Fakta-fakta Ketegangan Pakistan-Iran, Mulai Kapan Eskalasi Bertambah Intens?
Tentara Pakistan berdiri di atas kendaraan yang membawa rudal balistik jarak jauh Shaheen selama parade Hari Pakistan di Islamabad pada 23 Maret 2022. - Berikut ini rangkuman fakta-fakta terkait ketegangan Pakistan dan Iran. 
16:30
19 Januari 2024

Fakta-fakta Ketegangan Pakistan-Iran, Mulai Kapan Eskalasi Bertambah Intens?

Berikut ini rangkuman fakta-fakta terkait ketegangan Pakistan dan Iran.

Pakistan meluncurkan serangan mematikan di wilayah Iran pada hari Kamis (18/1/2024), dua hari setelah Teheran menyerang pangkalan militan, yang diduga terkait dengan Israel di wilayah Pakistan.

Serangan Pakistan mengakibatkan korban perempuan dan anak-anak, sedangkan serangan Iran ke Pakistan menewaskan dua anak.

Kementerian Luar Negeri Pakistan mengklaim telah melakukan serangan militer presisi yang sangat terkoordinasi dan ditargetkan terhadap tempat persembunyian teroris, yang mengakibatkan kematian beberapa teroris.

Selengkapnya simak fakta-fakta lainnya berikut:

Kapan eskalasi Iran-Pakistan bertambah intens dan mengapa?

Serangan Iran terhadap Pakistan berlangsung pada Selasa (16/1/2024) malam, setelah Teheran juga melancarkan serangan di Irak dan Suriah terhadap apa yang disebutnya “kelompok teroris anti-Iran.”

Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amir-Abdollahian mengatakan serangan Iran terhadap “tanah Pakistan” adalah respons terhadap serangan mematikan kelompok Jaish al-Adl baru-baru ini terhadap Republik Islam, khususnya di kota Rask di provinsi tenggara Sistan-Baluchistan.

Serangan pada 10 Januari terhadap kantor polisi di kota tersebut menewaskan seorang polisi.

Hampir satu bulan lalu, 11 petugas polisi tewas dalam serangan serupa di wilayah tersebut.

Kedua serangan tersebut diklaim oleh Jaish al-Adl (Tentara Keadilan), sebuah kelompok ekstremis Muslim Sunni yang dibentuk pada tahun 2012.

Apa yang dimaksud dengan kelompok Jaish al-Adl?

Jaish al-Adl (JaA) adalah kelompok militan ekstremis Sunni, sebuah cabang dari Jundallah, yang didirikan oleh Abdolmalek Rigi sekitar tahun 2002.

Dipimpin oleh Rigi hingga eksekusinya pada tahun 2010,  JaA muncul sebagai kelompok sempalan terkemuka pada tahun 2012.

Beroperasi di Iran tenggara dan Balochistan di Pakistan barat, kelompok tersebut mengklaim menginginkan hak yang lebih besar dan kondisi kehidupan yang lebih baik bagi etnis minoritas Baluchistan.

Organisasi ini telah ditetapkan sebagai “organisasi teroris asing” oleh Departemen Luar Negeri AS, bersama dengan pendahulunya Jundallah.

Dikutip dari Al Jazeera, Iran memasukkan Jaish al-Adl (Tentara Keadilan) dalam daftar hitam sebagai kelompok “teror”.

Pembalasan Pakistan terhadap Iran

Pada hari Rabu (17/1/2024), sehari setelah Teheran menyerang markas kelompok militan di Pakistan, seorang perwira dari Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran ditembak mati di wilayah tenggara negara itu yang bergolak.

Kolonel Hossein-Ali Javdanfar ditembak mati di provinsi Sistan-Baluchistan, Iran, kantor berita negara IRNA melaporkan, menggambarkan insiden itu sebagai serangan “teroris”.

Dikatakan bahwa upaya sedang dilakukan untuk mengidentifikasi para penyerang.

Sekitar 24 jam kemudian, angkatan udara Pakistan melancarkan serangan udara balasan pada Kamis pagi terhadap Iran, yang diduga menargetkan posisi militan.

Serangan ini menewaskan sedikitnya tujuh orang dan semakin meningkatkan ketegangan antara negara-negara tetangga.

Media Iran mengatakan beberapa rudal menghantam sebuah desa di provinsi Sistan-Baluchistan yang berbatasan dengan Pakistan, menewaskan tiga wanita dan empat anak, semuanya non-Iran.

Kecaman dunia

Amerika Serikat pada hari Rabu mengutuk serangan Iran di Pakistan, Irak dan Suriah.

“Jadi kami mengutuk serangan itu. Kami telah melihat Iran melanggar perbatasan kedaulatan tiga negara tetangganya hanya dalam beberapa hari terakhir,” kata Juru Bicara Departemen Luar Negeri, Matthew Miller kepada wartawan saat itu.

Pakistan mengecam serangan di dekat perbatasan kedua negara, menarik duta besarnya dari Iran dan menghalangi utusan Teheran untuk kembali ke Islamabad.

Apa yang terjadi sekarang?

Serangan tersebut membahayakan hubungan diplomatik antara Iran dan Pakistan.

Potensi eskalasi juga makin meningkat karena Iran berencana untuk memulai latihan pertahanan udara tahunan, Velayat 1402.

Latihan tersebut akan dimulai dari pelabuhan Chabahar dekat Pakistan dan meluas ke wilayah selatan hingga Irak.

Foto tak bertanggal menunjukkan kelompok Jaish al-Adl di lokasi yang dirahasiakan di provinsi Balochistan, barat daya Pakistan. Foto tak bertanggal menunjukkan kelompok Jaish al-Adl di lokasi yang dirahasiakan di provinsi Balochistan, barat daya Pakistan. (PressTV)

Kegiatan yang telah dijadwalkan ini akan melibatkan aktivitas tembakan langsung, yang mencakup pesawat, drone, dan sistem pertahanan udara.

Membentang di perbatasan sepanjang 900 kilometer yang ditandai dengan pelanggaran hukum, Iran dan Pakistan terus menghadapi tantangan terkait penyelundupan dan aktivitas militan.

Perbatasan yang rapuh ini juga berfungsi sebagai jalur penting bagi pengiriman opium global yang berasal dari Afghanistan.

Serangan lintas batas ini menimbulkan kekhawatiran bagi Iran dan Pakistan, sehingga mendorong penilaian ulang kesiapan pasukan militer masing-masing, dengan fokus khusus pada kemampuan radar dan pertahanan udara.

Situasi tersebut juga menambah ketegangan yang ada di Timur Tengah, ditandai dengan konflik Israel dengan Hamas di Jalur Gaza serta serangan Houthi terhadap kapal-kapal di Laut Merah.

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Editor: Tiara Shelavie

Tag:  #fakta #fakta #ketegangan #pakistan #iran #mulai #kapan #eskalasi #bertambah #intens

KOMENTAR