5 Manfaat Luar Biasa Konsumsi Kurma saat Berbuka Puasa, Salah Satunya Menyehatkan Sistem Pencernaan
Ilustrasi beberapa jenis kurma. Sumber foto: Freepik
14:46
15 Maret 2024

5 Manfaat Luar Biasa Konsumsi Kurma saat Berbuka Puasa, Salah Satunya Menyehatkan Sistem Pencernaan

 

Ramadhan berada di antara bulan bulan Sya'ban dan Syawwal, bulan kesembilan dalam kalender Hijriah dan terjadi selama 29 atau 30 hari, tergantung pada penampakan hilal.

Selama Ramadhan, umat Islam melakukan berbagai ibadah untuk memperoleh pahala sebanyak-banyaknya melalui puasa, berdoa, sedekah, tadarus Al-Quran, zakat, salat tarawih, dan lainnya.

Selama berpuasa, umat Islam makan di waktu sahur dan ketika azan Subuh berkumandang menjadi tanda untuk menahan makan, minum, merokok dan kebutuhan fisik lainnya hingga matahari terbenam atau azan Magrib.

Selama Ramadhan, umat Islam tidak mengonsumsi makanan dan minuman dari fajar hingga matahari terbenam.

Hal ini bisa membuat mereka merasa lemas, sedangkan kurma kaya akan protein yang bisa memberikan energi dan kekuatan instan pada tubuh.

Selain protein, kurma juga kaya akan serat, zat besi, vitamin, mineral, natrium dan kalium membantu menjaga tubuh tetap bugar dan sehat.

Dikutip dari NU Online, Jumat (15/3), berikut beberapa manfaat lain memakan kurma saat berbuka puasa:

1. Mudah dicerna

Saat berpuasa, perut kosong selama beberapa jam dan metabolisme tubuh berjalan lebih lambat dari biasanya. Perut akan membutuhkan waktu beradapatasi untuk menerima makanan setelah berbuka.

Oleh karena itu, pilihlah makanan yang mudah dicerna seperti kurma sehingga perut tidak kaget dan lelah akibat harus bekerja keras ketika menerima makanan lain.

Selain mudah dicerna, kurma akan mengaktifkan pelepasan enzim dan cairan pencernaan dalam perut. Tubuh juga jadi lebih berenergi dan siap untuk menjalankan fungsinya.

2. Menyediakan energi secara cepat 

Sering merasa lemas atau pusing saat berpuasa? Hal ini bisa disebabkan oleh rendahnya kadar gula saat perut kosong dan beristirahat selama beberapa jam.

Untuk menormalkan kadar gula darah dan mengembalikan energi, orang seringkali berbuka dengan minuman atau makanan manis.

Sayangnya, banyak di antara mereka justru memilih makanan tak sehat atau karbohidrat sederhana yang mengakibatkan lonjakan glukosa dan meningkatkan nafsu makan. Kurma bisa menjadi alternatif makanan berbuka yang lebih sehat.

Gula alaminya dapat segera ditransfer ke liver dan diubah menjadi energi lebih cepat dari nutrisi lainnya. Nafsu makan juga lebih terkontrol karena tingginya serat pangan yang dimiliki kurma. 

3. Menyehatkan sistem pencernaan 

Perubahan jam makan dan kurangnya asupan serat selama berpuasa menyebabkan berbagai masalah pencernaan. Konsumsi beberapa kurma secara teratur saat berbuka dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Serat pangannya melancarkan pencernaan dan membersihkan usus dari racun serta zat berbahaya lainnya. Sifat lakasatifnya mencegah sembelit yang sering terjadi saat berpuasa.

Kurma juga menstimulasi perkembangan bakteri baik dan menghambat pertumbuhan organisme pengganggu di usus.

Sementara itu, asam aminonya ikut bantu melancarkan pencernaan dan meningkatkan penyerapan nutrisi oleh tubuh. 

4. Menormalkan keasamaan darah 

Kadar keasaman darah seringkali meningkat saat tubuh membakar cadangan lemak sebagai sumber energi utama saat berpuasa.

Di fase ini, mulut akan mengeluarkan bau tidak sedap dan tubuh merasa kelelahan. Namun, konsumsi daging dan karbohidrat berlebih yang sering terjadi saat berbuka puasa semakin meningkatkan keasaman darah.

Dalam jangka panjang, kelebihan asam ini menyebabkan penyakit herediter seperti diabetes, encok, infeksi saluran kencing, tekanan darah tinggi, dan hemoroid.

Konsumsi beberapa butir kurma saat berbuka bisa bantu mengatasinya karena kurma mengandung garam alkalin yang dapat menormalkan keasaman darah. 

5. Mencukupi kebutuhan nutrisi 

Kurma mengandung berbagai vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang bermanfaat untuk kesehatan. Konsumsi kurma disertai dengan pola makan sehat akan bantu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selama berpuasa.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #manfaat #luar #biasa #konsumsi #kurma #saat #berbuka #puasa #salah #satunya #menyehatkan #sistem #pencernaan

KOMENTAR