Hitung-hitungan Borneo FC Kunci Tiket Championship Series Liga 1, Ada Andil Persik dan MU
Foto arsip - Pesepak bola Borneo FC Samarinda Nur Hardianto (tengah) bersama rekan-rekannya dan ofisial berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Arema FC pada laga BRI Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Jumat (6/10/2023). ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/tom.
12:48
4 Maret 2024

Hitung-hitungan Borneo FC Kunci Tiket Championship Series Liga 1, Ada Andil Persik dan MU

Borneo FC kian dekat untuk menjadi tim pertama yang mengamankan tiket championship series atau babak play-off perebutan gelar juara Liga 1 2023-2024. Bagaimana hitung-hitungannya?

Tim asal Kalimantan itu tengah melaju kencang di Liga 1. Terkini, mereka berhasil mengalahkan tuan rumah Persita Tangerang dengan skor tipis 1-0 pada Sabtu (2/3/2024) lalu.

Kemenangan di pekan ke-27 itu membuat Borneo FC bahkan mencatatkan rekor impresif. Mereka melewati catatan unbeaten atau tak terkalahkan Persib Bandung di Liga 1 2022-2023.

Borneo FC kini tak terkalahkan dalam 16 pertandingan, semakin memperkokoh posisi mereka di puncak klasemen dengan koleksi 63 poin dari 27 pertandingan.

Tambahan tiga angka pasca laga melawan Persita Tangerang bikin Borneo FC kini unggul 15 poin dari Persib Bandung di urutan kedua.

Tak hanya itu, kemenangan tersebut juga sangat penting dan semakin mendekatan tim asuhan Pieter Huistra ini kian dekat mengamankan tiket championship series.

Skuad Borneo FC Samarinda Saat Memberikan Dukungan Untuk Leo Lelis dan Agung Prasetyo. (borneofc.id)Skuad Borneo FC Samarinda Saat Memberikan Dukungan Untuk Leo Lelis dan Agung Prasetyo. (borneofc.id)

Kini, Borneo FC cuma butuh tambahan satu poin untuk mengamankan tiket ke babak play-off menyusul hasil buruk yang didapatkan tim peringkat kelima dan keenam, Madura United serta Persik Kediri.

Madura United kalah 2-3 dari Bhayangkara FC, sementara Persik Kediri tumbang 1-2 di tangan PSIS Semarang.

Situasi itu membuat Madura United dan Persik Kediri sudah tak lagi mungkin melampaui poin Borneo FC apa pun hasil yang diraih dalam tujuh laga tersisa musim ini.

Poin maksimal yang didapatkan Madura United hanyalah 63 alias menyamakan jumlah angka yang dimiliki Borneo FC saat ini.

Artinya, andai Borneo FC mendapat minimal tambahan satu poin di pekan ke-28, maka mereka dipastikan akan mengunci satu tiket championship series karena secara matematis mereka tak lagi mungkin terdepak dari posisi empat besar.

Sebagai informasi, Liga 1 2023-2024 menerapkan format baru. Tim peringkat pertama hingga keempat di reguler series akan melaju ke babak championship series.

Tim peringkat pertama akan berhadapan dengan tim peringkat keempat, sementara urutan kedua diadu dengan urutan ketiga. Masing-masing laga akan berlangsung dalam dua leg.

Babak championship series Liga 1 2023-2024 akan berlangsung pada 4 hingga 26 Mei 2024 dengan format kandang-tandang.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #hitung #hitungan #borneo #kunci #tiket #championship #series #liga #andil #persik

KOMENTAR