Thalasemia Tidak Bisa Dicegah, Penting Skrining Sebelum Menikah agar Tidak Menurun ke Anak
Ilustrasi thalasemia - Skrining thalasemia sangat diperlukan, mengingat Indonesia berada dalam sabuk thalasemia dunia dengan angka pembawa sifat genetik untuk thalasemia β saja mencapai 3-10 persen, demikian data yang disampaikan Lembaga Eijkman. Ini berarti sebanyak 8-22 juta penduduk Indonesia membawa sifat genetik thalasemia dan berpotensi menurunkannya kepada anak-anak mereka. 
22:20
13 Agustus 2024

Thalasemia Tidak Bisa Dicegah, Penting Skrining Sebelum Menikah agar Tidak Menurun ke Anak

- Skrining thalasemia sangat diperlukan, mengingat Indonesia berada dalam sabuk thalasemia dunia dengan angka pembawa sifat genetik untuk thalasemia β saja mencapai 3-10 persen, demikian data yang disampaikan Lembaga Eijkman.

Ini berarti sebanyak 8-22 juta penduduk Indonesia membawa sifat genetik thalasemia dan berpotensi menurunkannya kepada anak-anak mereka.

Thalasemia sendiri merupakan kelainan darah bawaan yang menyebabkan tubuh tidak dapat memproduksi hemoglobin dengan baik.

Hemoglobin bertugas untuk mengikat oksigen agar bisa dibawa ke seluruh tubuh oleh sel darah merah.

Salah satu gejala utama yang dialami oleh pasien dengan thalasemia adalah anemia, suatu kondisi di mana kadar hemoglobin di dalam tubuh lebih rendah daripada normal.

Pasien dengan thalasemia berat harus menjalani transfusi darah secara berkala untuk tetap menjaga kadar hemoglobin di dalam tubuhnya agar tetap dalam batas normal.

Thalasemia adalah kondisi yang diturunkan ketika kedua orang tua merupakan pembawa sifat genetik thalasemia.

Seringkali, kedua orang tua yang merupakan pembawa sifat genetik baru mengetahui bahwa dirinya membawa kelainan genetik thalasemia setelah memiliki anak dengan thalasemia.

Dan penyakit tersebut merupakan kelainan genetik sehingga tak dapat dicegah. Oleh karenanya, penting melakukan skrining sebelum menikah agar tidak menurunkan thalasemia ke anak mereka. 

"Penyakit ini tentunya bisa mendapatkan penanganan cepat melalui deteksi dini dengan cek darah, serta melakukan pemeriksaan riwayat penyakit keluarga yang anemia atau pasien thalasemia,” kata dr. Meriana Virtin, dokter umum sekaligus project manager officer Laboratorium Medis Cordlife Persada. 

Tanda dan gejala thalasemia di antaranya lemas, mudah lelah, kulit pucat atau kekuningan, kelainan bentuk tulang wajah, pertumbuhan yang lambat, pembengkakan pada perut.

Kemudian urin berwarna gelap yang jika dibiarkan dalam waktu lama, maka bisa terjadi komplikasi seperti penumpukan zat besi di dalam tubuh akibat transfusi yang sering dilakukan.

Dalam perjalanan penyakitnya, pasien dengan thalasemia dapat mengalami kelainan bentuk tulang, pembesaran limpa, gangguan pertumbuhan, dan masalah jantung.

Hal ini tentunya akan sangat menurunkan kualitas hidup seorang anak. Itu sebabnya, sangat penting untuk meningkatkan kesadaran akan Talasemia.

Apalagi Indonesia merupakan negara yang berada di sabuk thalasemia, sebutan bagi negara-negara dengan jumlah orang pembawa gen Talasemia yang tinggi.

"Di sinilah pentingnya pemeriksaan skrining untuk mengetahui apakah seseorang merupakan pembawa sifat genetik Talasemia. Idealnya, pemeriksaan ini dilakukan oleh semua orang sebelum mereka memutuskan untuk menikah dan memiliki anak. Sudah selayaknya semua orang di Indonesia mengetahui status Talasemia dirinya sendiri,” tutur dr. Meri.

Saat ini sudah banyak layanan laboratorium medis patologi klinik, yang membantu skrining talasemia. Laboratorium Medis Patologi Klinik PT Cordlife Persada salah satunya.

Lab tersebut dilengkapi peralatan serta tenaga analis laboratorium yang berkualitas tinggi. Termasuk alat untuk pemeriksaan analisis Hb dan gambaran darah tepi, sehingga skrining Talasemia lengkap dapat dilakukan dalam satu kali pemeriksaan.

“Di laboratorium ini, kami tidak hanya menyediakan skrining Talasemia, namun kami juga menyediakan berbagai paket pemeriksaan lengkap seperti paket medical check-up umum,” kata Farid Sastra Nagara, manajer laboratorium Cordlife.

Lab tersebut kini tidak hanya diperuntukkan bagi ibu hamil atau anak terkait layanan tali pusat, tapi juga memberi layanan bagi seluruh keluarga.

“Kami ingin memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia, salah satunya dengan meningkatkan kesadaran akan penting skrining thalasemia bagi semua orang di Indonesia,” ujar Retno Suprihatin, country director PT Cordlife Persada.

Editor: Eko Sutriyanto

Tag:  #thalasemia #tidak #bisa #dicegah #penting #skrining #sebelum #menikah #agar #tidak #menurun #anak

KOMENTAR