Perlu Diperhatikan! Ini 7 Alarm Tubuh Kekurangan Nutrisi, Bisa Picu Masalah Kesehatan yang Serius
Ilustrasi seseorang yang kekurangan nutrisi (Andrea Piacquadio/pexels.com)
18:42
7 Oktober 2024

Perlu Diperhatikan! Ini 7 Alarm Tubuh Kekurangan Nutrisi, Bisa Picu Masalah Kesehatan yang Serius

- Memastikan asupan nutrisi yang cukup bisa menjadi tantangan, terutama bagi orang dewasa yang lebih tua. Kamu mungkin tidak seaktif saat muda, sehingga membutuhkan lebih sedikit kalori.

Penelitian menunjukkan bahwa orang tua sering memerlukan lebih banyak nutrisi penting tertentu, seperti vitamin B dan kalsium.

Sayangnya, kekurangan gizi dan malnutrisi dapat berlangsung lama sebelum muncul tanda atau gejala fisik. Keadaan ini mempunyai beberapa indikator yang bisa diperhatikan.

Merangkum webmd.com, berikut beberapa alarm tubuh sedang kekurangan nutrisi yang bisa menimbulkan masalah kesehatan yang serius.

1. Kelelahan yang tidak diketahui penyebabnya

Kelelahan adalah efek samping umum dari kekurangan zat besi yang dapat menyebabkan anemia. Kondisi ini ditandai dengan rendahnya kadar sel darah merah dan dapat juga muncul warna pucat yang tidak normal.

Kelelahan berlebihan juga dapat disebabkan oleh kondisi lain, seperti penyakit jantung, depresi, atau masalah tiroid. Jika kamu merasa sangat lemah atau lelah, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Mereka mungkin akan meresepkan suplemen apabila kamu mengalami anemia.

2. Rambut rapuh dan kering

Rambut merupakan organ yang sebagian besar terdiri dari protein dan dapat menjadi indikator kekurangan nutrisi. Rambut yang rapuh mampu menunjukkan kekurangan asam lemak esensial, protein, zat besi, dan nutrisi lainnya.

Kerontokan rambut adalah hal yang biasa seiring bertambahnya usia, tetapi jika terjadi dengan kecepatan yang tidak wajar, mungkin ada kekurangan nutrisi. Setelah dokter menyatakan keadaan ini, kamu bisa mengatasinya dengan makanan dan suplemen yang kaya nutrisi.

3. Kuku berbentuk sendok atau beralur

Kuku juga bisa berfungsi sebagai tanda awal dari pola makan yang tidak memadai. Kuku berbentuk sendok yang melengkung ke atas dari dasar seperti sendok, dapat menjadi indikator anemia akibat kekurangan zat besi.

Apabila kamu mengalami anemia defisiensi zat besi, dokter mungkin akan merekomendasikan suplemen zat besi dan makanan kaya zat besi, seperti hati dan kerang, termasuk remis, tiram, dan kerang hijau.

4. Masalah mulut

Retakan atau peradangan di sudut mulut yang dikenal sebagai angular cheilitis, dapat menjadi tanda kekurangan riboflavin (B2) atau zat besi. Lidah yang pucat atau bengkak secara tidak normal juga menunjukkan kemungkinan kekurangan zat besi atau vitamin B.

Selain itu, sindrom mulut terbakar yang masih menjadi misteri bagi peneliti, bisa terjadi ketika kadar zat besi, seng, atau vitamin B turun di bawah level yang dibutuhkan.

Setelah mengetahui kekurangan nutrisi spesifik, masalah tersebut dapat diatasi dengan konsumsi makanan dan suplemen yang kaya nutrisi.

5. Diare

Diare kronis bisa menjadi tanda malabsorpsi yang berarti nutrisi tidak diserap secara baik oleh tubuh. Malabsorpsi dapat diakibatkan oleh infeksi, pembedahan, obat-obatan tertentu, konsumsi alkohol yang berlebihan, dan gangguan pencernaan seperti penyakit celiac atau penyakit Crohn.

6. Apatis atau mudah tersinggung

Perubahan suasana hati yang tidak dapat dijelaskan, seperti apatis atau mudah tersinggung bisa menjadi gejala kondisi medis serius seperti depresi. Akan tetapi, perubahan ini juga bisa menunjukkan bahwa tubuhmu tidak mendapatkan energi yang cukup.

7. Kurangnya nafsu makan

Seiring bertambahnya usia, nafsu makan sering berkurang dan indra pengecap mungkin kehilangan kepekaan. Jika kamu juga menjadi kurang aktif, maka kemungkinan memerlukan lebih sedikit kalori. Beberapa obat juga bisa menurunkan nafsu makan.

Banyak faktor yang dapat menimbulkan penurunan nafsu makan pada orang yang lebih tua, termasuk penyakit serius, depresi, obat-obatan tertentu, dan demensia. Apabila kamu sering melewatkan makan sebab tidak merasa lapar, maka perlu dikonsultasikan dengan dokter.

Tes darah dapat membantu menentukan apakah kamu mengalami kekurangan nutrisi tertentu. Selain itu, ahli diet terdaftar dapat menilai asupan makanan supaya bisa mengetahui kekurangan nutrisi yang dialami.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #perlu #diperhatikan #alarm #tubuh #kekurangan #nutrisi #bisa #picu #masalah #kesehatan #yang #serius

KOMENTAR