraina Igor Klimenko juga mengakui bahwa para pejabat menyadari adanya ratusan ribu orang yang mungkin menghindari wajib militer.

Menurut Roman Kostenko, sekretaris Komite Keamanan Nasional, Pertahanan, dan Intelijen parlemen Ukraina (Verkhovna Rada), tugas di angkatan bersenjata menjadi kurang populer bahkan di antara para tahanan, sebagaimana dikutip oleh Ukrainskaya Pravda.

Kostenko mengaitkan hal ini dengan sebagian besar orang yang termotivasi untuk bergabung dengan AFU. Menurutnya, Ukraina akan dapat memobilisasi sekitar 5.000 tahanan.

Negara "perlu memungkinkan mobilisasi orang-orang yang saat ini berada dalam tahanan praperadilan. Ini akan memungkinkan kita untuk menarik lebih banyak orang ke dalam tentara," katanya.

Kostenko mengonfirmasi bahwa 3.800 tahanan telah bertugas di AFU, yang sebagian besar baru saja menyelesaikan pelatihan mereka dan beberapa di antaranya telah terluka.

Editor: Hendra Gunawan

Tag:  #ratusan #ribu #warga #ukraina #kabur #luar #negeri #hindari #wajib #militer #miroslav #saya #takut #mati

KOMENTAR