Suka Makan Buah di Malam Hari? Ini 7 Buah yang Bermanfaat Buat Tidur Anda Lebih Nyenyak, Salah Satunya Pepaya
Ilustrasi pepaya. (Unsplash)
17:09
13 Oktober 2024

Suka Makan Buah di Malam Hari? Ini 7 Buah yang Bermanfaat Buat Tidur Anda Lebih Nyenyak, Salah Satunya Pepaya

Gangguan tidur merupakan masalah yang sering dialami banyak orang di seluruh dunia. Banyak orang kemudian mengonsumsi sejumlah obat untuk mengatasinya dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Padahal, ada buah-buahan yang sebaiknya dikonsumsi di malam hari untuk mengatasi masalah gangguan tidur yang Anda alami.   Mengonsumsi buah-buahan tertentu sebelum tidur dapat membantu Anda tertidur lebih cepat dan bangun dengan segar.  

  Banyak buah mengandung nutrisi dan senyawa yang mendukung tidur nyenyak. Misalnya, beberapa menyediakan mineral yang dapat merelaksasi otot seperti kalium dan magnesium.    Ada juga yang menyediakan triptofan, asam amino yang meningkatkan ketenangan dan rasa kantuk. Termasuk yang menyediakan dosis hormon tidur melatonin yang lembut.   Dikutip dari sleepbetterny.com, berikut beberapa buah yang baik dikonsumsi malam hari agar tidur Anda nyenyak.   

  1. Pisang   Pisang mengandung magnesium dan kalium untuk merelaksasi otot, ditambah triptofan untuk menenangkan otak yang bisa membuat tidur Anda semakin nyenyak.   Cobalah campurkan pisang dengan susu atau yogurt untuk membuat smoothie lembut sebelum tidur, atau iris pisang di atas roti panggang selai kacang favorit Anda.   2. Ceri    Ceri asam merupakan satu-satunya sumber makanan melatonin. Minumlah jus ceri asam atau tambahkan ceri beku ke dalam smoothie untuk cara lezat meningkatkan kadar melatonin sebelum tidur.   3. Nanas   Nanas baik dikonsumsi di malam hari sebelum Anda tidur. Nanas dan melatonin menyediakan vitamin C, magnesium, dan serat untuk meningkatkan kualitas tidur.   Nanas juga mengandung enzim yang disebut bromelain, yang meredakan peradangan dan meningkatkan relaksasi otot.  

  4. Kiwi   Buah kiwi telah menunjukkan efek yang mengesankan dalam meningkatkan kualitas tidur. Makan satu atau dua buah kiwi sebelum tidur telah meningkatkan kualitas dan durasi tidur bagi banyak orang.   Buah kiwi menawarkan vitamin C dan serotonin, dua nutrisi yang membantu Anda rileks dan melepas lelah di penghujung hari.   5. Jeruk   Buah yang kaya akan kandungan vitamin C ini juga mengandung gula alami yang dapat memberi Anda energi yang menenangkan di sore hari.    Nikmati segelas kecil jus jeruk atau jeruk segar sebagai bagian dari camilan malam Anda.   6. Pepaya   Pepaya sebaiknya dikonsumsi di malam hari ketika Anda hendak tidur.    Salah satu kandungan unik dalam pepaya adalah kolin, yaitu nutrisi yang mendukung fungsi otot dan aktivitas sistem saraf.    Anda juga akan mendapatkan jumlah kalium, folat, serta vitamin C dan E yang bermanfaat.  

  7. Apel   Apel segar adalah buah yang sebaiknya Anda konsumsi di malam hari. Buah ini bisa jadi camilan sempurna sebelum tidur. Serat dan gula alami pada apel dapat mencegah Anda terbangun di tengah malam dengan menjaga kadar gula darah tetap stabil.   Dikombinasikan dengan kebiasaan tidur yang baik ini, menambahkan satu atau lebih buah-buahan yang disebutkan di atas ke dalam rutinitas malam Anda dapat membuat perbedaan nyata dalam seberapa cepat Anda tertidur dan seberapa baik Anda tidur sepanjang malam. 

Editor: Banu Adikara

Tag:  #suka #makan #buah #malam #hari #buah #yang #bermanfaat #buat #tidur #anda #lebih #nyenyak #salah #satunya #pepaya

KOMENTAR