Situs Palsu Jebak Pembacanya ke Investasi Cryptocurrency Jepang, Pancing Pakai Nama Orang Terkenal
Berita palsu seolah bos Uniqlo Digugat Bank Sentral Jepang dimuat situs palsu seolah dari situs Yomiuri pakai platform Goo 
14:10
21 Pebruari 2024

Situs Palsu Jebak Pembacanya ke Investasi Cryptocurrency Jepang, Pancing Pakai Nama Orang Terkenal

Situs palsu seolah buatan koran besar Jepang Yomiuri digunakan penipu untuk mengarahkan pembacanya ke sebuah berita orang terkenal Jepang dan akhirnya ke situs cryptocurrency dengan alamat terdaftar di San Mateo California Amerika.

"Setelah pembaca melihat berita tersebut, meng klik ke situs tertentu, mengisi data nama, email dan nomor telepon, ditelpon oleh wanita untuk konfirmasi dengan tanpa nomor di ponsel kita, yang katanya untuk konfirmasi dan akan dihubungi kembali," papar Kukiyama Yoko seorang warga Tokyo Rabu (21/2/2024) kepada Tribunnews.com.

Sebuah artikel yang tampaknya seolah-olah telah didistribusikan oleh Yomiuri Shimbun Online (YOL) di situs portal "goo" disertai dengan judul yang mengejutkan.

Ini adalah "situs berita palsu" yang tidak ada hubungannya dengan goo atau YOL.

Dikatakan sember Tribunnews.com dari kepolisian bahwa jumlah "korban penipuan investasi" yang menggunakan situs palsu yang menggunakan nama, foto, logo, dan lainnya dari selebriti atau orang terkenal dan media tersebut tanpa izin, telah meningkat.

Dengan memposting konten yang mengejutkan atau menarik di situs yang terlihat nyata, itu menyebar melalui media sosial dengan cara yang membuat orang yang melihat situs mempercayainya.

Departemen Hubungan Masyarakat Yomiuri Shimbun Group Inc. menanggapi sebuah wawancara dengan Lawyer.com News, dengan mengatakan, "Situs palsu tidak ada hubungannya dengan perusahaan kami, dan kami telah melaporkan kepada operator SNS bahwa hak cipta kami telah dilanggar dan meminta penghapusannya."

Modus operandi situs berita palsu yang dimaksud adalah canggih.

Ada "skandal" di mana seorang sutradara film Hayao Miyazaki, yang muncul langsung di program berita, menerima telepon dari Bank of Japan untuk membatalkan siaran karena ia memamerkan metode investasinya. Berita 28 Desember 2023.

Itu membuatnya tampak seolah-olah Mr. Miyazaki berbicara tentang investasi cryptocurrency, dan mengarahkan pembaca dengan berulang kali menyebutkan nama situs tertentu, yang dicurigai sebagai penipuan investasi.

Hari ini muncul lagi berita seolah bos Uniqlo Tadashi Yanai ditegor Bank Sentral Jepang karena memberitahu cara invetasinya. Pola berita palsu yang sama.

Situs berita palsu ini juga telah menyebar melalui posting iklan di X (sebelumnya Twitter), dan pengguna serta penggemar Miyazaki telah menyuarakan bahwa itu "terlalu jahat" dan "itu adalah iklan palsu."

Selain itu, situs berita palsu dengan konten yang sama menggunakan nama selebriti dan tokoh terkenal lain yang menyebar, dan ada kekhawatiran bahwa kerugian akan menyebar.

"Kami menyadari bahwa beberapa situs web palsu yang menggunakan logo YOL dan gambar selebriti telah ditemukan di media sosial, dan untuk mencegah kerusakan penipuan dan kebocoran informasi pribadi, kami telah memposting artikel di halaman atas YOL untuk memperingatkan orang-orang tentang situs palsu dan mendesak orang untuk tidak mengklik iklan di situs palsu atau memasukkan informasi pribadi," kata Departemen Hubungan Masyarakat Yomiuri Shimbun Group Inc.

Apabila ada yang mengundang untuk berinvestasi, silakan berkonsultasi dengan beberapa pihak di bawah ini.

Departemen Kepolisian Metropolitan Tokyo telah menerima banyak pertanyaan tentang kerusakan yang disebabkan oleh penipuan investasi dalam aset kripto (mata uang virtual), jadi jika Anda diundang ke situs investasi luar negeri, hubungi orang-orang untuk berkonsultasi dengan meja konsultasi sebelum mendengarkan apa yang dikatakan pihak lain. Meja konsultasi utama adalah sebagai berikut.

・Meja Konsultasi Kejahatan Dunia Maya Mabes Polda Prefektur https://www.npa.go.jp/bureau/cyber/soudan.html

・Kantor Konsultasi Pengguna Jasa Keuangan, https://www.fsa.go.jp/policy/virtual_currency/index.html (Untuk situs Badan Jasa Keuangan Jepang).

・Hotline Konsumen https://www.caa.go.jp/policies/policy/consumer_policy/information/notice/efforts_001.html

Sementara itu bagi para UKM Handicraft dan pecinta Jepang yang mau berpameran di Tokyo dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: [email protected] Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsappnya.

Editor: Eko Sutriyanto

Tag:  #situs #palsu #jebak #pembacanya #investasi #cryptocurrency #jepang #pancing #pakai #nama #orang #terkenal

KOMENTAR