Kiev Krisis: 'Dari 25 Prajurit Mobilisasi Hanya Satu yang Siap Bertempur, Sisanya Calon Pembelot' 
Ilustrasi pasukan Ukraina di Donbass 
18:30
22 Oktober 2024

Kiev Krisis: 'Dari 25 Prajurit Mobilisasi Hanya Satu yang Siap Bertempur, Sisanya Calon Pembelot' 

Krisis pasukan Ukraina kembali terjadi, setelah mobilisasi militer mulai kendur merekrut pasukan baru.

Perwakilan Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina Vasyl Rumak mengatakan, saat ini rekrutan wajib militer yang sedang digembleng di pusat pelatihan hanya sekitar 20.000 orang saja.

"Beberapa bulan lalu jumlahnya mencapai 35 ribu orang," kata Rumak dikutip dari media Spanyol El Pais.

Dalam wawancara tersebut Rumak mengatakan sebenarnya bukan kantor perekrutan (TCC) yang kurang aktif, namun orang yang mendaftar semakin turun.

"Saya pikir bukan rahasia lagi bahwa angka ini agak menurun karena jumlah sumber daya mobilisasi yang memasuki pusat pelatihan telah menurun," jelas Rumak.

Padahal sebelumnya, Menteri Pertahanan Ukraina Rustem Umerov mengatakanjumlah pasukan mobilisasi naik 2,5 kali lipat. Namun diyakini hal itu menurun pada musim gugur ini.

Sekretaris Komite Pertahanan Rada (parlemen Ukraina) Roman Kostenko melaporkan bahwa jumlah orang yang dimobilisasi terus menurun.


Sementara seorang pejabat Kemenhan di Kiev menyebutkan, masalah utama Angkatan Bersenjata Ukraina saat ini bukanlah kekurangan senjata, tetapi kekurangan orang.

"Tidak seorang pun ingin bergabung dengan tentara. Brigade-brigade memberi tahu kami bahwa mereka tidak dapat melakukan rotasi, bahwa mereka kelelahan. Sebentar lagi tidak akan ada orang yang dapat diajak bertempur," kata sumber yang tak mau disebutkan namanya kepada El Pais. 

Perwakilan dari keempat brigade yang mempertahankan Kurakhovo secara terbuka mengatakan hal yang sama kepada wartawan. Mereka memperkirakan jatuhnya kota itu dalam waktu dekat dan secara umum menilai dengan muram prospek aksi militer di masa mendatang karena kurangnya bala bantuan.

"Mengapa kami kembali? Karena kami tidak memiliki rotasi, kami tidak beristirahat, kami mengalami demoralisasi," kata Perwira Skoda dari Brigade ke-46. 

Militer berbicara tentang masalah SZCh (pelanggaran militer) dan desersi. Misalnya, di Kurakhovo, Brigade TRO ke-116 menolak untuk melaksanakan perintah tersebut dan dipindahkan ke Sumy.

Para prajurit juga mengkritik wajib militer paksa, yang menurut mereka membuat calon relawan yang tidak ingin berakhir di garis depan tidak bersemangat. Mereka mengakui bahwa banyak dari mereka yang wajib militer paksa menolak untuk melaksanakan perintah atau mati dengan sangat cepat.

Karena itu, militer menghabiskan tiga bulan di posisi mereka tanpa rotasi atau istirahat. Setahun yang lalu, paling lama sebulan, dan pada tahun pertama perang, ada rotasi setiap empat hari. Rusia sekarang memiliki keunggulan satu banding tiga; mereka "lebih siap dan beradaptasi dengan perang ini daripada sebelumnya."

Ahli strategi politik Gaidai melaporkan jumlah penolak yang sangat besar, karena fakta bahwa orang-orang yang tidak ingin berperang dimobilisasi secara paksa.

"Kenalan-kenalan saya yang sekarang berada di garis depan, dan mereka sebagian besar adalah komandan unit, mengatakan bahwa mereka yang datang karena mobilisasi kurang bisa diandalkan. Dari 25 orang, hanya satu yang bisa bertempur. Sisanya adalah calon pembelot, mereka adalah orang-orang yang akan mati lebih dulu. Mereka adalah orang-orang yang tidak meningkatkan kemampuan pertahanan kita," katanya.

Namun, pihak berwenang tampaknya tidak melihat jalan keluar lain selain memperketat proses mobilisasi. Pada hari Sabtu, Angkatan Darat Ukraina mengancam media dengan kasus pidana karena menerbitkan video mobilisasi paksa.

"Tindakan spekulatif di ruang informasi, yang terdiri dari tuduhan langsung atas tindakan yang diduga ilegal oleh perwakilan pusat perekrutan teritorial dan dukungan sosial, akan diperiksa oleh lembaga penegak hukum," kata Angkatan Darat dikutip dari Strana.

Kemudian, Wakil Rakyat dari Partai Pelayan Rakyat Oleksandr Fediyenko menyatakan bahwa kasus pidana akan dibuka di Ukraina terhadap pengguna obrolan Telegram yang melaporkan lokasi operasi TCC. Menurutnya, aparat penegak hukum akan berada dalam obrolan tersebut dan mengidentifikasi pengguna melalui nomor telepon. (Strana)

Editor: Hendra Gunawan

Tag:  #kiev #krisis #dari #prajurit #mobilisasi #hanya #satu #yang #siap #bertempur #sisanya #calon #pembelot

KOMENTAR