Trio Penyerang Murni Timnas Indonesia Dicoret Lawan Vietnam, Keputusan STY Bikin Melongo
Duo penyerang tengah Timnas Indonesia, Dimas Drajad dan Ramadhan Sananta. (Instagram/@Timnas.indonesia)
23:18
19 Januari 2024

Trio Penyerang Murni Timnas Indonesia Dicoret Lawan Vietnam, Keputusan STY Bikin Melongo

Pemilihan line-up dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY) untuk laga penting matchday 2 Grup D Piala Asia 2023 kontra Vietnam terbilang cukup mengejutkan. STY membuat keputusan yang cukup mengherankan.

Timnas Indonesia wajib menang lawan Vietnam pada laga yang digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (19/1/2024) malam pukul 21:30 WIB ini. Ini setelah pada matchday 1 awal pekan ini, skuad Garuda menyerah 1-3 dari Irak.

Menghadapi Vietnam, Shin Tae-yong membuat beberapa perubahan. Ada beberapa nama yang sebelumnya dicadangkan saat melawan Irak kini turun sebagai starter.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong (pssi.org)Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong (pssi.org)

Posisi penjaga gawang masih dihuni Ernando Ari. Shin Tae-yong pun masih menempatkan tiga bek tengah, namun komposisinya berubah untuk laga kontra Vietnam ini yaitu Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Justin Hubner, dengan Elkan Baggott kini dicadangkan.

Sementara di wing-back tetap ada duo Asnawi Mangkualam dan Pratama Arhan. Sedangkan Ivar Jenner dan Marselino Ferdinan diplot sebagai gelandang sentral.

Untuk posisi penyerang tengah masih dipercayakan pada Rafael Struick. Pemain naturalisasi itu disokong Yakob Sayuri dan Egy Maulana Vikri di lini depan.

Yang mengherankan, ada tiga pemain yang pasti tidak akan dimainkan di laga ini karena tak masuk dalam matchday squad.

Ada Dendy Sulistyawan, Ramadhan Sananta dan Dimas Drajad yang tak masuk dalam jajaran 12 pemain cadangan Timnas Indonesia di laga malam ini.

Menariknya, trio 'lokal' dari BRI Liga 1 ini sama-sama berposisi sebagai penyerang tengah. Karena itu, keputusan Shin Tae-yong ini memang cukup mengherankan.

Jika Rafael Struick di lini depan Timnas Indonesia mengalami kebuntuan, praktis tak ada opsi lain dari bangku cadangan tim Garuda untuk mengubah pertandingan.

Sampai sekira setengah jam pertandingan, skor Timnas Indonesia vs Vietnam sendiri masih kacamata alias 0-0.

Susunan Pemain:

Timnas Vietnam XI (5-3-2): Filip Nguyen;Trong Minh Vo, Nguyen Thanh Binh, Pham Xuan Manh, Phan Tuan Tai, Bui Hoang Viet Ant;Nguyen Tuan Anh, Nguyen Thai Son, Nguyen Quang Hai; Pham Tuan Hai, Nguyen Van Tung.

Pelatih: Philippe Troussier (Prancis)

Timnas Indonesia XI (3-4-2-1): Ernando Ari; Jordi Amat, Justin Hubner, Sandy Walsh; Asnawi Mangkualam, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Pratama Arhan; Yakob Sayuri, Rafael Sruick, Egy Maulana Vikri.

Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan)

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #trio #penyerang #murni #timnas #indonesia #dicoret #lawan #vietnam #keputusan #bikin #melongo

KOMENTAR