Formasi Terbaik Kelas Eropa? Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia Lawan Vietnam Malam Ini
Skuat Timnas Indonesia saat berlaga melawan Irak (pssi.org)
19:24
21 Maret 2024

Formasi Terbaik Kelas Eropa? Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia Lawan Vietnam Malam Ini

Timnas Indonesia dihadapkan pada situasi yang menantang saat menyambut Vietnam dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Kamis malam (20/3/2024) WIB.

Dalam pertandingan tersebut, Timnas Indonesia dipastikan akan kehilangan beberapa pemain kunci, termasuk Elkan Baggott, Jordi Amat, Yance Sayuri, dan Asnawi Mangkualam.

Absennya Baggott, Amat, dan Sayuri disebabkan oleh cedera, sementara Mangkualam terpaksa absen akibat akumulasi kartu kuning.

Di samping kehilangan empat pemain tersebut, Timnas Garuda juga tidak bisa mengandalkan Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye yang baru saja dinaturalisasi, keduanya baru bisa tampil dalam pertandingan berikutnya di My Dinh International, 26 Maret.

Meskipun demikian, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mendapat tambahan kekuatan dengan kedatangan dua pemain baru yang baru dinaturalisasi, yaitu Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On.

Tentu saja, dengan absennya beberapa pemain kunci, formasi skuad Garuda pun harus diatur kembali saat menghadapi Vietnam. Prediksi formasi yang mungkin akan digunakan adalah 4-3-3.

Ketidakhadiran Ernando Ari Sutaryadi kemungkinan besar akan memberi kesempatan kepada Nadeo Argawinata untuk berada di pos penjaga gawang utama dalam pertandingan tersebut.

Nadeo, yang merupakan kiper paling berpengalaman dalam skuad saat ini, diyakini akan mampu menunjukkan performa terbaiknya, terutama karena telah memiliki pengalaman menghadapi Vietnam sebelumnya.

Dengan absennya Asnawi, Jordi, dan Elkan, STY (Shin Tae-yong) dihadapkan pada tugas sulit untuk menemukan komposisi yang sesuai, mengingat ketiganya merupakan elemen kunci dalam tim.

Kemungkinan, Shin Tae-yong akan menempatkan Sandy Walsh, Jay Idzes, Justin Hubner, dan Nathan di lini belakang.

Di lini tengah, komposisi tampaknya tidak akan berubah banyak dari Piala Asia 2023. STY akan memasang Ivar Jenner, Marc Klok, dan Marselino Ferdinan, dengan peran masing-masing dalam strategi tim.

Sementara di lini depan, STY diprediksi akan mempercayakan Yakob Sayuri, Rafael Struick, dan Egy Maulana Vikri untuk membongkar pertahanan lawan.

Jika diperlukan, Ramadhan Sananta atau Hokky Caraka siap dimanfaatkan untuk memberikan alternatif dalam menyerang, terutama jika pertandingan memasuki kondisi stagnan.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #formasi #terbaik #kelas #eropa #prediksi #susunan #pemain #timnas #indonesia #lawan #vietnam #malam

KOMENTAR