Manajer Timnas Indonesia Khawatirkan Hadapi Filipina Ketimbang Vietnam di ASEAN Cup 2024, Kenapa?
Aksi timnas Indonesia saat ladeni Filipina dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 (pssi.org)
19:18
21 Mei 2024

Manajer Timnas Indonesia Khawatirkan Hadapi Filipina Ketimbang Vietnam di ASEAN Cup 2024, Kenapa?

Timnas Indonesia berada di Grup B ASEAN Cup 2024 bersama Vietnam, Filipina, Laos, dan Myanmar. Bukan hanya laga melawan Vietnam menjadi sorotan, manajer Garuda Sumardji mengkhawatirkan pertandingan melawan Filipina jika harus tandang.

Sebab, Timnas Indonesia punya kenangan buruk saat away ke Filipina yang bisa menggunakan Stadion Rizal Memorial. Adapun stadion tersebut menggunakan rumput sintetis yang menyebabkan pergerakan pemain tidak baik.

Hal ini pernah terjadi saat putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Di mana Timnas Indonesia ditahan imbang 1-1 oleh Filipina di stadion tersebut pada November 2023.

Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji saat ditemui di Lapangan A Senayan, Jakarta, Kamis (10/8/2023). [Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha]Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji saat ditemui di Lapangan A Senayan, Jakarta, Kamis (10/8/2023). [Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha]

Bahkan, setelah pertandingan tidak sedikit pemain Timnas Indonesia mengalami luka-luka. Salah satu yang sempat membagikan momentum luka adalah kapten Asnawi Mangkualam di bagian lutut, paha, dan betis.

Sumardji khawatir jika Timnas Indonesia harus kembali tandang ke Filipina. Untungnya, dari jadwal yang beredar, Tim Merah Putih akan bertindak sebagai tuan rumah saat bersua Filipina.

"Mudah-mudahan kita jangan sampai away ke Filipina karena di sana kurang baik. Tapi, sepertinya kita tuan rumah," kata Sumardji saat dihubungi , Selasa (21/5/2024).

ASEAN Cup 2024 akan berlangsung pada 23 November sampai 21 Desember. Selama fase grup, format kejuaraannya adalah di kandang 2 kali dan tandang dua kali.

Timnas Indonesia mendapat jatah kandang melawan Laos dan Filipina. Sedangkan saat bersua Vietnam serta Myanmar adalah tandang.

Lalu, untuk semifinal dan final akan menggunakan format home and away. Timnas Indonesia tentu dijagokan bisa lolos dari fase grup bersama Vietnam.

Sedangkan di Grup A tidak kalah menarik karena Thailand satu tempat bersama Malaysia, Singapura, Kamboja, dan pemenang babak play-off Brunei Darussalam vs Timor Leste.

Editor: Reky Kalumata

Tag:  #manajer #timnas #indonesia #khawatirkan #hadapi #filipina #ketimbang #vietnam #asean #2024 #kenapa

KOMENTAR