Rekomendasi Obat Totol Jerawat Pustula yang Dijual di Apotek, Jangan Sampai Salah Dosis
Ilustrasi perempuan yang wajahnya berjerawat. (Freepik)
10:50
8 Oktober 2024

Rekomendasi Obat Totol Jerawat Pustula yang Dijual di Apotek, Jangan Sampai Salah Dosis

- Jerawat inflamasi seperti pustula, terkadang sangat rentan pecah atau iritasi. Sehingga, butuh penanganan yang tepat agar tidak meninggalkan bekas maupun luka.

Pengobatan jerawat agar lebih cepat mengempis, biasanya diberi perawatan menggunakan obat totol ataupun acne patch. Keduanya sangat efektif untuk mempercepat penyembuhan acne.

Dilansir dari laman aad.org, secara umum untuk mengatasi tipe jerawat pustula yaitu dengan cara menggunakan produk jerawat yang mengandung benzoil peroksida atau salisilat.

Skincare yang mengandung benzoil peroksida dipercaya mampu mengatasi jerawat, biasanya terdapat pada sabun muka, krim, ataupun gel yang dijual bebas di pasaran.

Kandungan ini secara efektif mampu menghilangkan bakteri dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori kulit. Benzoil peroksida bekerja dengan baik untuk inflammatory acne, yaitu jerawat yang memiliki benjolan berisi nanah, seperti pustula, papula, kista, dan nodul.

Pastikan untuk menggunakan kandungan ini dengan kadar yang tepat, setiap orang memiliki toleransi yang berbeda terhadap suatu bahan, harus menyesuaikan kulit masing-masing.

Secara umum, banyak orang menggunakan produk perawatan wajah dengan kandungan tersebut sebanyak 4 persen saja. Namun, sebagian orang dapat juga dapat menoleransi kandungannya sebanyak 10 persen pada kulit mereka. Tapi hal ini tidak direkomendasikan karena sifat benzoyl peroxide yang cukup keras.

Berdasarkan informasi yang telah secara medis oleh dr. Owen Khumar, MD pada situs healthline.com, benzoil peroksida tidak direkomendasikan bagi mereka yang memiliki kulit sensitif, karena berisiko mengalami efek samping seperti ruam dan iritasi.

Dilansir pada laman alodokter.com, berikut rekomendasi produk obat totol yang mengandung benzoil peroksida ataupun asam salisilat yang dijual di apotek:

Acnes sealing jell
Acnol lotion
Benzolac gel
Benzolac CL 5 persen

Namun, apabila setelah memakai produk dengan kandungan tersebut wajahmu mengalami beberapa gejala iritasi, sebaiknya hentikan pemakaian dan segeralah melakukan konsultasi ke dokter kulit.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #rekomendasi #obat #totol #jerawat #pustula #yang #dijual #apotek #jangan #sampai #salah #dosis

KOMENTAR