Jerawat Batu Ternyata Disebabkan Kebiasaan Buruk, Berikut 5 Penyebab Nodulokistik di Wajah
Ilustrasi wajah perempuan berjerawat.(Dokumen Mureeskin Clinic)
12:08
7 Oktober 2024

Jerawat Batu Ternyata Disebabkan Kebiasaan Buruk, Berikut 5 Penyebab Nodulokistik di Wajah

- Jerawat merupakan salah satu penyebab berkurangnya kepercayaan diri seseorang. Masalah kulit ini menyerang tidak mengenal usia, gender, bahkan wilayah. Semua orang pasti pernah mengalaminya.

Jenisnya pun beragam, tiap orang akan memiliki jerawat yang berbeda-beda. Tergantung dengan jenis kulit, kebiasaan, dan pola hidupnya. Beberapa hal berikut bisa menyebabkan jerawat, misalnya kebiasaan sering begadang, pola makan tidak sehat, serta jarang melakukan aktivitas fisik.

Perempuan yang sedang dalam siklus haid juga berisiko mengalami masalah kulit ini akibat adanya ketidakstabilan hormon. Menurut jenisnya, jerawat dibagi menjadi dua, yaitu non inflammatory dan inflammatory acne.

Non inflammatory acne

Jerawat ini adalah yang paling umum terjadi serta terdiri dari blackheads dan whiteheads. Penyebab keduanya sama, yaitu penumpukan komedo akibat pori-pori yang tersumbat.

Inflammatory acne

Sedangkan tipe ini merupakan jerawat yang mengalami radang sehingga dapat menyebabkan kemerahan, bahkan benjolan berisi nanah.

Dilansir dari laman siloamhospitals.com, inflammatory acne dibagi menjadi beberapa jenis, meliputi:

Pustula
Papula
Kistik
Nodulokistik
Conglobata
Fulminans

Setiap acne memiliki ciri dan penyebab yang berbeda, tergantung pada jenis kulit dan kebiasaan masing-masing. Bahkan, produk perias wajah juga bisa menjadi penyebab terjadinya masalah kulit ini.

Proses pengempesan jerawat memerlukan waktu dan penanganan tepat. Kesalahan dalam perawatannya dapat menyebabkan adanya acne spot berupa bekas kehitaman/merah hingga bopeng di wajah. Salah satu yang perlu perhatian lebih adalah jenis nodulokistik (jerawat batu).

Berdasarkan informasi yang dikutip pada laman halodoc.com, berikut lima penyebab terjadinya jerawat batu:

Hormonal

Perempuan rawan mendapat tipe acne ini karena mereka sering mengalami perubahan hormon yang disebabkan beberapa faktor, meliputi:

Menstruasi
Kehamilan
Terapi hormon
Stres
Penggunaan pil KB
Produk kecantikan

Seringnya penggunaan skincare bisa menjadi penyebab jerawat batu jika tidak dibersihkan dengan baik. Selain itu, beberapa produk berupa krim yang berminyak juga jadi penyebabnya.

Mudah berkeringat

Orang dengan tingkat kelembaban/keringat tinggi lebih berisiko mengalami nodulokistik daripada mereka yang berkulit kering.

Riwayat keluarga

Jika salah satu orangtua atau bahkan keluargamu ada yang pernah mengalami jerawat batu, kamu mungkin saja membawa genetiknya. Sehingga sangat memungkinkan untuk mengalami hal serupa.

Kebersihan wajah

Apabila kamu jarang membersihkan wajah, apalagi setelah menggunakan riasan, hal ini tentu akan menjadi penyebab terjadinya masalah kulit, seperti jerawat batu.

Pastikan untuk selalu membersihkan wajah sebelum dan sesudah beraktivitas, baik di rumah maupun saat berkegiatan di luar ruangan.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #jerawat #batu #ternyata #disebabkan #kebiasaan #buruk #berikut #penyebab #nodulokistik #wajah

KOMENTAR