Merasakan Depresi yang Berat Akan Beban Pikiran? Yuk Simak 7 Cara untuk Mengatasinya
Ilustrasi seorang pria sedang mengalami depresi. (Euspert/Jessica Maggi )
07:42
2 Maret 2024

Merasakan Depresi yang Berat Akan Beban Pikiran? Yuk Simak 7 Cara untuk Mengatasinya

Untuk mengatasi depresi, ada baiknya mengetahui faktanya. Depresi adalah suatu kondisi medis dan bukan “kemalasan” atau respons sementara terhadap kesedihan dan/atau keputusasaan yang normal.

Depresi dapat menguras energi, harapan, dan motivasi, sehingga sulit mengambil langkah-langkah yang akan membantu diri menjadi lebih baik.

Kadang-kadang, dengan hanya memikirkan hal-hal yang harus dilakukan untuk merasa lebih baik, seperti berolahraga atau menghabiskan waktu bersama teman-teman, terasa begitu melelahkan atau mustahil untuk dilakukan.

Namun, jangan khawatir, dengan informasi yang kami lansir dari NHS ini, maka depresi anda bisa dikurangi begitu banyak jika mengikuti beberapa cara berikut.

1. Selalu jaga hubungan

Salah satu hal terpenting dari menangani depresi adalah dengan menjaga hubungan anda dengan teman dan keluarga.

Disarankan jangan memutusnya, karena melakukan sosialisasi dapat meningkatkan mood dan memberikan anda kesempatan untuk mengajak seseorang berbicara dikala anda sedang sedih.

2. Jadi lebih aktif

Cara lainnya adalah dengan mencoba untuk tetap aktif, yaitu dengan mencoba olahraga.

Namun olahraga yang dilakukan jangan terlalu berat, lakukan olahraga ringan saja, apalagi bagi mereka yang tidak terbiasa berolahraga.

Olahraga ringan yang disarankan adalah dengan berjalan kaki selama 20 menit tiap hari dan olahraga juga sudah terbukti dapat membantu menaikkan mood seseorang yang membuat mereka menjadi lebih cerah dan semangat.

3. Hadapi apa yang ditakuti

Jika ada hal yang dirasa sulit, maka jangan dihindari tapi hadapi saja dengan berani.

Memang tak bisa dipungkiri bahwa menghadapi hal yang ditakuti itu tidaklah mudah, namun dengan menghadapi dan menaklukan ketakutan sendiri, maka anda bisa mengurangi tingkat depresi.

4. Jangan terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol

Tak jarang seseorang menangani atau menyembunyikan depresi yang dimiliki dengan mabuk minum alkohol.

Namun meskipun begitu, alcohol tetap tak bisa menjadi solusi yang tepat untuk menangani depresi karena hanya bersifat sementara dan kemungkinan terburuknya bisa membuat seseorang menjadi lebih depresi dari sebelumnya.

5. Coba makan-makanan yang menyehatkan

Saat sedang merasa depresi, orang tidak mempunyai nafsu makan dan terkadang hal itu bisa diwajarkan namun juga dikhawatirkan karena berat badan anda bisa berkurang drastis dan hal itu tidak baik.

Pil anti-depresi bisa menjadi penggantinya, namun salah satu solusi terbaik adalah dengan mengonsumsi makanan sehat agar tubuh tidak kekurangan berat badan dan malah bisa menjadi sehat serta gemuk dari itu.

6. Tetapkan rutinitas

Dengan menerapkan rutinitas pada diri anda, maka itu bisa mengurangi tingkat depresi, karena jika mood menurun karena depresi, banyak efek samping yang membuat seseorang malah akan menjadi semakin depresi.

Salah satu contohnya adalah ketika bangun tidur, cobalah bangun tidur tepat waktu dan tanpa menunda-nunda.

Lalu jika dalam urusan makanan, disarankan untuk selalu rutin makan tiga kali sehari, dan akan lebih baik bila makanan yang dikonsumsi dimasak sendiri.

7. Cari bantuan dari orang lain

Jika anda masih merasa depresi selama beberapa minggu, maka disarankan untuk mencari bantuan pada psikolog dan sejenisnya untuk menanganinya. Perawatan untuk depresi termasuk terapi bicara dan anti-depresi.

Anda dapat merujuk diri sendiri untuk terapi bicara seperti terapi perilaku kognitif (CBT) atau konseling pada dokter atau pihak rumah sakit yang terkait agar depresi yang anda punya menjadi lebih berkurang hingga membuat diri anda merasa lebih nyaman.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #merasakan #depresi #yang #berat #akan #beban #pikiran #simak #cara #untuk #mengatasinya

KOMENTAR