Simak 7 Manfaat Ceker Ayam untuk Ibu Hamil, Kurangi Stress Hingga Tekanan Darah, Begini Kandungan Nutrisi
Salah satu hidangan ceker ayam bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil. (freepik)
22:32
28 Maret 2024

Simak 7 Manfaat Ceker Ayam untuk Ibu Hamil, Kurangi Stress Hingga Tekanan Darah, Begini Kandungan Nutrisi

Ceker ayam merupakan salah satu makanan yang sering dianggap remeh dan sepele oleh banyak orang tak terkecuali ibu hamil. Padahal secara ilmu kesehatan, ceker ayam memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan ibu hamil.

Adapun beberapa kandungan nutrisi yang dimiliki ceker ayam di antaranya energi, protein, lemak, kalsium, fosfor, natrium, zat besi, magnesium, kolin, vitamin A, E, dan folat.

Dilansir dari laman Dokter Sehat, ada 7 manfaat ceker ayam yang baik untuk menunjang kesehatan ibu hamil.

  1. Membantu mengurangi stres

Di dalam ceker ayam terdapat kandungan asam amino salah satunya arginin. Arginin sendiri sebenarnya asam amino yang bisa diproduksi dalam tubuh.

Di dalam tubuh arginin diubah menjadi nitric oxide yang mampu menghambat produksi hormon kortisol. Hormon ini yang menyebabkan gangguan stres. Sehingga stres bisa dikurangi.  

  1. Menjaga kadar gula dalam darah

Perempuan hamil rentan dengan penyakit diabetes gestasional yang artinya kondisi kadar gula yang naik hanya saat hamil saja.

Ceker ayam bisa menjadi pilihan bahan makanan yang dikonsumsi karena mampu menjaga kadar gula darah dengan menstimulasi hormon yang memicu produksi insulin.

  1. Mencegah tulang keropos

Ibu hamil rentan mengalami keropos pada tulang setelah proses persalinan. Untuk mencegah hal ini bisa mengonsumsi ceker ayam karena di dalamnya mengandung kolagen yang bisa meningkatkan jumlah mineral tulang dan menurunkan risiko tulang keropos.

  1. Menurunkan tekanan darah

Perempuan hamil rentang terkena preeklamsia yaitu sebuah kondisi komplikasi kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi dan adanya protein dalam urine.

Kandungan protein yang ada di dalam ceker ayam mampu membantu menurunkan jumlah renin plasma sehingga tekanan darah tetap normal.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Perempuan hamil harus selalu menjaga dan memperhatikan sistem imunitas tubuh. Hal ini bertujuan agar tidak mudah terkena penyakit yang ujungnya bisa mengganggu kesehatan janin.

Mengonsumsi ceker ayam sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena di dalamnya terdapat kandungan kalsium, magnesium, zinc, dan fosfor.

  1. Mengurangi sakit sendi

Kandungan kolagen yang terdapat pada ceker ayam mampu menstimulasi regenerasi jaringan untuk meredakan rasa sakit pada osteoarthritis.

  1. Mengatasi masalah pencernaan

Manfaat ceker ayam yang terakhir untuk ibu hamil yaitu mampu mengatasi masalah pencernaan. Perlu diketahui bahwa perempuan yang hamil rentang mengalami masalah pencernaan mulai dari sembelit hingga konstipasi.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #simak #manfaat #ceker #ayam #untuk #hamil #kurangi #stress #hingga #tekanan #darah #begini #kandungan #nutrisi

KOMENTAR