Catat! Ini 6 Kelompok Orang yang Dianjurkan Minum Air Kelapa, Cegah Masalah Kesehatan yang Serius
Manfaat Air kelapa. (freepik/lovelyday12)
15:04
21 Oktober 2024

Catat! Ini 6 Kelompok Orang yang Dianjurkan Minum Air Kelapa, Cegah Masalah Kesehatan yang Serius

 

Air kelapa adalah cairan jernih yang berasal dari kelapa hijau yang belum matang dari pohon cocos nucifera. Minuman alami ini telah dinikmati selama berabad-abad di daerah tropis seperti Indonesia, Filipina, Thailand, Asia Tenggara, dan Kepulauan Pasifik.

Baik dinikmati langsung dari buahnya atau dalam kemasan karton atau botol, air kelapa menawarkan profil nutrisi yang kaya serta berbagai manfaat kesehatan, seperti menyediakan elektrolit dan membantu menurunkan tekanan darah.

Inilah alasan mengapa air kelapa semakin populer di kalangan mereka yang mencari cara alami supaya tetap terhidrasi dan mendapat nutrisi. Dilansir dari eatingwell.com, berikut ini deretan kelompok orang yang dianjurkan minum air kelapa, bisa cegah risiko kesehatan yang buruk.

1. Orang dengan masalah tekanan darah

Melepas dahaga dengan air kelapa dapat memberikan manfaat positif bagi tekanan darahmu, berkat kandungan kaliumnya yang tinggi. Kalium berperan penting dalam menjaga tekanan darah yang sehat dengan merelaksasi dinding pembuluh darah dan mengimbangi efek natrium dalam tubuh.

Ketika kadar natrium terlalu tinggi, tubuh akan menahan lebih banyak air yang dapat meningkatkan volume darah dan tekanan darah. Kalium membantu ginjal mengeluarkan kelebihan natrium, sehingga mengurangi tekanan pada dinding pembuluh darah. Satu cangkir air kelapa mengandung 404 miligram kalium setara dengan jumlah yang ada dalam pisang berukuran sedang.

2. Orang yang baru saja berolahraga

Air kelapa sering disebut sebagai minuman olahraga alami, yang kaya akan elektrolit seperti kalium, natrium, magnesium, dan kalsium. Mineral-mineral ini sangat penting bagi kontraksi otot, transmisi saraf, dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Menurut Hannah Van Ark, elektrolit yang melimpah dari air kelapa menjadi pilihan untuk rehidrasi setelah kehilangan cairan dan elektrolit akibat penyakit atau keringat akibat aktivitas fisik. Menariknya, komposisi osmotiknya mirip dengan plasma manusia, menjadikannya minuman yang bisa mengembalikan elektrolit.

3. Lansia

Meskipun kalsium dan vitamin D terkenal sebagai penunjang kesehatan tulang, beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan dan minuman yang kaya kalium, seperti air kelapa juga berperan penting dalam meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang. Mineral ini bisa sangat bermanfaat dalam mencegah osteoporosis.

Selain mendukung keseimbangan elektrolit dan kesehatan jantung, kalium juga membantu mengatur keseimbangan asam-basa dalam tubuh. Ketika tubuh terlalu asam, ia akan melepaskan kalsium dari tulang untuk menetralkan asam berlebih yang dapat melemahkan tulang seiring waktu.

Namun, kalium dapat membantu mengembalikan keseimbangan asam-basa dan mencegah kehilangan kalsium dari tulang. Oleh sebab itu, pola makan yang kaya kalium dikaitkan dengan kepadatan mineral tulang yang lebih tinggi, terutama pada orang dewasa yang lebih tua.

4. Orang dengan gangguan pencernaan

Menyeruput air kelapa juga bisa bermanfaat bagi kesehatan ususmu. Manfaat ini terutama berasal dari kemampuannya dalam menghidrasi. Penelitian juga menunjukkan bahwa air kelapa punya sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang dapat mendukung mikrobioma usus, yaitu mikroba yang ada di usus.

Sebuah studi kecil menunjukkan bahwa air kelapa bisa membantu meredakan peradangan dan mungkin mendukung remisi pada kondisi pencernaan seperti kolitis ulseratif. Dengan demikian, air kelapa dapat menenangkan lapisan usus yang teriritasi dan memberikan kelegaan dari rasa sakit akibat gangguan pencernaan.

5. Penderita diabetes

Minum air kelapa secara teratur mampu membantu mengatur kadar gula darah. Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa air kelapa bisa mengelola diabetes dengan menurunkan gula darah, meningkatkan sensitivitas insulin, dan mengurangi stres oksidatif.

Manfaat ini kemungkinan berasal dari kandungan antioksidan, magnesium, dan asam amino L-arginin. Akan tetapi, diperlukan penelitian lebih lanjut pada manusia guna mengonfirmasi efek ini. Perlu diingat bahwa beberapa merek air kelapa mengandung gula tambahan yang dapat meningkatkan gula darah.

Meskipun begitu, air kelapa memiliki kadar gula yang lebih rendah dibandingkan minuman manis seperti soda. Maka dari itu, mengganti minuman manis dengan air kelapa bisa membantu menurunkan kadar gula darah bagi sebagian orang.

6. Penderita batu ginjal

Jika kamu pernah mengalami batu ginjal, kamu pasti menyadari betapa menyakitkannya kondisi tersebut. Batu ginjal terbentuk dari mineral dan garam yang mengkristal dan menumpuk di ginjal. Jenis batu ginjal yang paling umum meliputi batu kalsium oksalat, asam urat, struvite, dan sistin.

Walau penelitian masih dalam tahap awal, Van Ark mencatat bahwa sebuah studi kecil dengan delapan partisipan menunjukkan bahwa air kelapa dapat membantu mencegah batu ginjal dengan meningkatkan produksi sitrat dalam urin.

Penelitian ini menjadi hal yang baik, karena sitrat diketahui dapat mencegah pembentukan batu kalsium. Sayangnya, diperlukan penelitian yang lebih besar pada manusia untuk mengonfirmasi temuan ini.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #catat #kelompok #orang #yang #dianjurkan #minum #kelapa #cegah #masalah #kesehatan #yang #serius

KOMENTAR