Ketegangan Belum Reda, Politisi Anti China Terpilih Jadi Presiden Taiwan
William Lai Ching-te 
13:00
14 Januari 2024

Ketegangan Belum Reda, Politisi Anti China Terpilih Jadi Presiden Taiwan

Ketegangan antara China dengan Taiwan diperkirakan bakal berlanjut.

Pasalnya, dalam pemilihan umum (Pemilu) Taiwan pada Sabtu mengklaim kemenangan politisi anti China.

William Lai Ching-te mengklaim kemenangan telak dalam pemilihan presiden secara parsial Taiwan pada hari Sabtu (13/1/2024).

Lai memperoleh suara sebesar 40,2 persen atau melebihi yang diperoleh wakil oposisi utama Hou Yu-ih dan mantan walikota Taipei, Ko Wen-je dari Partai Rakyat Taiwan.

Dikutip dari lama South Morning China Post, meski menang tetapi Partai Progresif Demokratik yang dipimpinnya gagal mempertahankan mayoritas legislatifnya.

Hal ini akan menambah ketidakpastian pada masa kepresidenannya.

Lai adalah politisi yang berulang kali dicap oleh Tiongkok daratan sebagai “pembuat onar” atas sikapnya terhadap kemerdekaan diperkirakan akan semakin memicu ketegangan lintas selat.

Dengan demikian, pada masa pemerintahannya ketegangan bisa jadi akan terus berlangsung.

Lai, yang mengikuti pemilu sebagai wakil presiden Taiwan, mengklaim kemenangan setelah kandidat yang mewakili partai oposisi utama di pulau itu, Hou Yu-ih, mengakui kekalahan.

DPP, yang mengupayakan masa jabatan ketiga, menolak kedaulatan Tiongkok atas Taiwan dan menyatakan bahwa pulau tersebut memiliki hak atas identitas terpisah dari Tiongkok daratan.

Lai mengatakan dia bertekad menjaga perdamaian di Selat Taiwan, namun menyerukan peningkatan pertahanan wilayah pemerintahan mandiri tersebut, untuk menangkal kemungkinan ancaman dari Beijing.

Presiden Taiwan petahana Tsai Ing-wen secara konstitusional dilarang mencalonkan diri untuk masa jabatan ketiga.

“Setiap suara dihargai, karena ini adalah demokrasi yang diperoleh dengan susah payah di Taiwan,” kata Lai di kota selatan Tainan pada hari Sabtu sebelum memberikan suaranya, menurut Reuters.

Pemerintah Tiongkok menggambarkan Lai sebagai seorang separatis, dan menolak seruannya untuk melakukan pembicaraan mengenai masa depan Taiwan.

Saingannya, Hou, menuduh Lai mendukung kemerdekaan Taiwan – sementara Lai mengklaim bahwa Hou memegang posisi pro-Beijing, namun Hou membantahnya.

Ko, yang Partai Rakyat Taiwannya telah menarik suara generasi muda Taiwan sejak didirikan pada tahun 2019, lebih fokus pada masalah dalam negeri, seperti biaya perumahan.

Namun, meskipun ia mengatakan ingin kembali terlibat dengan Tiongkok, ia menekankan bahwa hal ini tidak dapat melanggar tujuan demokrasi Taiwan.

Menyusul kemenangannya, Lai mengatakan bahwa dia “bertekad untuk melindungi Taiwan dari ancaman dan intimidasi yang berkelanjutan dari Tiongkok” dan mengatakan dia bermaksud untuk mempertahankan status quo saat ini di Selat Taiwan.

Dia menambahkan bahwa pemerintahannya akan “menggunakan dialog untuk menggantikan konfrontasi” dalam diplomasinya dengan Beijing – yang telah memperingatkan para pemilih untuk tidak mendukung Lai.

Namun, Lai juga mengatakan DPP tidak mempertahankan mayoritas di Legislatif Yuan, parlemen unikameral Taiwan, di mana 113 kursi diperebutkan dalam pemungutan suara terpisah.

“Pemilu telah memberi tahu kami bahwa masyarakat mengharapkan pemerintahan yang efektif serta checks and balances yang kuat,” katanya, seraya menambahkan bahwa “kami sepenuhnya memahami dan menghormati pendapat masyarakat ini.”

Keseimbangan parlemen, yang berpotensi menghambat kemampuan pemerintah baru untuk mengesahkan undang-undang, berarti Taipei harus membentuk realitas politik berdasarkan komunikasi dan kerja sama, kata Lai. Dia menambahkan bahwa dia akan mempelajari dan mengevaluasi kebijakan lawan-lawannya dalam pemilu.

Editor: Hendra Gunawan

Tag:  #ketegangan #belum #reda #politisi #anti #china #terpilih #jadi #presiden #taiwan

KOMENTAR