Kawasan Teluk Banjir: 18 Orang Tewas di Oman, UEA Alami Hujan Terderas Dalam 75 Tahun
Kawasan Teluk Banjir: 18 Orang Tewas di Oman, UEA Alami Hujan Terderas Dalam 75 Tahun [Twitter]
15:24
17 April 2024

Kawasan Teluk Banjir: 18 Orang Tewas di Oman, UEA Alami Hujan Terderas Dalam 75 Tahun

Hujan deras melanda negara-negara di Kawasan Teluk hingga sebabkan banjir bandang yang memakan korban jiwa. Di Oman, 18 orang dilaporkan meninggal dunia akibat banjir bandang.

Hujan deras juga menyebabkan gangguan penerbangan di negara Uni Emirat Arab (UEA). Bahkan bandara di Dubai tidak bisa beroperasi disebabkan curah hujan dengan intensitas sangat tinggi.

Melansir dari laporan Aljazeera, Rabu (17/4), korban tewas diumumkan pihak pemerintah Oman pada Selasa waktu setempat.

Dari 18 korban, ada 9 anak dan sopir bus sekolah tewas akibat terjangan banjir bandang yang menghantam di Samad A'Shan pada Minggu waktu setempat.

BNPB-nya Oman mengatakan bahwa pihaknya masih mencari dua korban yang saat ini masih hilang. Pemerintah Oman dalam pernyataan resmi memutuskan untuk memberikan hari libur di sektor publik dan swasta mengantisipasi bencana lebih besar.

Warga diminta untuk segera mengungsi ke tempat penampungan, selain itu pemerintah Oman menurunkan aparat kepolisian dan tentara ke wilayah Ash Sharqiyah Utara yang menjadi wilayah dengan terdampak paling besar.

Sementara itu mengutip dari laporan New York Times, hujan lebat juga melandar negara tetangga Oman, UEA. Pihak UEA menyebut bahwa hujan yang melanda sejak Selasa merupakan curah hujan terbesar dalam 75 tahun terakhir.

Pihak BMKG-nya UEA menyebut bahwa curah hujan di kawasan Dubai hanya lima inci dalam setahun. Namun hujan yang mulai turun pada Selasa malam menurut pihak UEA setara dengan intensitas hujan dalam satu tahun.

Perkiraan awal, curah hujan lebih dari 30mm turun pada Selasa pagi di Dubai dan terus meningkat sebanyak 128mm sepanjang hari itu. Hujan deras juga dikabarkan menerjang kawasan Bahrain, Qatar dan Arab Saudi.

Di platform media sosial juga beredar kondisi jalan-jalan di Dubai. Sejumlah mobil terlihat tergenang air. Selain itu ada juga video kondisi bandara udara Dubai saat diterjang hujan deras.

Pada video tersebut, terlihat landasan udara tergenang air. Ada juga video yang memperlihatkan hujan disertai petir menerjang kawasan Dubai.

Suasana bertambah horor saat sejumlah pertokoan rusak karena terjangan hujan deras dan angin.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #kawasan #teluk #banjir #orang #tewas #oman #alami #hujan #terderas #dalam #tahun

KOMENTAR