Yaman Adakan Pembicaraan Konstruktif dengan Uni Eropa Terkait Situasi Laut Merah, Ada Tawaran Besar
Sebuah gambar yang diambil selama tur terorganisir oleh pemberontak Huthi Yaman (di atas kapal) pada tanggal 22 November 2023 menunjukkan kapal kargo Galaxy Leader, yang disita oleh pejuang Huthi dua hari sebelumnya, berlabuh di sebuah pelabuhan di Laut Merah di provinsi Hodeida, Yaman. 
14:10
22 Februari 2024

Yaman Adakan Pembicaraan Konstruktif dengan Uni Eropa Terkait Situasi Laut Merah, Ada Tawaran Besar

Yaman mengadakan 'pembicaraan konstruktif' dengan Uni Eropa membahas hal-hal mengenai keamanan Laut Merah.

Yaman mengatakan hampir 300 kapal dengan aman melintasi Selat Bab al-Mandab minggu ini. Mereka menyalahkan 'propaganda dan militerisasi' Washington atas berkurangnya transit di Laut Merah baru-baru ini.

Wakil Menteri Luar Negeri Yaman di National Salvation Government (NSG) yang dipimpin Ansarallah, Hussein al-Ezzi, pada tanggal 21 Februari mengumumkan bahwa negara tersebut mengadakan “pembicaraan konstruktif” dengan UE mengenai situasi di Laut Merah.

“Ada pembicaraan konstruktif antara Sanaa dan Uni Eropa di mana kami mengonfirmasi bahwa navigasi maritim aman, dan kami akan membahas semua negara melalui komunikasi dengan Dewan Kemanusiaan,” kata Ezzi kepada wartawan di Sanaa.

Pejabat Yaman tersebut mengungkapkan bahwa Yaman sedang mengadakan pembicaraan dengan Norwegia sebelum AS menetapkan kembali Ansarallah sebagai “organisasi teroris,” dan menambahkan bahwa “tawaran besar” dibuat oleh UE sebagai imbalan untuk mengakhiri tindakan pro-Palestina di Laut Merah.

“Klasifikasi ini mewakili indikator kemenangan kami dalam posisi kami melawan Palestina. Jika kami menerima tawaran mereka, itu akan menjadi sebuah tikaman dari belakang bagi Palestina.”

“Tiga negara dilarang berlayar di Laut Merah: Israel, Amerika, dan Inggris,” Ezzi menyoroti sebelum menekankan bahwa “navigasi maritim yang aman tanpa Sanaa adalah ilusi, dan siapa pun yang berpikir demikian adalah salah.”

Dia juga mengklaim penurunan angkutan komersial di Selat Bab al-Mandab terkait dengan “propaganda Amerika” dan “militerisasi” jalur air utama tersebut. Menurut Ezzi, 283 kapal melintasi Laut Merah dengan aman pada pekan ini.

Pada hari Senin, Uni Eropa secara resmi meluncurkan misi angkatan laut Aspides di Laut Merah, yang digambarkan oleh diplomat utama Brussel Josep Borrell sebagai tindakan berani untuk melindungi kepentingan komersial dan keamanan UE dan komunitas internasional.

“Bagi orang Eropa, jangan bermain api. Ambillah pelajaran dari Inggris,” Mohammed Ali al-Houthi, anggota senior Dewan Politik Tertinggi Yaman, memperingatkan pada tanggal 20 Februari. “Anda tidak memerlukan dukungan setan Amerika dalam melindungi entitas pendudukan sehingga dapat memusnahkan rakyat Gaza tanpa gangguan,” tambah Houthi, menekankan bahwa “navigasi internasional aman.”

Aspides berkumpul setelah beberapa anggota NATO terbukti ragu-ragu atau langsung menolak untuk bergabung dengan Operation Prosperity Guardian (OPG) yang dipimpin AS.

Menurut Wakil Laksamana AS Brad Cooper, konflik Washington melawan Yaman di Laut Merah adalah salah satu pertempuran terbesar yang dilakukan angkatan laut AS sejak akhir Perang Dunia II.

(Sumber: The Cradle)

Tag:  #yaman #adakan #pembicaraan #konstruktif #dengan #eropa #terkait #situasi #laut #merah #tawaran #besar

KOMENTAR