7 Rekomendasi Tempat Wisata Religi di Jawa Timur, Ada Masjid dengan Konsep Ala Masjidil Haram di Makkah
Ilustrasi wisata religi./Pexels
10:07
17 Maret 2024

7 Rekomendasi Tempat Wisata Religi di Jawa Timur, Ada Masjid dengan Konsep Ala Masjidil Haram di Makkah

 

 

 – Memasuki Bulan Ramadhan tentu banyak kegiatan islami mulai dari ibadah di dalam rumah hingga mengunjungi tempat wisata religi, salah satunya di Jawa Timur.

Menjalani Bulan Ramadhan menjadi lebih elegan dengan mengunjungi tempat wisata religi di Jawa Timur mulai dari makam ulama hingga makam wali tentu bisa menambah kekuatan dan keteguhan iman.

Dilansir dari Beppeda Provinsi Jatim, Minggu (17/3), tempat wisata religi di Jawa Timur semakin meningkat dan laris manis.

Hal ini diperjelas dengan data yang menyatakan bahwa obyek wisata religi yang paling banyak dikunjungi adalah makam sunan bonang di Tuban dengan total pengunjung per tahun 2.078.453 orang.

Untuk lebih lengkapnya, berikut 7 rekomendasi tempat wisata religi di Jawa Timur yang wajib dikunjungi.

  1. Masjid Namira Lamongan

Salah satu wisata religi di Jawa Timur adalah Masjid Namira yang terletak di Jalan Raya Lamongan- Mantup, Jl. Kramat Jaya, Sanur, Jotosanur, Kecamatan Tikung.

Dilansir dari laman Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lamongan, Masjid Namira merupakan satu satunya masjid di Indonesia yang desainnya menggunakan konsep ala Masjidil Haram di Makkah. Hal ini didukung dari adanya sebuah kain kiswah besar di dalam masjid.

Perlu kita ketahui bahwa kain kiswah tersebut yang biasanya digunakan sebagai kain penutup di Ka’bah.

  1. Makam Sunan Drajat

Obyek wisata religi di Jawa Timur yang tidak boleh terlewat dikunjungi yaitu Makam Sunan Drajat. Sunan Drajat merupakan putera dari Sunan Ampel dengan Nyai Ageng Manila.

Saat berkunjung ke Makam Sunan Drajat kita bisa sekalian ke Museum Sunan Drajat yang nantinya bisa belajar mengenai peninggalan sejarah Sunan Drajat.

  1. Makam Syekh Maulana Ishaq

Makam Syekh Maulana Ishaq terletak di Pantura Lamongan, tepatnya di Desa Kemantren, Kecamatan Paciran. Berbeda dengan lainnya, obyek wisata religi yang satu ini menyuguhkan pemandangan yang indah karena lokasinya di tepi laut.

  1. Makam KH M Hasyim Asy'ari dan Gus Dur di Tebuireng

Dilansir dari laman NU, biasanya rute ziarah saat di Jombang adalah ke Makam KH Hasyim Asy’ari terlebih dahulu kemudian dilanjutkan ke Makam Gus Dur.

Di sekitar Makam Gus Dur terdapat Museum yang nantinya kita juga bisa belajar mengenai peninggalan Gus Dur dan  sejarah Indonesia lainnya. Sehingga bisa healing sekaligus belajar sejarah.

  1. Makam KH Abdul Wahab Chasbullah

Obyek wisata religi di Jawa Timur lainnya adalah Makam KH Abdul Wahab Chasbullah yang lokasinya ada di wilayah Bahrul Ulum Tambakberas Jombang.

  1. Wisata Makam Syekh Ibrahim Smoroqondhi

Dikutip dari laman Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tuban, Makam Syekh Ibrahim terletak di Dusun Gesikharjo, Desa Gesik, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban.  Perlu kita ketahui Kota Tuban dikenal sebagai Bumi Wali.

  1. Makam Troloyo

Makam Troloyo merupakan salah satu kompleks pemakaman Islam jaman Kerajaan Majapahit. Makam ini berlokasi di Desa Sentonorejo, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

Makam Troloyo dikenal sebagai makam Syekh Jumadil Kubro, kakek dari Walisongo.***

 

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #rekomendasi #tempat #wisata #religi #jawa #timur #masjid #dengan #konsep #masjidil #haram #makkah

KOMENTAR