Si Kecil Terjangkit Malaria? Tenang, Begini Cara yang Tepat untuk Memberi Pertolongan Pertama
Nyamuk anopheles meski kecil dengan ukuran hanya sekitar enam milimeter, dianggap sebagai salah satu binatang berbahaya di dunia. (Centers for Disease Control/James Gathany)
06:57
9 Mei 2024

Si Kecil Terjangkit Malaria? Tenang, Begini Cara yang Tepat untuk Memberi Pertolongan Pertama

–Salah satu risiko tinggal di wilayah tropis adalah terkena penyakit malaria. Infeksi yang disebabkan gigitan nyamuk Anopheles.

Orang yang sudah pernah terkena malaria biasanya memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat. Tapi hal itu tidak terjadi pada anak yang sistem kekebalan tubuh belum begitu kuat.

Sebagai orang tua yang siaga, perlu diketahui cara memberi pertolongan pertama pada anak yang terjangkit malaria.

  1. Pastikan Anak Istirahat

Anak yang terjangkit malaria akan merasa tubuhnya lemas. Oleh sebab itu anak harus beristirahat untuk menghemat energi yang keluar karena tubuh membutuhkan energi untuk melawan penyakit.

  1. Jaga Suhu Tubuh

Berikan si kecil obat penurun demam, setelah itu kompres menggunakan air hangat. Malaria akan membuat penderita berkeringat sehingga anak perlu mengonsumsi banyak air agar tidak dehidrasi.

  1. Pakaikan Anak Baju yang Nyaman

Baju yang tipis dan longgar akan baik dikenakan si kecil karena tidak membuat tubuhnya semakin panas dan berkeringat. Sebaiknya pilih pakaian yang menutupi seluruh bagian tubuh untuk mengurangi risiko gigitan nyamuk lain.

  1. Pastikan Anak Mengonsumsi Makanan Bergizi

Tubuh anak secara otomatis akan berusaha melawan parasit malaria yang menyerang. Namun, dibutuhkan makanan yang sehat dan bergizi agar tubuh si kecil bekerja dengan maksimal.

  1. Segera Bawa Anak ke Dokter

Bagaimanapun, malaria adalah penyakit serius yang harus cepat ditangani. Berkonsultasi kepada dokter akan membuat orang tua mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat untuk anak.

Pertolongan pertama hanya untuk meredakan gejala sementara dan gejala malaria pada anak bisa bervariasi. Jika anak mengalami kejang, sesak napas, atau kehilangan kesadaran, segera hubungi ambulans.

Terdapat pula hal-hal yang tidak boleh dilakukan orang tua ketika anak terjangkit malaria:

  1. Memberikan Anak Aspirin

Aspirin dapat memperburuk kondisi anak yang dehidrasi akibat malaria. Aspirin memiliki efek diuretik ringan yang dapat meningkatkan keinginan buang air kecil pada anak.

  1. Memandikan Si Kecil dengan Air Dingin

Kondisi tubuh anak yang terkena malaria akan melemah dan salah satu gejalanya adalah menggigil. Mandi dengan air dingin dapat membuat si kecil semakin kedinginan.

  1. Memberi Obat tanpa Resep Dokter

Obat herbal maupun tradisional bisa jadi tidak efektif atau bahkan berbahaya bagi anak. Berikanlah si kecil obat atas diagnosis dan resep dari dokter setelah berkonsultasi.

Penyakit malaria sebetulnya dapat dicegah dengan cara mengoleskan obat nyamuk ke kulit anak, memakaikan si kecil pakaian yang menutupi kulit, dan menggunakan kelambu ketika tidur.

Selain itu, jika tinggal di daerah yang menjadi endemis malaria, orang tua dapat meminta resep obat antimalaria untuk anak kepada dokter sebagai upaya pencegahan.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #kecil #terjangkit #malaria #tenang #begini #cara #yang #tepat #untuk #memberi #pertolongan #pertama

KOMENTAR