Benarkah Bisa Menyebabkan Gangguan Mental? Simak 4 Dampak Buruk Kurang Minum Air Putih untuk Kesehatan!
ilustrasi air putih. (Freepik)
15:05
27 September 2024

Benarkah Bisa Menyebabkan Gangguan Mental? Simak 4 Dampak Buruk Kurang Minum Air Putih untuk Kesehatan!

 

Air putih merupakan cairan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tapi masih banyak orang menyepelekan seberapa banyak air putih yang harus dikonsumsi setiap harinya.

Mengutip dari website Halodoc, kandungan air pada tubuh manusia mencapai 60-70% dari berat tubuh. Dengan begitu, kita perlu menjaga terpenuhinya kebutuhan air agar tidak menimbulkan masalah kesehatan.

Banyak yang tidak menyadari bahwa kekurangan air putih dapat mempengaruhi berbagai sistem penting dalam tubuh. Kesibukan dan aktivitas yang padat biasanya menjadi alasan kurang diperhatikannya asupan cairan ini.

Selain itu, banyaknya pilihan minuman rasa, juga menjadi alasan makin sedikitnya konsumsi air putih. Karena minuman dengan berbagai varian rasa memang lebih nikmat untuk dikonsumsi daripada air putih yang hambar.

Namun, kita harus memahami seberapa penting air putih bagi tubuh kita. Karena, nyatanya terdapat beberapa dampak buruk yang akan ditumbulkan untuk kesehatan ketika kita kurang minum air putih, antara lain:

1. Dehidrasi

Dehidrasi merupakan kondisi dimana tubuh kehilangan cairan lebih banyak daripada yang dikonsumsi. Hal tersebut tentu bisa terjadi ketika kita kurang minum air putih.

Rasa haus yang berlebihan, kulit kering, dan sakit kepala merupakan gejala-gejala dari dehidrasi. Selain itu, dehidrasi membuat kita mudah merasa lelah dan lemah.

Kemampuan tubuh juga menurun akibat kurangnya cairan yang berfungsi untuk mengedarkan darah dari pembuluh ke organ lain. Ketika itu terjadi, tubuh menjadi tidak bisa berfungsi dengan maksimal.

Dikutip dari kesehatan mental seperti kecemasan dan depresi.

4. Meningkatkan Risiko Stroke

Dampak buruk lain dari kurang minum air putih adalah menurunnya fungsi sistem kardiovaskular pada tubuh. Dikutip dari website Telemed, hal ini terjadi ketika darah menjadi lebih kental akibat kurangnya cairan.

Hal tersebut membuat jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh, sehingga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Mengacu pada penelitian dari BMC Cardiovascular Disorders, kekurangan cairan atau dehidrasi dapat meningkatkan risiko terjadinya stroke dan membuat seseorang lebih lama untuk sembuh jika sudah mengalaminya.

Itulah beberapa dampak buruk kurangnya konsumsi air putih untuk kesehatan. Setiap orang memiliki kebutuhan air putih yang berbeda tergantung pada usia, aktivitas fisik, dan kondisi kesehatan.

Namun, sebagai acuan, disarankan untuk mengonsumsi minimal 8 gelas air putih setiap hari. Sebaiknya kita senantiasa memastikan asupan air putih tercukupi, agar fungsi organ di seluruh tubuh bisa berfungsi dengan maksimal.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #benarkah #bisa #menyebabkan #gangguan #mental #simak #dampak #buruk #kurang #minum #putih #untuk #kesehatan

KOMENTAR