Profil Bui Hoang Viet Anh, Kapten Vietnam yang Abaikan Ajakan Jabat Tangan Adi Satryo
Kapten Timnas Vietnam, Bui Hoang Viet Anh. (Dok. Zingnews)
16:06
23 Maret 2024

Profil Bui Hoang Viet Anh, Kapten Vietnam yang Abaikan Ajakan Jabat Tangan Adi Satryo

Mengenal lebih jauh sosok Bui Hoang Viet Anh, kapten sekaligus bek tengah Timnas Vietnam yang mencuri perhatian karena mengabaikan ajakan jabat tangan kiper Indonesia, Adi Satryo.

Nama Bui Hoang Viet Anh menjadi sorotan usai Indonesia berhasil menggasak Vietnam dengan skor 1-0 pada Matchday ketiga grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Kamis (21/3).

Sosok pemain berusia 25 tahun itu jadi sorotan karena setelah laga berakhir, dirinya justru mengeluarkan ekspresi ketus saat berpapasan dengan Adi Satryo.

Dilansir dari Zingnews, Adi Satryo berpapasan dengan Bui Hoang dan kemudian mengulurkan tangannya untuk berjabat tangan sebagai bentuk Fair Play.

Alih-alih menyambut jabat tangan lawannya, Bui Hoang justru hanya memberikan lirikan ke Adi Satryo dengan ekspresi ketus.

Sontak momen tersebut membuat nama Bui Hoang menjadi sorotan. Diyakini, ekspresi ketus itu diberikan Bui Hoang karena dirinya kecewa Vietnam kembali tumbang dari Indonesia.

Lantas, siapakah sosok Bui Hoang tersebut? Bagaimana sepak terjangnya hingga menjadi salah satu andalan dan kapten Timnas Vietnam?

Bek Andalan Vietnam

Bui Hoang Viet Anh merupakan salah satu bek andalan Timnas Vietnam sejak zaman Park Hang-seo. Ia sendiri lahir di Thai Binh pada 1 Januari 1999.

Karier Bui Hoang bermula di Ha Noi FC. Tapi layaknya pemain muda lainnya, ia dipinjamkan ke tim kasta kedua yakni Hong Linh Ha Tinh pada 2019.

Tak disangka peminjaman ini membuahkan hasil manis. Di masa peminjamannya, Bui Hoang mampu membawa Hong Linh Ha Tinh menjuarai kasta kedua dan promosi ke kasta teratas pada 2019.

Kiprahnya itu kemudian membuat Ha Noi FC menariknya untuk mengarungi Liga Vietnam 2020. Sekembalinya dari peminjaman, Bui Hoang langsung menjadi andalan di usia yang masih belia.

Dengan postur tubuhnya yang ideal, yakni 186 cm dan penampilan yang apik bersama Ha Noi FC, Bui Hoang pun menuai sukses dengan meraih berbagai gelar domestik.

Kiprah apiknya bersama Ha Noi FC itu kemudian membuat tim papan atas Vietnam, Cong An Ha Noi FC atau Hanoi Police, memboyongnya pada Oktober 2023 lalu.

Penampilan dan perjalanan karier Bui Hoang sejak usia muda pun sudah menarik atensi Timnas Vietnam yang kala itu dilatih Park Hang-seo.

Bui Hoang pun kemudian dipanggil terlebih dahulu ke tim U-23 untuk tampil di Piala Asia U-23 2020, Kualifikasi Piala Asia U-23 2022, dan SEA Games 2021.

Dari tiga ajang tersebut, Bui Hoang berkontribusi besar membawa Vietnam U-23 menjuarai SEA Games 2021 dan menembus perempat final Piala Asia U-23 2022.

Sejak penampilanya di Piala Asia U-23 2020, Park Hang-seo kemudian mempromosikan Bui Hoang ke tim senior Vietnam pada 2021.

Namun, Bui Hoang baru melakoni debutnya pada Februari 2022 kala Vietnam bertarung di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Sejak debutnya itu, Bui Hoang tercatat sudah tampil sebanyak 20 kali bagi Vietnam dan berhasil menjaringkan satu gol ke gawang Irak di Piala Asia 2023 kemarin.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #profil #hoang #viet #kapten #vietnam #yang #abaikan #ajakan #jabat #tangan #satryo

KOMENTAR