Hadapi Vietnam Usai Dibantai Irak di Piala Asia 2023, Shanye Pattynama: Timnas Indonesia Harus Kerja Keras
Shayne Pattynama saat berlatih bersama Timnas Indonesia (pssi.org)
07:12
17 Januari 2024

Hadapi Vietnam Usai Dibantai Irak di Piala Asia 2023, Shanye Pattynama: Timnas Indonesia Harus Kerja Keras

Vietnam akan menjadi lawan kedua yang dihadapi Timnas Indonesia di Grup D Piala Asia 2023, dan laga yang dijadwalkan bergulir pada Jumat (19/1/2024) diprediksi Shayne Pattynama tidak akan mudah.

Sebagaimana diketahui, Vietnam bukanlah lawan asing bagi Timnas Indonesia. Di beberapa kesempatan, kedua tim sering berhadapan di ajang kawasan Asia Tenggara.

Marc Klok dan Shayne Pattynama dalam pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia (pssi.org)Marc Klok dan Shayne Pattynama dalam pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia (pssi.org)

Dari sejumlah pertemuan, Vietnam terbukti lawan alot bagi skuad Garuda. Bahkan di pertemuan terakhir kedua tim di ajang Piala AFF tahun lalu, Indonesia ditaklukkan dengan skor 2-0.

Di pertandingan pertama Grup D, Indonesia dan Vietnam sama-sama menelan kekalahan. Indonesia dikalahkan Irak 1-3 dan Vietnam ditumbangkan Jepang 2-4.

Namun, Vietnam yang tumbang di tangan Jepang tampil impresif. Bahkan sempat membalikkan keadaan menjadi 1-2 sebelumnya akhirnya takluk.

Berkaca dari laga perdana, Shayne Pattynama mengatakan laga kontra Vietnam tidak akan mudah bagi skuad Garuda. Namun bukan berarti tidak bisa dimenangkan.

Baca Juga: Timnas Indonesia Resmi Ajukan Protes Gol Kontroversi Irak ke AFC, Tapi Sayangnya Ini yang akan Terjadi

Baca Juga: Golnya Diprotes Timnas Indonesia, Pemain Irak Kirim Respons Tak Terduga

Baca Juga: Shin Tae-yong Murka Gol Irak Disahkan Wasit: 100 Persen Offside!

“Mereka bermain baik melawan Jepang, jadi kami harus mempelajari kelebihan dan kekurangan mereka, dan membuat perencanaan permainan melawan Vietnam. Ini akan menjadi tantangan menarik bagi kami,” kata Shayne dikutip laman resmi PSSI, Selasa (16/1/2024).

“Saya tak tahu banyak mengenai pemain-pemain mereka, namun mereka cepat dan memiliki penguasaan bola yang baik," sambungnya.

"Kami harus bekerja keras dan membangun kembali kepercayaan diri kami, dan harus lebih fokus ke tim daripada memikirkan tim lain.”

“Kami berharap dukungan terus diberikan oleh suporter. Itu akan memberikan kekuatan tersendiri bagi kami."

"Kita semua harus tetap berfikiran positif, dengan begitu akan mendapatkan hasil bagus. Tentu kami akan berjuang keras, jangan khawatir, kita tentu akan melakukannya."

“Kita harus percaya diri, bertahan dengan bagus dan bisa memanfaatkan peluang saat menyerang,” tutupnya.

Timnas Indonesia saat ini menduduki posisi keempat klasemen sementara Grup D dengan 0 poin. Sama seperti Vietnam dengan poin 0 dan selisih gol -2.

Jepang di puncak klasemen dengan 3 poin. Unggul produktivitas gol dari Irak di posisi kedua dengan poin sama.

Editor: Syaiful Rachman

Tag:  #hadapi #vietnam #usai #dibantai #irak #piala #asia #2023 #shanye #pattynama #timnas #indonesia #harus #kerja #keras

KOMENTAR