Raih Berat Tubuh Ideal Tidak Perlu Diet Ribet dan Rumit, Berikut Penjelasan Ahli Gizi Masyarakat
Ilustrasi program diet. (Freepik)
13:50
23 Februari 2024

Raih Berat Tubuh Ideal Tidak Perlu Diet Ribet dan Rumit, Berikut Penjelasan Ahli Gizi Masyarakat

 - Dr. Tan Shot Yen, seorang ahli gizi masyarakat, menyatakan bahwa untuk mendapatkan berat tubuh yang ideal, tidak perlu melakukan diet yang rumit.

Menurutnya, cukup dengan pola makan tiga kali sehari dengan porsi yang sesuai dan berkualitas baik.

Dalam sebuah siaran ‘Kemencast #63 - Gizi Tepat Berdasarkan Usia’ di Jakarta, Dr. Tan menjelaskan konsep pola makan yang sehat.

Dia menekankan pentingnya sarapan pagi, makan siang teratur, dan makan malam yang diikuti dengan puasa hingga pagi hari sebagai bentuk intermittent fasting.

"Misal nih, sarapan jam berapa? Setengah tujuh, sebelum berangkat kantor jam 6. Ya, bangun pagi sarapan ya kan. Kemudian anda makan siang nih, teratur ya. Jam 12, jam 1. Lalu kemudian makan malam, habis Shalat Maghrib dan dari maghrib tidak makan lagi sampai besok pagi, itu bukannya intermittent fasting?" ujarnya.

Dr. Tan juga mengulas tentang pentingnya mengetahui kebutuhan tubuh dan menekankan bahwa masalah sering kali muncul dari kebiasaan jajan yang berlebihan.

Dia merujuk pada konsep ‘Isi Piringku’ yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan, di mana 50 persen porsi makanan harus terdiri dari sayur dan buah-buahan, dan sisanya adalah karbohidrat dan protein.

Selain itu, Dr. Tan menjelaskan bahwa terdapat empat pilar gizi seimbang, yaitu makanan yang beragam, olahraga yang cukup, pola hidup yang bersih dan sehat, serta pengukuran berat badan secara berkala.

Dia juga menyoroti pentingnya olahraga dalam menjaga sensitivitas insulin dan menekankan pentingnya konsistensi dalam menjalani gaya hidup sehat.

"Nah, problem dari orang yang menjalankan suatu jalan hidup, kalau dia nggak bisa melihat hasil, hanya melihat itu sebagai suatu siksaan, suatu kungkungan, tentu tidak akan berjalan," katanya.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #raih #berat #tubuh #ideal #tidak #perlu #diet #ribet #rumit #berikut #penjelasan #ahli #gizi #masyarakat

KOMENTAR