Benarkah Air Garam Ampuh Atasi Sariawan? Simak Fakta dan Cara Mengobatinya Menurut Keterangan Ahli!
Ilustrasi perempuan hendak berkumur air garam. (Pexels/Arnie Watkins)
17:59
26 Pebruari 2024

Benarkah Air Garam Ampuh Atasi Sariawan? Simak Fakta dan Cara Mengobatinya Menurut Keterangan Ahli!

– Sariawan adalah luka yang terdapat dalam mulut dan meninggalkan rasa sakit dan tidak nyaman. Biasanya, sariawan yang terjadi pada dalam mulut berbentuk oval atau bulat dan sering terlihat pada bagian dalam pipi, bibir, permukaan gusi serta lidah.

Meskipun sariawan dapat sembuh sendiri tanpa pengobatan, rasa tidak nyaman yang ditimbulkannya mungkin membuat Anda ingin segera menghilangkannya. Nah, salah satu cara yang banyak dipilih untuk mengatasi sariawan adalah dengan air garam

Apakah cara alami untuk mengatasi sariawan menggunakan air garam terbukti ampuh? Berikut penjelasannya dikutip dari laman Health Direct, Senin (26/2).

Apakah Air Garam Bisa Digunakan untuk Menyembuhkan Sariawan?

Menurut artikel dari laman Health Direct, Meskipun tidak secara langsung, air garam memang bisa membantu menyembuhkan sariawan. 

Berkumur dengan air garam akan meredakan rasa sakit karena sariawan sekaligus mengurangi risiko infeksi bakteri di sekitar luka. 

Infeksi bakteri memang diketahui menjadi salah satu penyebab sariawan. Nah, garam bisa mencegah infeksi bakteri berkat sifat antibakteri yang dimilikinya.

Namun, sebaiknya jangan langsung menempelkan garam pada luka sariawan. Akan lebih baik Anda membuatnya menjadi obat kumur terlebih dahulu. Ini lantaran luka sariawan yang dikasih garam secara langsung akan terasa semakin perih.

Cara Berkumur dengan Air Garam untuk Atasi Sariawan

Mengutip dari laman Health Direct, berikut adalah cara membuat obat kumur untuk sariawan menggunakan garam.

- Larutkan satu sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat.

- Gunakan larutan air garam untuk berkumur selama 1–2 menit.

- Pastikan bagian luka sariawan selalu terkena larutan garam.

- Buang air garam yang sudah Anda gunakan untuk berkumur.

- Ulangi sebanyak 3–4 kali sehari.

Jika sariawan tidak juga membaik atau bahkan semakin memburuk setelah dua minggu berkumur dengan cara tersebut, segera hubungi dokter. 

Pada beberapa kasus, sariawan yang tidak kunjung sembuh mungkin saja menandakan masalah kesehatan yang lebih serius.

Selain berkumur dengan larutan garam, Anda sebaiknya juga lebih berhati-hati saat menyikat gigi supaya tidak membuat luka sariawan semakin memburuk.

Itulah penjelasan dan fakta tentang air garam yang ampuh atasi Sariawan. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda mengatasi sariawan dan menjaga kesehatan mulut Anda.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #benarkah #garam #ampuh #atasi #sariawan #simak #fakta #cara #mengobatinya #menurut #keterangan #ahli

KOMENTAR