Dampak Buruk Bangun Tidur Langsung Main Handphone, Ketahui Alasan Bisa Pengaruhi Kesehatan Fisik dan Mental
Ilustrasi orang yang langsung bermain handphone ketika bangun tidur. (Freepik)
13:45
22 Oktober 2024

Dampak Buruk Bangun Tidur Langsung Main Handphone, Ketahui Alasan Bisa Pengaruhi Kesehatan Fisik dan Mental

Bangun tidur merupakan momen penting untuk memulai hari dengan energi positif. Namun, banyak orang yang langsung mengambil handphone begitu bangun. Kebiasaan ini terasa wajar, terutama di era digital yang serba terhubung.

Sayangnya, kebiasaan ini bisa membawa dampak buruk yang tidak selalu kita sadari. Penting untuk memahami efek negatif dari tindakan ini agar kita bisa memulai hari dengan lebih sehat. Menyadari dampak buruk ini dapat membantu kita mengubah kebiasaan menjadi lebih baik.

Dilansir dari Health Shots terdapat berbagai dampak buruk baik bagi kesehatan mental dan fisik dari bermain handphone setelah bangun tidur di pagi hari.

Dampak Buruk Bangun Tidur Main Handphone

Pusing dan Membuat Mata Lelah

Menatap layar handphone dalam waktu lama dapat menyebabkan mata lelah, merah, penglihatan kabur, dan mata kering. Selain itu, cahaya biru dari layar handphone dapat mengganggu produksi melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur.

Stres dan Cemas

Berbagai Informasi yang diterima dari notifikasi, pesan, dan media sosial setelah bangun tidur bisa membuat stres dan tertekan.

Menurunkan Kemampuan Sosial

Waktu yang terbuang karena dipakai bermain handphone pada pagi hari dapat berdampak akan kurangnya waktu untuk berinteraksi sosial secara langsung dengan orang lain.

Jika keterusan dapat menyebabkan kecanggungan sosial kondisi di mana seseorang merasa nggak nyaman saat berinteraksi dengan orang lain

Kecanduan

Saat membuka handphone pada pagi hari, dari mengecek notifikasi dan scrolling media sosial akan mendorong hormon dopamin atau hormon yang dapat meningkatkan suasana hati dapat menciptakan ketergantungan.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #dampak #buruk #bangun #tidur #langsung #main #handphone #ketahui #alasan #bisa #pengaruhi #kesehatan #fisik #mental

KOMENTAR