Ini Dia 6 Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan, Salah Satunya Dapat Mencegah Penuaan Dini
6 Manfaat Konsumsi Buah Kesemek untuk Kesehatan./Tangkap Layar YouTube Kunci Sehat
17:45
26 September 2024

Ini Dia 6 Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan, Salah Satunya Dapat Mencegah Penuaan Dini

Kesemek merupakan buah yang memiliki rasa yang manis, seperti madu. Meski cenderung berukuran kecil, buah ini memiliki banyak sekali kandungan gizi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Buah kesemek dapat kamu konsumsi secara langsung atau kamu dapat mengolesi garam terlebih dahulu agar rasa sepat pada buah ini bisa hilang.

Perlu diketahui bahwa buah kesemek memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Berikut ini merupakan enam manfaat buah kesemek untuk kesehatan yang dilansir dari akun YouTube Kunci Sehat pada Kamis (26/9).

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat pertama dari buah kesemek, yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena buah kesemek mengandung vitamin C yang tinggi.

Kandungan vitamin C yang ada di dalam buah kesemek dipercaya dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan produksi sel darah putih yang berguna untuk melawan infeksi virus dan semacamnya.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Selanjutnya, yaitu dapat menjaga kesehatan mata karena buah kesemek mengandung vitamin A.

Selain itu, buah kesemek juga kaya akan antioksidan lutein dan zeaxanthin. Kedua kandungan tersebut berperan penting dalam menjaga kesehatan mata, menajamkan penglihatan mata, dan menjaga berbagai jenis penyakit mata.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buah kesemek dapat menjaga kesehatan pencernaan yang ada di dalam tubuh. Hal ini karena kandungan serat yang ada di dalamnya dapat membantu memadatkan feses. Sehingga dapat memindahkan makanan ketika melewati saluran pencernaan.

Selain itu, kandungan serat di dalam buah kesemek juga dapat meningkatkan sekresi cairan pencernaan dan menghilangkan gejala sembelit atau diare.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat selanjutnya, yaitu dapat menjaga kesehatan jantung karena buah kesemek mengandung antioksidan flavonoid dan tanin yang tinggi.

Kandungan tersebut dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah serta mengurangi peradangan.

Oleh karena itu, buah kesemek sangat baik untuk dikonsumsi agar dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

5. Menjaga Kesehatan Otak

Buah kesemek mengandung senyawa alami yang disebut fisetin, antioksidan yang memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan otak.

Senyawa fisetin terbukti mampu meningkatkan memori jangka panjang untuk mencegah kerusakan saraf dan mencegah penurunan kognitif terkait usia.

Tak hanya itu, fisetin juga diketahui bisa mengurangi kesehatan otak yang disebabkan oleh stroke. Selain itu, fisetin dapat bermanfaat untuk meningkatkan kadar hormon serotonin dalam tubuh. Sehingga bisa mengurangi gejala depresi.

6. Mencegah Penuaan Dini

Perlu diketahui bahwa stress oksidatif dapat menyebabkan penuaan dini yang ditandai dengan keriput, bintik-bintik penuaan, dan kelelahan.

Akan tetapi kandungan yang ada di dalam buah kesemek, seperti vitamin A, beta karoten, lutein, dan likopen dapat mengurangi stres oksidatif. Sehingga bisa menunda penuaan dini.

Itu dia informasi mengenai enam manfaat dari buah kesemek untuk kesehatan yang wajib untuk kamu ketahui.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #manfaat #buah #kesemek #untuk #kesehatan #salah #satunya #dapat #mencegah #penuaan #dini

KOMENTAR