Uni Eropa Bakal Lakukan Uji Coba Kirimkan Bantuan ke Gaza dari Siprus via Laut Pekan Ini
Pengungsi Palestina berkumpul untuk mendapatkan makanan di Rafah, di Jalur Gaza selatan pada 28 Februari 2024, di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok militan Hamas. Uni Eropa bakal melakukan uji coba mengirimkan bantuan ke Gaza dari Siprus via jalur laut. Uji coba ini bakal digelar pekan ini. (Photo by AFP) 
22:00
8 Maret 2024

Uni Eropa Bakal Lakukan Uji Coba Kirimkan Bantuan ke Gaza dari Siprus via Laut Pekan Ini

Uni Eropa (UE) hingga AS bakal melakukan uji coba pengiriman bantuan kemanusiaan ke Gaza lewat jalur laut untuk mempercepat pemenuhan kebutuhan dasar warga Gaza.

Presiden Uni Eropa, Ursula von Der Leyen berharap uji coba tersebut dapat dimulai akhir pekan ini melalui Siprus.

Dikutip dari Reuters, von Der Leyen mengungkapkan uji coba ini bakal dinisiasi oleh sebuah organisasi amal dan diukung oleh Uni Emirat Arab (UAE).

"Kami meluncurkan koridor maritim Siprus ini bersama-sama, Uni Eropa, Uni Emirat Arab, dan Amerika Serikat," katanya setelah melakukan kunjungan ke fasilitas-fasilitas di Siprus.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Siprus, Nikos Christodoulides mengatakan rencana uji coba bakal dilakukan pada Jumat (8/3/2024) waktu setempat atau Sabtu (9/3/2024) waktu Indonesia di Pelabuhan Larnaca di Siprus.

"Kami sekarang sudah sangat dekat dengan pembukaan koridor ini, mudah-mudahan pada hari Sabtu-Minggu ini dan saya sangat senang melihat percontohan awal akan diluncurkan hari ini," katanya.

Sementara, organisasi amal yang bakal dilibatkan adalah World Central Kitchen (WCK).

Organisasi ini masih memerlukan waktu untuk mengumpulkan makanan di Kota Larnaca untuk warga Gaza dengan dukungan dari Uni Emirat Arab (UAE).

Sebelumnya, pengiriman bantuan ke Gaza sudah dilakukan via udara dari pesawat kargo militer.

Hal tersebut dilakukan lantaran Israel kerap menyerang truk bantuan makanan yang disalurkan ke warga Gaza.

Beberapa negara pun telah melakukan pengiriman bantuan lewat udara seperti AS, Prancis, Yordania dan Mesir.

Juru Bicara Keamanan Gedung Putih John Kirby mengungkapkan bahwa pengiriman bantuan ke Gaza via udara memiliki keunggulan dibanding lewat darat lantaran pesawat dapat memindahkan bantuan ke lokasi tertentu dengan cepat.

Selain itu, dirinya juga mengatakan pengiriman bantuan lewat udara bukan menjadi pengganti untuk memindahkan bantuan melalui darat.

Kini, AS sudah mengirim bantuan pertamanya lewat jalur udara dengan menggunakan pesawat militer.

Meski sudah melakukan pengiriman bantuan ke Gaza lewat udara, Kirby mengatakan AS bakal tetap memprioritaskan dikirimkannya bantuan lewat jalur darat lantaran lebih efektif dan murah.

Indonesia Bakal Kirim Bantuan ke Gaza via Jalur Udara, Simulasi Sudah Dilakukan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menyebut Indonesia bakal segera mengirim bantuan kemanusiaan ke Gaza lewat jalur udara dengan menggunakan pesawat Hercules.

Simulasi untuk melakukan pengiriman pun sudah dilakukan di Pangkalan TNI AU Iswahjudi, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, pada Jumat (8/3/2024).

"Kita tadi melihat peragaan ngedrop bantuan yang akan kita segera lakukan di Gaza karena Indonesia merupakan salah satu negara yang diberi kesempatan untuk bisa memberikan bantuan ke Gaza, ke rakyat Palestina dengan lewat udara karena lewat darat sudah sulit,” ujar Jokowi dikutip dari laman Presiden RI.

Sementara, dalam simulasi yang dilakukan, sejumlah pesawat Hercules dan helikopter melakukan aksi melepas heli box dari ketinggian tertentu.

Jokowi menganggap simulasi yang telah dilakukan dinilai baik dan bisa segera dipraktikan.

"Tadi kita coba terlebih dahulu kira-kira akan seperti apa dengan menggunakan pesawat Hercules dan ini akan segera kita bawa bantuan ke Gaza dan di-drop dari udara dengan pesawat Hercules kita. Tadi sudah disimulasi dan saya melihat hasilnya baik,” jelas Jokowi.

(Tribunnews.com/Yohanes Liestyo Poerwoto)

Artikel lain terkait Konflik Palestina vs Israel

Editor: Facundo Chrysnha Pradipha

Tag:  #eropa #bakal #lakukan #coba #kirimkan #bantuan #gaza #dari #siprus #laut #pekan

KOMENTAR