Tarik Kapal Patroli, Filipina Menolak Menyerah dari Sengketa Terumbu Karang di Laut China Selatan
Kapal patroli BRP Teresa Magbanua milik Filipina yang ditarik dari gugusan terumbu karang Beting Sabina yang disengketakan dengan China di Laut China Selatan. Kapal tersebut rusak pasca insiden tabrakan dengan kapal penjaga pantai China. 
13:00
16 September 2024

Tarik Kapal Patroli, Filipina Menolak Menyerah dari Sengketa Terumbu Karang di Laut China Selatan

- Filipina bersikeras bahwa mereka belum menyerahkan terumbu karang yang disengketakan di Laut Cina Selatan.

Penegasan tersebut disampaikan Filipina dua hari setelah negara itu menarik kapal yang ditempatkan di sana menyusul perselisihan selama berbulan-bulan dengan negara pengklaimnya, Tiongkok.

“Kami tidak kehilangan apa pun,” kata juru bicara Penjaga Pantai Filipina Komodor Jay Tarriela pada konferensi pers, dan bersumpah bahwa “akan ada kehadiran penjaga pantai di Escoda Shoal” setelah penarikan kapal andalan mereka, BRP Teresa Magbanua, dari terumbu karang, yang dikenal secara internasional sebagai Beting Sabina.

Beijing mengklaim sebagian besar wilayah perairan di Laut Cina Selatan meskipun ada keputusan pengadilan internasional yang menyatakan bahwa pernyataannya tidak berdasar.

Beijing telah bertindak agresif terhadap kapal-kapal pemerintah Filipina di Sabina Shoal dan wilayah sengketa lainnya di jalur perairan strategis tersebut.

Beberapa bulan terakhir terlihat pelaut Tiongkok menabrak, memblok, meriam air, dan bahkan menaiki kapal Filipina, sehingga menyebabkan kerusakan dan cedera.

Manila telah mengerahkan BRP Teresa Magbanua pada bulan April lalu untuk menghentikan Beijing mengambil kembali Sabina Shoal.

Manila mnenarik kapal tersebut keluar dari wilayah tersebut setelah empat anggota awaknya sakit, dan setelah kapal tersebut rusak akibat insiden tabrakan dengan kapal patroli China.

Tarriela menolak membandingkannya dengan kejadian di Scarborough Shoal, dimana Manila kalah dari Beijing setelah konflik serupa selama berbulan-bulan pada tahun 2012.

Dia mengatakan Sabina jauh lebih besar dari Scarborough dan menegaskan Tiongkok tidak akan mampu menghentikan Filipina mengirimkan patroli di sekitar wilayah seluas 137 km persegi tersebut.

Tabrakan kapal penjaga pantai China Kapal penjaga pantai China saat insiden tabrakan dengan Kapal patroli BRP Teresa Magbanua milik Filipina di perairan sekitar gugusan terumbu karang Beting Sabina yang disengketakan dengan China di Laut China Selatan.

“Ini bukan sebuah kekalahan,” kata Tarriela, membantah anggapan bahwa penjaga pantai “meninggalkan pos kami” di perairan dangkal tersebut.

“Kami hanya mereposisi kapal kami,” katanya. “Ini tidak berarti kapal penjaga pantai tidak lagi dikerahkan di sana.”

Dengan alasan keamanan operasional, dia tidak mengatakan seberapa cepat Filipina akan mengirim kapal lain ke wilayah tersebut. 

Sumber: AFP/The Straits Times

Tag:  #tarik #kapal #patroli #filipina #menolak #menyerah #dari #sengketa #terumbu #karang #laut #china #selatan

KOMENTAR