Setelah 5 Bulan Perang, Israel Tak Mampu Kalahkan Hamas atau Usir Hizbullah dari Perbatasan Lebanon
Tentara IDF Israel dalam Perang kedua melawan Lebanon. Israel mengancam akan melancarkan perang ketiga seiring intensifnya serangan roket Hizbullah ke pemukiman Yahudi di utara Israel. 
14:50
4 Maret 2024

Setelah 5 Bulan Perang, Israel Tak Mampu Kalahkan Hamas atau Usir Hizbullah dari Perbatasan Lebanon

Tidak ada solusi militer untuk Israel di Gaza atau Lebanon kata pejabat Israel.

Setelah lima bulan pertempuran, Israel tidak mampu mengalahkan Brigade Qassam Hamas atau mengusir Hizbullah dari perbatasan Lebanon.

Mantan Wakil Ketua Dewan Keamanan Nasional Israel, Eran Etzion, menyatakan bahwa "tidak ada solusi militer" terhadap perang yang dilakukan Israel di selatan melawan Hamas dan di utara melawan Hizbullah dan bahwa pemerintah Israel berbohong, seperti dilaporkan Al-Mayadeen pada tanggal 2 Maret.

Etzion mengatakan kepada Hebrew Channel 13 bahwa “bukan suatu kebetulan bahwa pemerintah tidak menyelesaikan masalah Hamas di Jalur Gaza setelah lima bulan perang,” dan menjelaskan bahwa hal tersebut “menciptakan ekspektasi yang tidak realistis terhadap pertempuran di selatan dan terus berlanjut di front utara."

Dia menjelaskan bahwa "tidak ada perubahan yang akan terjadi, bahkan jika pertempuran berlanjut selama satu tahun dengan cara seperti ini, dan bahkan dalam keadaan yang paling optimis sekalipun, dan pemerintah mengetahui hal itu."

"Tidak ada perang jangka pendek, baik di utara maupun di selatan, dan tidak ada solusi militer murni terhadap permasalahan kita, baik di utara maupun di selatan," simpul Etzion.

“Masyarakat Israel harus menyadari hal ini dan bangkit dari ekspektasinya… Pemerintah harus berhenti berbohong kepada publik.”

Al-Mayadeen menambahkan bahwa analis politik Channel 13, Rafif Drucker, menyatakan bahwa mengusir Hizbullah dari perbatasan hanyalah sebuah "mimpi" yang kini telah dibangunkan oleh tentara.

Militer Israel sekarang tidak dapat menginvasi Lebanon dan membangun jalur hingga Sungai Litani, atau menyingkirkan semua elemen Hizbullah dari perbatasan, dan apa yang terjadi di Gaza adalah buktinya.

Pada tanggal 29 Februari, The Wall Street Journal mengakui bahwa "Israel masih jauh dari tujuan perang yang dinyatakan untuk melenyapkan Hamas sebagai entitas militer dan politik yang signifikan."

“Melawan musuh seperti permainan pukulan telak,” kata seorang tentara cadangan Israel di Khan Yunis dari Divisi 98 kepada surat kabar tersebut. Dia mengatakan banyak tentara merasa tentara tidak mempunyai rencana dan bertanya-tanya mengapa mereka berperang. “Akan sangat sulit menghancurkan Hamas,” tutupnya.

Salah satu kesulitannya adalah menghancurkan jaringan terowongan Hamas yang luas, yang digunakan sebagai markas militer dan untuk bergerak melintasi kota-kota Gaza, melindungi para pemimpinnya, menyembunyikan tawanan Israel, memproduksi senjata, dan melakukan serangan tabrak lari.

“Sampai Anda mengambil semua ini dari Hamas, Anda tidak akan mampu mengalahkannya,” kata Guy Aviad, peneliti Hamas dan mantan perwira Israel.

Hamas juga terus memiliki tenaga kerja yang signifikan meski mengalami kerugian yang signifikan. Para pemimpin Hamas di Gaza telah mengatakan kepada para pejabat Mesir bahwa meskipun sayap militer kelompok tersebut, Brigade Qassam, telah kehilangan sedikitnya 6.000 orang tewas, 24.000 orang lainnya masih tersisa.

Sebuah video baru yang dirilis Hamas menunjukkan mereka terlibat dari terowongan membuktikan bahwa Israel belum selesai dan mereka masih memiliki 100 terowongan untuk diledakkan.

(Sumber: The Cradle)

Tag:  #setelah #bulan #perang #israel #mampu #kalahkan #hamas #atau #usir #hizbullah #dari #perbatasan #lebanon

KOMENTAR