Jangan Panik! Ini 6 Rekomendasi Minuman untuk Mengatasi Asam Lambung
Simak Enam Minuman untuk Mengatasi asam lambung (iStock)
17:36
11 Mei 2024

Jangan Panik! Ini 6 Rekomendasi Minuman untuk Mengatasi Asam Lambung

 

Gejala naiknya asam lambung bisa disebabkan oleh beragam faktor tak terkecuali minuman

Meski demikian, tidak semua minuman dapat memicu naiknya asam lambung. Sebaliknya beberapa minuman justru efektif untuk meredakan asam lambung.

Menurut a studi kasus tahun 2019, sering meminum air secara perlahan dapat membantu membersihkan asam dari kerongkongan.

Sementara, minuman seperti kopi, soda, dan jus asam dapat meningkatkan risiko atau keparahan gejala refluks.

Jadi, apa yang harus Anda minum? Berikut ini minuman yang dapat mengatasi asam lambung naik menurut Healthline yang dikutip oleh JawaPos.com, Sabtu (11/5):

  1. Teh herbal

Teh herbal dapat membantu melancarkan pencernaan dan meredakan masalah perut seperti gas dan mual. Coba gunakan pengobatan herbal yang dapat meredakan gejala gerd atau asam lambung naik, seperti jahe.

Namun, Anda mungkin ingin menghindari teh peppermint, karena teh mint dapat memicu gejala refluks asam pada beberapa orang.

  1. Susu rendah lemak atau skim

Bagi penderita intoleransi laktosa atau mereka yang mengalami peningkatan gejala refluks asam akibat mengkonsumsi produk susu, susu nabati mungkin bisa menjadi alternatif yang baik.

Tersedia berbagai macam produk antara lain:  susu kedelai, santan, susu gandum, susu almond

Susu kedelai dan susu nabati lainnya biasanya memiliki kandungan lemak lebih rendah dibandingkan kebanyakan produk susu, menjadikannya pilihan yang lebih aman bagi penderita  asam lambung dan gerd.

  1. Jus buah

Minuman jeruk dan minuman lain seperti jus nanas dan jus apel bisa sangat asam dan dapat menyebabkan gejala naiknya asam lambung. Jus yang kurang asam cenderung tidak memicu gejala GERD.

Jus dengan keasaman lebih rendah meliputi jus wortel, jus lidah buaya, jus kubis. Minuman segar yang dibuat dengan makanan yang tidak terlalu asam, seperti bit, semangka, bayam , mentimun atau pir.

  1. Smoothie

Smoothie adalah cara populer untuk memasukkan lebih banyak vitamin dan mineral ke dalam makanan Anda. Itu juga merupakan pilihan enak untuk penderita GERD.

Saat membuat smoothie, cobalah memasukkan buah-buahan dengan keasaman rendah yang sama yang membuat jus ramah refluks, seperti pir atau semangka.

Selain itu, coba tambahkan sayuran hijau seperti bayam atau kangkung untuk menambah nutrisi dan manfaat mengurangi refluks.

  1. Air

PH sebagian besar air adalah netral, atau 7,0, yang sedikit dapat meningkatkan pH lambung. Namun, air juga dapat membantu pencernaan dan motilitas makanan dari lambung hingga usus kecil. Ini dapat membantu mengurangi gejala refluks asam.

  1. Air kelapa

Air kelapa tanpa pemanis bisa menjadi pilihan bagus lainnya bagi penderita refluks asam atau GERD.

Minuman ini merupakan sumber elektrolit bermanfaat yang baik, seperti potasium. Ini juga meningkatkan keseimbangan pH dalam tubuh, yang sangat penting untuk mengelola refluks asam.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #jangan #panik #rekomendasi #minuman #untuk #mengatasi #asam #lambung

KOMENTAR