Sering Dianggap Jadi Pemicu Reumatik, 8 Fakta Mandi Malam Hari Memiliki Manfaat untuk Tubuh
ILUSTRASI MANDI (Dok. JawaPos.com)
12:36
16 Maret 2024

Sering Dianggap Jadi Pemicu Reumatik, 8 Fakta Mandi Malam Hari Memiliki Manfaat untuk Tubuh

- Mandi malam adalah kebiasaan yang kerap kali diperdebatkan terkait dampaknya pada kesehatan tubuh. Mandi malam sering dikaitkan sebagai penyebab reumatik. Rupanya mandi di malam hari memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Padahal penelitian terkait mandi di malam hari sudah banyak dilakukan. Berikut adalah temuan dari penelitian dan fakta terkait mandi malam:

1. Mandi Malam Tidak Berbahaya

Meskipun banyak orang percaya bahwa mandi di malam hari berbahaya, tetapi hingga kini belum ada bukti ilmiah yang sepenuhnya mengonfirmasi hal tersebut.

Penelitian terkait dampak buruk mandi malam masih terbatas. Meskipun demikian, ini bukan berarti boleh menyepelekan begitu saja tentang dampak buruk yang mungkin terjadi jika melakukan aktivitas ini secara sembarangan.

2. Mitos Reumatik

Beberapa orang mengaitkan mandi malam dengan risiko penyakit reumatik. Namun, itu hanyalah mitos. Sebenarnya, mandi malam dengan air hangat justru dapat membantu meredakan gejala reumatik.

Bagi orang dewasa, mandi malam dengan air hangat atau mandi biasa dapat membantu mengurangi nyeri otot setelah beraktivitas sehari-hari.

Dilansir dari laman Kemenkes, reumatik atau rheumatoid arthritis adalah penyakit yang ditandai dengan nyeri dan peradangan pada sendi. Kondisi ini merupakan penyakit autoimun, yakni kondisi ketika sistem imun pada tubuh seseorang menyerang sel-sel tubuhnya sendiri.

Dalam hal ini, area persendian adalah area yang diserang oleh sistem imun pengidap reumatik. Akibatnya, peradangan kronis dan rasa nyeri yang hebat pada sendi-sendi yang terserang pun terjadi. Gejala biasanya menyakitkan, kronis, dan progresif, yang berarti semakin memburuk dari waktu ke waktu.

Diagnosis dan pengobatan dini dapat memperlambat perkembangan penyakit reumatik. Rematik sering kali dikelompokkan dalam penyakit radang sendi atau arthritis. Namun, reumatik sendiri sebenarnya juga mencakup banyak kondisi lain, seperti rheumatoid arthritis, osteoarthritis, sindrom Sjögren, ankylosing spondylitis, dan lupus.

3. Manfaat Tidur Lebih Nyenyak

Mandi dengan air hangat sebelum tidur dapat membantu tubuh rileks dan bersiap untuk tidur. Suhu tubuh yang turun setelah mandi hangat dapat memicu rasa kantuk dan membantu tidur lebih nyenyak.

4. Merilekskan Otot

Mandi malam juga dapat membantu merilekskan otot yang tegang setelah seharian beraktivitas. Air hangat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi ketegangan otot.

5. Membersihkan Kulit

Mandi malam membersihkan kotoran dan minyak yang menempel pada kulit kita sepanjang hari. Ini membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah masalah kulit seperti jerawat.

6. Pentingnya Suhu Air

Meskipun mandi malam memiliki manfaat, penting untuk memperhatikan suhu air. Air terlalu panas dapat mengeringkan kulit. Air terlalu dingin mungkin tidak nyaman. Pilih suhu air yang nyaman.

7. Perhatian untuk Bayi dan Anak-Anak

Mandi malam tidak disarankan untuk bayi yang sangat kecil karena risiko hipotermia. Namun, untuk anak-anak yang lebih besar, mandi malam dapat membantu mereka bersantai sebelum tidur.

8. Mandi Malam Hari Bantu Turunkan Tekanan Darah

Suatu penelitian di Jepang menjelaskan bahwa mandi air hangat sebentar saja sudah dapat membantu menurunkan tekanan darah, terutama untuk orang tua. Perlu dicatat, mandi malam hari dengan air hangat ini tidak serta merta dapat menyembuhkan penyakit darah tinggi. Mandi malam dengan air hangat dapat menurunkan tekanan darah setidaknya sekitar 120 menit setelah mandi.

Ketika mandi di malam hari, hindari air yang terlalu panas. Disarankan untuk menggunakan air hangat ketika mandi malam. Air panas justru membuat kulit kering dan tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk kembali ke suhu tubuh basal, yakni sekitar 60-90 menit.

Waktu Ideal Mandi pada Malam Hari

Salah seorang Ners menjelaskan bahwa mandi lebih dari 2 jam atau lebih sebelum tidur dapat menimbulkan rasa kantuk lebih cepat. Namun, tidak terlalu efektif untuk membuat cepat tidur.

Disarankan untuk mandi kurang dari 2 jam sebelum tidur. Jauh lebih baik jika tidak melebihi pukul 8 malam. Lebih cepat mandi tentu akan mempengaruhi jam tidur juga.

Perlu diingat bahwa setiap orang memiliki preferensi dan kondisi tubuh yang berbeda-beda. Oleh karena itu, perlu memahami kondisi tubuh masing-masing apakah merasa nyaman untuk mandi di malam hari. Jika memiliki keluhan kesehatan tubuh tertentu tetap harus konsultasi kepada ahli.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #sering #dianggap #jadi #pemicu #reumatik #fakta #mandi #malam #hari #memiliki #manfaat #untuk #tubuh

KOMENTAR