Israel Akan Serang Iran Pakai Rudal Canggih Golden Horizon & Rocks, Terungkap dari Dokumen Bocor AS
Gambar yang disediakan oleh Angkatan Udara AS ini menunjukkan stasiun peluncuran Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) Angkatan Darat AS sedang bersiap untuk memuat rudal ke dalam C-17 Globemaster III dari Skuadron Angkutan Udara ke-4 di Fort Bliss, Texas, pada tanggal 23 Februari 2019. (Sersan Cory D. Payne/Angkatan Udara AS) 
12:50
22 Oktober 2024

Israel Akan Serang Iran Pakai Rudal Canggih Golden Horizon & Rocks, Terungkap dari Dokumen Bocor AS

Penyelidik Amerika Serikat (AS) tengah berupaya menginvestigasi sepasang dokumen intelijen  negara yang sangat rahasia bisa bocor di internet.

Dokumen tersebut muncul Telegram pada Jumat (18/20/2024), berisi dugaan penilaian AS terhadap rencana Israel untuk menyerang Iran.

Penilaian didasarkan pada interpretasi citra satelit dan intelijen lainnya.

Juru Bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan Presiden Joe Biden "sangat prihatin" tentang kebocoran tersebut.

"Para pejabat belum memastikan apakah dokumen tersebut bocor karena peretasan atau kebocoran," kata Kirby.

Selama tiga minggu ini, Israel telah bersumpah untuk menyerang Iran dengan keras sebagai balasan atas serangan rudal balistik massal Iran terhadap Israel pada tanggal 1 Oktober.

Iran mengatakan itu sebagai respons atas pembunuhan pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah, oleh Israel pada 27 September.


Apakah dokumennya asli?

Para analis militer mengatakan frasa yang digunakan dalam judul tersebut terlihat kredibel dan konsisten dengan dokumen rahasia serupa yang pernah terungkap sebelumnya.

Bertajuk "Sangat Rahasia", mereka menyertakan akronim "FGI", yang merupakan singkatan dari "Intelijen Pemerintah Asing".

Dokumen-dokumen tersebut tampaknya telah diedarkan ke badan-badan intelijen dalam aliansi Five Eyes, lima negara Barat yang secara teratur berbagi intelijen, yaitu AS, Inggris, Kanada, Australia, dan Selandia Baru.

Akronim "TK" dalam dokumen tersebut mengacu pada "Talent Keyhole", sebuah kata sandi yang mencakup Kecerdasan Sinyal berbasis satelit (SIGINT) dan Kecerdasan Citra (IMINT).

Apa Isi dokumen itu?

Jika digabungkan, kedua dokumen tersebut merupakan penilaian rahasia AS terhadap persiapan Israel untuk menyerang sasaran di Iran.

 Hal itu berdasarkan intelijen yang dianalisis pada tanggal 15-16 Oktober oleh Badan Intelijen Geospasial Nasional AS.

Yang menonjol adalah penyebutan dua sistem Rudal Balistik Peluncuran Udara (ABLM) Golden Horizon dan Rocks.

Rocks adalah sistem rudal jarak jauh yang dibuat oleh perusahaan Israel Rafael dan dirancang untuk menyerang berbagai target baik di atas maupun di bawah tanah.

Golden Horizon diduga merujuk pada sistem rudal Blue Sparrow dengan jangkauan sekitar 2.000 km (1.240 mil).

Pentingnya hal ini adalah bahwa hal ini mengindikasikan bahwa Angkatan Udara Israel berencana untuk melakukan serangan ABLM serupa tetapi jauh lebih luas terhadap lokasi radar Iran di dekat Isfahan pada bulan April.

Dengan meluncurkan senjata-senjata ini dari jarak jauh dan jauh dari perbatasan Iran, maka akan menghindari kebutuhan pesawat tempur Israel untuk terbang di atas negara-negara tertentu di kawasan seperti Yordania.

Dokumen tersebut juga tidak melaporkan tanda-tanda persiapan apa pun oleh Israel untuk mengaktifkan pencegah nuklirnya.

Atas permintaan Israel, pemerintah AS tidak pernah mengakui secara terbuka bahwa sekutu dekatnya, Israel, memiliki senjata nuklir, sehingga hal ini menyebabkan rasa malu di Washington.

Apa yang tidak mereka beritahu pada kita?

Yang mencolok tidak disebutkan dalam dokumen-dokumen ini adalah target apa yang ingin diserang Israel di Iran, atau kapan.

AS tidak merahasiakan penentangannya terhadap penargetan fasilitas penelitian nuklir Iran atau instalasi minyaknya.

Yang tersisa adalah pangkalan militer, kemungkinan besar milik Korps Garda Revolusi Iran (IRGC) dan milisi Basij yang berafiliasi dengannya, karena kedua institusi ini dipandang sebagai tulang punggung Republik Islam, yang memproyeksikan jangkauan militernya ke luar negeri dan menekan protes rakyat di dalam negeri.

Mengenai waktu, banyak yang memperkirakan Israel telah melaksanakan pembalasan yang dijanjikannya saat ini. Namun pada bulan April, Iran menunggu 12 hari sebelum membalas Israel dengan rentetan 300 pesawat nirawak dan rudal setelah serangan udara Israel menghantam gedung diplomatiknya di Damaskus, menewaskan beberapa komandan senior Garda Revolusi.

Sebagian dari keterlambatan dalam tanggapan Israel kemungkinan besar disebabkan oleh kekhawatiran AS terhadap eskalasi dengan waktu kurang dari sebulan menjelang pemilihan presiden AS.

Apakah informasi tersebut dibocorkan dengan sengaja?

Mungkin ya, oleh seseorang yang ingin menggagalkan rencana Israel.

Iran memiliki kemampuan perang siber yang besar dan canggih sehingga kemungkinan terjadinya peretasan yang bersifat permusuhan juga sedang diselidiki.

Dokumen-dokumen ini, jika asli sebagaimana yang diperkirakan sangat mungkin, menunjukkan bahwa meskipun hubungan pertahanan antara AS dan Israel erat, Washington masih memata-matai sekutunya jika tidak diberi gambaran lengkap.

Mereka menunjukkan bahwa rencana Angkatan Udara Israel untuk melakukan semacam pembalasan jarak jauh terhadap Iran sudah matang dan bahwa mitigasi sedang dilakukan terhadap kemungkinan respons Iran.

Sumber: BBC/AFP

 

Tag:  #israel #akan #serang #iran #pakai #rudal #canggih #golden #horizon #rocks #terungkap #dari #dokumen #bocor

KOMENTAR