Jangan Disepelekan, Ini 3 Alasan Utama Kenapa Asuransi Anda Harus Mencakup Telemedisin
Telemedicine. (Elements Envanto)
14:32
2 Juli 2024

Jangan Disepelekan, Ini 3 Alasan Utama Kenapa Asuransi Anda Harus Mencakup Telemedisin

Inovasi digital di bidang kesehatan telah membawa perubahan signifikan dalam cara kita mengakses layanan medis. Salah satu terobosan terbesar adalah telemedisin, yang memungkinkan pasien berkonsultasi dengan dokter tanpa harus datang ke fasilitas kesehatan.

Dengan adanya asuransi kesehatan yang mencakup layanan telemedisin, masyarakat dapat menikmati berbagai manfaat. Berikut adalah tiga manfaat utama memiliki asuransi untuk telemedisin.

1. Akses Cepat dan Mudah ke Layanan Kesehatan

Dengan asuransi yang mencakup telemedisin, peserta dapat dengan mudah mengakses layanan kesehatan kapan saja dan di mana saja. Tanpa harus menghabiskan waktu dan energi untuk perjalanan ke rumah sakit atau klinik, pasien dapat berkonsultasi dengan dokter umum atau spesialis melalui aplikasi telemedisin. Hal ini sangat membantu, terutama dalam situasi darurat atau saat gejala pertama kali muncul, sehingga penanganan dapat dilakukan lebih cepat dan tepat.

Baca Juga: Lindungi Diri dan Aset, BRI Hadirkan Asuransi Mudah dan Murah

Ilustrasi Telemedisin. [Tumisu/Pixabay]Ilustrasi Telemedisin. [Tumisu/Pixabay]

2. Hemat Biaya Kesehatan

Telemedisin menawarkan cara yang lebih hemat biaya untuk mendapatkan layanan kesehatan. Dengan asuransi yang menanggung biaya telekonsultasi, pasien dapat menghemat uang yang biasanya dikeluarkan untuk transportasi dan biaya kunjungan ke rumah sakit. Selain itu, telemedisin memungkinkan pasien mendapatkan resep dan obat yang diantar langsung ke rumah, mengurangi kebutuhan untuk mengunjungi apotek secara langsung.

3. Penggunaan Asuransi yang Lebih Efisien

Asuransi kesehatan yang mencakup layanan telemedisin dapat meningkatkan efisiensi penggunaan limit asuransi rawat jalan. Berdasarkan studi kasus yang dilakukan oleh Good Doctor, peserta asuransi yang menggunakan telemedisin dapat menikmati layanan kesehatan hampir empat kali lebih banyak dalam setahun dibandingkan dengan mereka yang hanya menggunakan layanan kesehatan offline. Hal ini memungkinkan peserta asuransi mendapatkan lebih banyak manfaat dari polis mereka tanpa khawatir cepat mencapai batas limit asuransi.

Good Doctor, sebagai penyedia layanan kesehatan berbasis teknologi, percaya bahwa telemedisin adalah solusi untuk kebutuhan masyarakat modern. Kerja sama strategis dengan Across Asia Assist (AAA) memperkuat Good Doctor dalam menyediakan layanan klaim asuransi kesehatan yang efisien dan cashless.

Baca Juga: Baru Mulai Berasuransi di Usia 40 Tahun? Tak Ada Kata Terlambat, Ini Saran dari Perencana Keuangan

Chief Executive Officer PT Good Doctor Technology Indonesia, Danu Wicaksana, mengatakan layanan kesehatan berbasis teknologi dapat memaksimalkan manfaat rawat jalan peserta asuransi kesehatan. "Kolaborasi ini sekaligus menunjukkan bahwa inovasi teknologi dapat memenuhi kebutuhan peserta asuransi akan layanan kesehatan berkualitas dengan harga terjangkau melalui platform Good Doctor sekaligus kemudahan mengklaim manfaat rawat jalan melalui platform AAA," terangnya dalam keterangan yang diterima Suara.com.

Peserta asuransi hanya perlu menghubungkan kartu asuransi mereka dengan aplikasi Good Doctor untuk akses telekonsultasi dengan dokter setiap saat. Kemudahan ini menghilangkan hambatan dalam mendapatkan layanan kesehatan, mengurangi biaya transportasi, dan menyediakan obat langsung ke rumah.

"Kami menjalin kerja sama dengan Good Doctor karena kami melihat kesamaan visi dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi peserta asuransi kesehatan, baik individu maupun korporasi. Dengan Good Doctor, para peserta asuransi dapat menikmati layanan telemedisin berupa telekonsultasi dan pengantaran obat yang dapat menawarkan kemudahan manfaat rawat jalan mereka dengan praktis hanya dengan sentuhan ujung jari," tutup Vice President of Customer Success, Sophia Salawaty.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #jangan #disepelekan #alasan #utama #kenapa #asuransi #anda #harus #mencakup #telemedisin

KOMENTAR