Diumumkan Setuju Gabung Empoli, Maarten Paes Tak Dianggap Pemain Indonesia oleh Fabrizio Romano
Kiper Indonesia, Maarten Paes bersama FC Dallas. [Dok. Instagram@maartenpaes]
13:24
13 Juli 2024

Diumumkan Setuju Gabung Empoli, Maarten Paes Tak Dianggap Pemain Indonesia oleh Fabrizio Romano

Jurnalis sekaligus pakar transfer sepak bola asal Italia, Fabrizio Romano mengumumkan kiper Indonesia Maarten Paes telah setuju gabung klub Liga Italia, Empoli. Namun, dia salah menyertakan bendera negara dalam cuitannya.

Dalam cuitannya di media sosial X dipantau pada Sabtu (13/7/2024), Fabrizio Romano mengumumkan kabar transfer Maarten Paes dengan menyematkan bendera Belanda.

Dalam narasinya, Romano juga terkesan tidak menganggap Paes sebagai pemain asal Indonesia karena masih mengatakan bahwa pesepak bola 26 tahun itu merupakan kiper asal Belanda.

Padahal, Maaarten Paes diketahui telah resmi berstatus sebagai warga negara Indonesia (WNI). Dia sudah menjalani sumpah WNI pada akhir April lalu.

Baca Juga: AFF Cup U-19: Indonesia Diunggulkan, Jens Raven Tak Remehkan Tim Lawan

"Empoli telah mengirimkan proposal resmi ke Dallas FC untuk kiper Belanda Maarten Paes," tulis Fabrizio Romano dalam cuitannya di X.

"Negosiasi sedang berlangsung mengenai pinjaman dengan klausul pembelian wajib, karena Dallas FC ingin [samng kiper] pindah secara permanen."

"Persyaratan pribadi sudah disetujui."

Maarten Paes sejauh ini belum menjalani debut bersama Timnas Indonesia. Dia masih terkendala proses perpindahan federasi dari KNVB (Belanda) ke PSSI.

Hal itu terjadi karena Paes dianggap tidak memenuhi syarat perpindahan asosiasi merujuk pada artikel 9 ayat 2 peraturan FIFA soal pergantian asosiasi/federasi.

Baca Juga: Sosok yang Pimpin Timnas Indonesia di Piala AFF 2024 Sejauh Ini Bukan Nova Arianto atau Indra Sjafri

Disebutkan seorang pesepak bola bisa berganti tim nasional jika berusia di bawah 21 tahun saat kali terakhir membela negara pertamanya baik di level junior maupun senior dalam pertandingan resmi.

Sementara Paes diketahui sempat membela Timnas Belanda U-21 pada Kualifikasi Euro U-21 2021 pada usia 22 tahun. Hal itu terjadi di laga Belanda vs Belarusia pada 15 November 2020 lalu.

PSSI saat ini tengah membawa kasus Maarten Paes ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) dan berharap gugatannya kepada FIFA bisa dikabulkan secepat mungkin.

Terkait peluang kepindahannya ke Empoli, Paes akan menjadi kiper keturunan Indonesia kedua yang berkiprah di Serie A setelah Emil Audero.

Namun, nasib Emil musim ini belum menentu. Setelah masa peminjamannya bersama Inter Milan berakhir, dia kembali ke Sampdoria yang "cuma" bermain di Serie B.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #diumumkan #setuju #gabung #empoli #maarten #paes #dianggap #pemain #indonesia #oleh #fabrizio #romano

KOMENTAR