Kapsul Bunuh Diri Futuristik Digunakan untuk Pertama Kali, Polisi Swiss Tangkap Beberapa Orang
'Sarco' Kapsul Bunuh Diri (X/dylanpage910)
16:16
26 September 2024

Kapsul Bunuh Diri Futuristik Digunakan untuk Pertama Kali, Polisi Swiss Tangkap Beberapa Orang

Polisi Swiss telah menangkap beberapa orang setelah kapsul futuristik kontroversial yang dirancang untuk memungkinkan penghuninya bunuh diri digunakan untuk pertama kalinya, kata pihak berwenang pada hari Selasa.

Polisi di kanton utara Schaffhausen yang berbatasan dengan Jerman mengatakan kapsul yang disebut "Sarco" telah ditempatkan di hutan di kotamadya Merishausen pada hari Senin.

Jaksa di Schaffhausen telah membuka proses pidana terhadap beberapa orang karena "membujuk dan membantu serta bersekongkol untuk bunuh diri", kata pernyataan polisi, menambahkan beberapa orang ditahan, tanpa memberikan rincian tentang mereka atau almarhum.

Seorang juru bicara kelompok di balik kapsul tersebut, The Last Resort, mengatakan almarhum adalah seorang wanita Amerika berusia 64 tahun yang telah menderita sistem kekebalan tubuh yang sangat terganggu.

Baca Juga: Ternyata Pernah Jadi Korban, Tersangka IE Penyiraman Air Keras ke Polisi Masih Bisa Cengengesan

Florian Willet, salah satu presiden The Last Resort, termasuk di antara empat tahanan, bersama dengan seorang jurnalis Belanda dan dua orang Swiss, kata juru bicara tersebut. Willet adalah satu-satunya orang lain yang hadir ketika wanita itu mengakhiri hidupnya, kata juru bicara tersebut.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh The Last Resort, Willet menggambarkan kematian itu sebagai "damai, cepat, dan bermartabat."

Juru bicara The Last Resort mengatakan wanita itu telah melewati evaluasi psikiatris sebelum mengakhiri hidupnya.

Seorang juru bicara jaksa penuntut di Schaffhausen menolak memberikan rincian atau mengonfirmasi ada empat tahanan.

Dibentuk dengan garis-garis ramping dan aerodinamis, "Sarco" menyebabkan kematian ketika penumpangnya melepaskan gas nitrogen di dalamnya, menurunkan jumlah oksigen ke tingkat yang mematikan. Itu adalah gagasan Philip Nitschke, seorang dokter Australia yang terkenal karena karyanya tentang bunuh diri dengan bantuan sejak tahun 1990-an.

Baca Juga: Ribuan Personel Gabungan Jaga Ketat DPR Hari Ini, Ada Apa?

Swiss telah menjadi daya tarik bagi para pendukung bunuh diri dengan bantuan karena undang-undang yang melegalkannya di sana, dan The Last Resort mengatakan nasihat hukumnya adalah bahwa itu dapat digunakan.

Kapsul itu telah menghasilkan perhatian media dan diskusi yang cukup besar di antara para pihak berwenang tentang apakah mereka akan mengizinkannya.

Elisabeth Baume-Schneider, menteri Swiss yang bertanggung jawab atas kesehatan, mengatakan pada hari Senin bahwa kapsul tersebut tidak memenuhi persyaratan hukum keselamatan produk, dan penggunaan nitrogennya tidak sesuai hukum.

Catatan Redaksi: Hidup sering kali sangat sulit dan membuat stres, tetapi kematian tidak pernah menjadi jawabannya. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit dan berkecederungan bunuh diri, sila hubungi dokter kesehatan jiwa di Puskesmas atau Rumah sakit terdekat.

Bisa juga Anda menghubungi LSM Jangan Bunuh Diri melalui email [email protected] dan telepon di 021 9696 9293. Ada pula nomor hotline Halo Kemkes di 1500-567, yang bisa dihubungi untuk mendapatkan informasi di bidang kesehatan 24 jam.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #kapsul #bunuh #diri #futuristik #digunakan #untuk #pertama #kali #polisi #swiss #tangkap #beberapa #orang

KOMENTAR